Jakarta, Gizmologi – Salah satu aplikasi kirim pesan paling populer milik Meta, WhatsApp baru saja mendapatkan sebuah fitur keamanan terbarunya. Selain bisa mengunci aplikasi lewat sensor sidik jari atau Face ID, kini hadir fitur Chat Lock alias kunci chat yang bisa lebih spesifik sembunyikan obrolan pribadi.

Kehadiran fitur Chat Lock merupakan lanjutan dari penambahan fitur keamanan di WhatsApp. Sebelumnya, telah dihadirkan sejumlah penyempurnaan agar pengguna merasa lebih aman untuk ngobrol secara virtual pada platform satu ini. Seperti enkripsi end-to-end, tambahan lapisan privasi untuk semua obrolan, dan pengendalian privasi spesifik untuk masing-masing pengguna.

Sebelumnya, WhatsApp juga telah hadirkan penambahan fitur yang sangat memudahkan akses para penggunanya. Tak lagi hanya bisa di satu perangkat smartphone, kini pengguna bisa sambungkan hingga 4 smartphone/tablet lain melalui fitur Linked Devices. Cukup lakukan scan QR di perangkat lain, dan semua obrolan bakal langsung tersinkron otomatis. Mengejar ketertinggalan dari kompetitornya seperti Telegram, yang sudah hadirkan kemampuan tersebut sejak lama.

Baca juga: Akhirnya! Akun WhatsApp Bisa Dipakai untuk Beberapa Perangkat Sekaligus

Chat Lock Juga Bisa Digunakan Untuk Obrolan Grup

WhatsApp Chat Lock

Lebih lanjut terkait Chat Lock, fitur ini dihadirkan untuk menjaga pesan penggunanya supaya tetap privat dan aman, berikan perlindungan ekstra. Ketika diaktifkan, utas atau thread obrolan akan hilang dari tampilan menu obrolan di depan. Dan dipindahkan ke bagian khusus bernama “Locked Chats” alias chat terkunci.

Untuk mengaksesnya, pengguna perlu menggulirkan layar ke atas, mirip seperti bagaimana cara mengakses obrolan yang sudah diarsipkan. Sentuh menu Locked Chats, dan kamu harus melakukan proses biometrik seperti menginputkan sidik jari atau kata sandi. Jadi tidak perlu khawatir ketika ada orang lain yang mengakses aplikasi WhatsApp di smartphone pribadi.

WhatsApp Chat Lock
(Sumber: 9to5Mac)

Selain obrolan yang terkunci, notifikasi untuk chat dengan fitur Chat Lock aktif, hanya akan menunjukkan bila ada sebuah pesan baru, tanpa sebutkan nama pengirim dan isi obrolan. Lewat halaman FAQ WhatsApp, juga disebutkan bila aset media tak bisa tersimpan otomatis ke smartphone bila fitur ini akhir, untuk menjaga agar tetap tersimpan secara aman di dalam aplikasi.

Tidak hanya obrolan pribadi, Chat Lock juga dapat mengunci chat grup dan kontak yang sudah dimatikan notifikasinya (muted). Sementara bila grup atau kontak yang berada di Chat Lock melakukan panggilan, notifikasi bakal tetap muncul secara normal. Chat Lock juga hanya akan aktif di satu perangkat—untuk perangkat lainnya, harus dilakukan ulang agar ikut terkunci.

Fitur Keamanan WhatsApp Semakin Lengkap

Chat Lock kini hadir sebagai tambahan opsi privasi yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna WhatsApp. Sebelumnya, ada sejumlah opsi lain seperti pesan yang bisa otomatis terhapus dalam periode tertentu, sampai opsi untuk memblokir dan melaporkan sebuah kontak—sangat pas untuk digunakan pada akun spam.

Sementara terkait kendali privasi, pengguna diberi kebebasan untuk tidak menampilkan status kapan terakhir online, maupun siapa saja yang dapat melihat apakah sedang online atau tidak. Pengguna juga sudah bisa keluar dari sebuah grup tanpa memunculkan notifikasi, kecuali oleh admin. Dari banyaknya fitur keamanan WhatsApp, mana yang paling sering kamu gunakan?

Artikel berjudul Fitur Chat Lock Hadir di WhatsApp, Bisa Simpan Obrolan Paling Pribadi yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/WIyX7L3
via IFTTT