Jakarta, Gizmologi – Sering saltik alias salah ketik saat mengirim pesan teks lewat platform messenger? Ada kabar baik untuk Gizmo friends, terutama yang sering menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi sehari-hari. Meta baru saja meresmikan fitur edit pesan WhatsApp, digulirkan untuk semua penggunanya dan dengan cara yang sangat mudah.

Bisa dibilang, Meta cukup sibuk dalam beberapa pekan terakhir, menggulirkan cukup banyak fitur baru pada WhatsApp. Sebelum meluncurkan fitur edit pesan WhatsApp, baru-baru ini pengguna sudah bisa mengunci obrolan mereka baik personal maupun grup, supaya bisa lebih aman ketika smartphone sedang dipinjam. Juga fitur polling dan caption dalam obrolan, sangat bermanfaat untuk diskusi grup.

Sementara di luar WhatsApp, Meta juga diketahui tengah persiapkan pembaruan yang masih untuk platform Instagram. Digadang bakal rilis aplikasi terbaru, aplikasi tersebut siap menjadi platform pengganti Twitter, memungkinkan pengguna Instagram untuk unggah media, link, maupun teks hingga 500 karakter. Bahkan menggabungkan akun Mastodon mereka.

Baca juga: Instagram Siap Rilis Tiruan Twitter Musim Panas Ini, Berikut Tampilannya!

Cara Edit Pesan WhatsApp, Diberikan Waktu 15 Menit

fitur edit pesan whatsapp

Sebelumnya, hadirnya fitur edit pesan WhatsApp sudah dibocorkan oleh WABetaInfo, di mana sejumlah pengguna telah mendapatkannya pada aplikasi versi beta tersebut. Akhirnya setelah beberapa bulan, kini Meta gulirkan kemampuan untuk mengubah kiriman chat mereka untuk semua pengguna, baik pengguna Android, iOS dan platform lainnya. Juga diumumkan langsung oleh Mark Zuckerberg lewat akun Facebook pribadinya.

Bila Gizmo friends belum mendapatkannya, maka harap bersabar lebih dulu. Karena edit pesan WhatsApp digulirkan secara bertahap dalam waktu beberapa pekan ke depan. Kalau sudah dapat dan ingin menjajalnya, mudah sekali caranya. Mirip seperti Telegram maupun iMessage, kamu cukup menekan-dan-tahan chat yang ingin di-edit atau diubah. Nantinya bakal muncul tombol baru “edit”.

Tinggal lakukan perubahan yang dibutuhkan, dan chat tersebut bakal memiliki label “edited” di bawahnya, menandakan baik dari pengirim pesan serta pembaca pesan bisa mengetahui kalau chat tersebut sudah diubah. Fitur edit pesan WhatsApp sendiri tersedia untuk obrolan yang dikirim dalam waktu 15 menit. Alias kalau sudah lebih dari waktu tersebut, tidak dapat diubah.

WhatsApp juga memastikan bila chat yang diubah, tetap terenkripsi end-to-end. Fitur ini dinilai dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya agar bisa mengoreksi typo, atau menambahkan konteks lebih lengkap dalam sebuah obrolan.

Fitur WhatsApp Semakin Komplit

avatar WhatsApp

Dengan hadirnya fitur edit pesan WhatsApp, kini pengguna platform messenger tersebut bisa lebih leluasa untuk lakukan obrolan lebih nyaman. Tak hanya bisa koreksi kiriman pesan, sejak beberapa bulan lalu juga bisa menghapus pesan termasuk di perangkat penerima. Sama seperti edit pesan WhatsApp, opsi tersebut juga hanya bisa digunakan dalam durasi waktu tertentu.

Bagi pengguna jam tangan pintar yang menggunakan sistem operasi Wear OS, WhatsApp juga hadirkan aplikasi baru yang memudahkan mereka untuk membaca pesan sekaligus membalasnya langsung dari pergelangan tangan. Sementara untuk pengguna lebih dari satu smartphone, kini juga bisa lakukan sinkronisasi secara otomatis hingga 4 perangkat.

Berbeda dari yang sebelum-sebelumnya, kamu bisa sambungkan smartphone sekunder dengan akun yang sama, dan bisa aktif walaupun perangkat utama sedang offline. Chat obrolan bakal otomatis tersinkron, dan opsi ini juga tersedia lintas OS, seperti dari iPhone ke Android.

Artikel berjudul Fitur Edit Pesan WhatsApp Resmi Digulirkan, Begini Caranya! yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/A6ef0dn
via IFTTT