Jakarta, Gizmologi – Tren belanja online akan semakin meningkat bersama dengan kemudahan berbelanja dan bertransaksi, ditambah sejumlah promo menarik. Salah satu e-commerce paling populer, Tokopedia baru saja merilis rekap tren belanja selama kuartal pertama tahun ini, dan inisiatif Hyperlocal berperan penting dalam meningkatkan jumlah transaksi.
Menuju endemi COVID-19, masyarakat mulai beraktivitas normal seperti sebelum era pandemi berlangsung. Meski begitu, mayoritas masyarakat bakal tetap mengakses e-commerce untuk berbelanja. Hal ini sesuai dengan laporan dari Google, Temasek, & Bain and Company (2022), di mana disebutkan bila diprediksi lebih dari 80% masyarakat bakal tetap atau lebih sering mengakses e-commerce sepanjang tahun 2023.
Data tersebut pun juga tercermin melalui tren belanja online masyarakat yang baru saja dirilis oleh Tokopedia sepanjang kuartal pertama (Januari – Maret) 2023 ini. Ada sejumlah insight menarik terkait jenis produk yang paling laris, serta kebiasaan masyarakat yang berubah berkat adanya inisiatif Hyperlocal dari Tokopedia, terutama di sejumlah kota kecil.
Baca juga: Kelola Tagihan, Fitur Baru Tokopedia untuk Atur Keuangan
Tiga Jenis Produk Paling Laris di Tokopedia Selama Q1 2023
Lantas apa saja produk terlaris di Tokopedia selama kuartal 1 2023? Selain perlengkapan kebersihan dan perawatan tubuh maupun kecantikan, transaksi produk makanan alami peningkatan yang paling tinggi. Semuanya memiliki rata-rata peningkatan jumlah transaksi lebih dari 3x lipat, jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
“Kami mencatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan serta beras dan makanan kering masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari 3x lipat, lebih dari 4x lipat dan lebih dari 6x lipat,” jelas Ekhel Chandra Wijaya, Head of Corporate Affairs Tokopedia dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (11/5).
Lebih lanjut, untuk produk perlengkapan kebersihan, jenis produk seperti sabun cuci piring, pembersih kaca dan pengharum ruangan menjadi sejumlah produk yang paling diburu, dengan peningkatan transaksi lebih dari 3,5 kali lipat. Ekhel menjelaskan, sejumlah peningkatan ini berhasil tercapai berkat sejumlah layanan prima dari Tokopedia, seperti Tokopedia NOW! yang tawarkan pengiriman maksimal 2 jam bebas ongkir, promo Waktu Indonesia Bersih, dan Tokopedia Beauty dengan promo hingga 90%.
Inisiatif Hyperlocal Tingkatkan Transaksi Secara Merata
Ekhel menambahkan, pihaknya berupaya untuk terus membantu pelaku usaha dalam memanfaatkan kanal digital sebaik-baiknya, melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online. Salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal, untuk ciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers). Seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang mengkurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.
“Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Karawang (Jawa Barat), Madiun (Jawa Timur), dan Gianyar (Bali) mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada kuartal 1 2023 dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 4 kali lipat,” tambah Ekhel. Bentuk inisiatif hyperlocal lainnya adalah dengan layanan “Dilayani Tokopedia”, hadir membantu pelaku usaha menjangkau pasar yang lebih luas.
Layanan tersebut memungkinkan penjual untuk menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia, pada wilayah dengan permintaan tinggi. Dengan begitu, konsumen bakal lebih berminat untuk melakukan pembelian, karena biaya ongkir yang lebih terjangkau sekaligus waktu pengiriman lebih cepat. Dari data internal Tokopedia, penjual yang sudah menggunakan layanan satu ini telah alami rata-rata peningkatan penjualan hampir 6 kali lipat.
Inisiatif Hyperlocal juga telah membantu mendorong pemerataan ekonomi di luar pulau Jawa. Tiga wilayah yang alami peningkatan transaksi tertinggi hingga hampir 2,5 kali lipat adalah Maluku Barat Daya (Maluku), Konawe Kepulauan (Sulawesi Tenggara), dan Lombok Utara (NTB). Ketiga wilayah tersebut juga memiliki peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi.
Di beberapa wilayah lainnya seperti Prabumulih (Sumatra Selatan), Pandeglang (Banten) dan Pemalang (Jawa Tengah), terjadi peningkatan transaksi menggunakan metode same day (pengiriman di hari yang sama) serta metode instan paling tinggi, dengan peningkatan lebih dari 7,5 kali lipat. Menandakan bila konsumen benar-benar inginkan produk sampai dalam waktu yang singkat.
“Dilayani Tokopedia” sendiri telah diluncurkan sejak awal tahun lalu, sebagai salah satu cara agar semua penjual di berbagai wilayah memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan konsumen mereka. Dengan menitipkan barang sesuai wilayah target pasar, barang bisa lebih mudah terjual karena beban ongkir yang ditanggung oleh konsumen bisa lebih murah, sekaligus tersedianya opsi instan dengan pengiriman lebih cepat.
Artikel berjudul Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Bantu Tingkatkan Transaksi Produk Terlaris Selama Q1 2023 yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi
from Gizmologi https://ift.tt/Q2hKnkU
via IFTTT
0 Komentar