Jakarta, Gizmologi – Produk-produk perlengkapan rumah tangga, serta parcel lebaran hingga Bruule jadi tren belanja online masyarakat di Tokopedia saat libur lebaran 2023. Adapun peningkatan tren tersebut mencakup tiga kategori yakni perlengkapan rumah tangga, fesyen, dan makanan serta minuman.
Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengungkapkan tren belanja daring tersebut dipengaruhi budaya masyarakat khususnya setelah mendapat tunjangan hari raya (THR). “Makanya di Tokopedia ada Ramadan Ekstra, hari belanja terbesar di Tokopedia selain Waktu Indonesia Belanja yang ditargetkan dan dinikmati setiap tanggal 25 sampai akhir bulan,” ungkap Ekhel dalam keterangannya, Jumat (12/5/2023).
Dari beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama Ramadhan hingga Lebaran 2023, Ekhel memaparkan rincian produk-produk yang banyak diminati masyarakat dari setiap kategori. Untuk kategori makanan dan minuman, produk yang banyak diminati masyarakat adalah beras, mie instan, dan daun bawang yang dijual pada fitur Tokopedia NOW! yang memudahkan konsumen untuk belanja sembako dengan pengiriman yang cepat.
Dalam kategori fesyen produk kaos, sepatu, dan kerudung menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat. Pada program khusus jual beli makanan dan minuman yang disediakan Tokopedia, Tokopedia NYAM!, produk kurma, madu, dan parsel makanan memiliki konsumen terbanyak selama periode Ramadhan hingga Lebaran.
“Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, kami mencatat kurma, madu dan parcel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” ungkapnya.
Baca Juga: Ramadan 2023, Penjualan Hampers di Tokopedia Naik 3,5 Kali Lipt
Parcel Lebaran jadi Tren Belanja Online di Tokopedia
Di samping menjual produk makanan dan fesyen, Tokopedia juga menyediakan layanan pemesanan tiket transportasi umum salah satunya pesawat. Tujuan Sidoarjo (Bandara Juanda) menjadi tiket tujuan pesawat paling banyak dipesan pada aplikasi Tokopedia.
Tokopedia juga menyediakan layanan siaran langsung Tokopedia Play yang bisa menjadi wadah interaktif pelaku usaha untuk menjual produknya. Selama Ramadhan waktu ngabuburit menjadi waktu yang paling banyak digunakan masyarakat dalam menikmati tayangan pada Tokopedia Play.
Selain memudahkan proses jual beli melalui berbagai layanan dan program yang disediakan, Tokopedia juga menjadi wadah alternatif bagi masyarakat yang ingin menjalankan ibadah zakat secara daring. Bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan terpercaya dan terverifikasi, Tokopedia berhasil mengumpulkan zakat senilai lebih dari Rp5 miliar selama periode Ramadhan hingga Lebaran tahun 2023.
Artikel berjudul Parcel Lebaran hingga Bruule jadi Tren Belanja Online di Tokopedia yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi
from Gizmologi https://ift.tt/8HLJ2Wp
via IFTTT
0 Komentar