Jakarta, Gizmologi – Sejak diambil alih oleh Elon Musk, tak sedikit pengguna Twitter yang ingin berpindah ke platform lain. Dalam beberapa bulan terakhir, sudah muncul sejumlah platform baru seperti Mastodon dan Bluesky. Namun dari info terkini, tiruan Twitter terbaru justru bakal muncul dari Instagram yang dimiliki oleh Meta.

Hal seperti ini memang tidak mengagetkan. Pasalnya, ini bukanlah kali pertama Instagram hadirkan fitur baru yang meniru platform media sosial lainnya. Sebut saja Snapchat, atau Tiktok dengan Instagram Reels yang kurang lebih sama. Tiruan Twitter yang siap dirilis ini tentu bakalan cukup menggoda, mengingat jumlah pengguna Instagram sudah sangat banyak.

Dengan begitu, influencer maupun kreator tak perlu kesulitan untuk membangun audiens mereka dari nol, seperti yang mereka alami ketika membuat akun Mastodon baru, misalnya. Dikabarkan siap rilis musim panas ini, berikut sejumlah informasi terkait tiruan Twitter yang sedang disiapkan oleh Meta dan terintegrasi dengan Instagram.

Baca juga: Mulai Februari, Instagram Hapus Tab Shopping dari Home Feed

Meleburkan Twitter dan Instagram dalam Satu Platform Baru

tiruan twitter instagram

Informasi terkait tiruan Twitter dari Instagram kali ini didapatkan oleh seorang penulis buletin media sosial, Lia Haberman. Dalam sebuah unggahannya di situs Substack, ia menyampaikan beberapa detail terkait aplikasi baru tersebut, dan apa saja kaitannya dengan Instagram. Sekaligus foto tampilan aplikasi yang memiliki kode nama “P92” atau “Barcelona”.

Dari tampilan gambar di atas, terlihat bila tampilan tiruan Twitter dari Instagram dibuat selayaknya meleburkan kedua platform tersebut. Bar di bagian bawah seperti milik Instagram dengan tombol profil, likes, post, dan search. Namun di bagian atasnya, terlihat layaknya linimasa Twitter, dengan cuitan berbasis teks, dengan imbuhan gambar, serta sejumlah tombol untuk memberikan reaksi maupun membalas postingan.

Gambar yang diduga merupakan bagian dari slide internal Meta tersebut juga mendeskripsikan bagaimana platform mereka bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi lebih jauh dan aman digunakan. Tiruan Twitter satu ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah postingan dengan link, gambar, maupun video, dengan maksimum 500 karakter.

Terintegrasi dengan Instagram, pengguna bisa login dengan username dan password yang sama, memiliki jumlah pengikut yang sama, dan centang biru verifikasi juga bakal ikut terpindahkan. Termasuk akun yang sudah diblokir sebelumnya. Uniknya, platform tiruan Twitter satu ini kabarnya bakal kompatibel dengan platform lain seperti Mastodon. Sehingga kontennya bisa ditemukan oleh lebih banyak pengguna.

CEO Twitter Ikut Merespon Kehadiran Tiruan Twitter dari Meta

 

Lia juga menyebutkan bila sejumlah informasi di atas ia dapatkan dari sejumlah kreator yang terhubung langsung dengan Meta, untuk diberikan akses terlebih dahulu. Hal ini pun turut dikonfirmasi oleh konsultan media sosial, Matt Navara. Menyebutkan bila Meta sedang fokus untuk membawa sejumlah profil seperti aktor, produser, penulis, atlet, sampai comedian untuk berikan kesempatan mencoba tiruan Twitter milik mereka.

Sang CEO baru Twitter, Linda Yaccarino pun mengunggah cuitan terkait berita ini, memberikan pernyataan seolah tidak takut akan adanya kompetitor baru. Walaupun masih menjadi rumor, pihak Meta sendiri sempat mengeluarkan sebuah statement yang cukup menarik Maret lalu. Dikutip dari Platformer, Meta menyebutkan bila “kami sedang menjelajahi jaringan sosial terdesentralisasi mandiri untuk berbagi pembaruan teks.”

Lebih lanjut, Meta menganggap bila ada peluang untuk “ruang terpisah”, di mana kreator dan figur publik bisa berbagi informasi terkini tentang minat mereka. Kita nantikan saja kehadiran tiruan Twitter yang satu ini dalam beberapa bulan ke depan.

Artikel berjudul Instagram Siap Rilis Tiruan Twitter Musim Panas Ini, Berikut Tampilannya! yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/uZNn1Ke
via IFTTT