Jakarta, Gizmologi – Akhirnya seluruh laga di cabang olahraga (cabor) esports SEA Games 2023 Kamboja telah berakhir. Indonesia berhasil melampaui target dan menjadi juara umum dengan membawa pulang lima medali yang terdiri dari 3 emas dan 2 perak.

Hal itu terlihat dari hasil akhir medal standing cabang olahraga esports di situs resmi SEA Games 2023 Kamboja. Di mana Indonesia berada di urutan pertama, diikuti Kamboja di posisi kedua dan Filipina di posisi ketiga.

“Prestasi ini sangat membanggakan. Di tengah persaingan yang makin ketat di Asia Tenggara, Indonesia sekali lagi masih membuktikan sebagai negara terkuat di kawasan,” ujar Sekjen Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Frengky Ong dalam keterangannya, Selasa (16/5/2023).

Untuk detailnya, perolehan medali Indonesia berasal dari nomor pertandingan Mobile Legends Putri, Valorant kategori tim, PUBG Mobile kategori tim. Serta dua medali perak yang dipersembahkan oleh Timnas Crossfire dan PUBG Mobile solo.

Baca Juga: PB ESI Targetkan Timnas Esport Bawa Pulang Emas di SEA Games 2023

Juara Umum Esports SEA Games 2023

PUBG Mobile Solo di Esports SEA Games 2023
Peraih Perak PUBG Mobile SEA Games 32 Kamboja 2023 Alan Kumaseh diapit oleh Deputy Head Coach Richard Permana dan Manajer Timnas Mahatma Arfala Thohir

Seluruh pertandingan di cabor esports berlangsung sejak tanggal 6-15 Mei 2023. Para atlet tampil di dua lokasi berbeda, yakni Olympia Mall dan NagaWorld Entertainment Complex, Phnom Penh, Kamboja.

“Yang juga membanggakan, esports menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan karena dikehendaki oleh seluruh negara, bukan cabor yang semata-mata diselenggarakan untuk sebagai cabor tambahan saja. Artinya, esports berkompetisi di cabor dengan kekuatan yang sangat kompetitif,” paparnya.

Lebih lanjut Frengky menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet yang telah berjuang sekuat tenaga, mengorbankan waktu dan kepentingan pribadi guna fokus mempersembakan kemampuan terbaik di SEA Games ke-32 Kamboja 2023 ini. Apresiasi juga disampaikan kepada para pelatih, Manajer Tim Nasional, dan seluruh pihak yang telah memberikan dukungan kepada Timnas Esports SEA Games ke-32 Kamboja 2023.

Total ada sembilan kategori pertandingan Esports yang diselenggarakan oleh Kamboja selaku tuan rumah SEA Games 2023. Meski begitu, Indonesia tidak mengikuti semuanya, squad garuda hanya berpartisipasi di enam nomor pertandingan saja, di antaranya Mobile Legends Putra dan Putri, Valorant tim, PUBG Mobile tim dan solo, serta Crossfire.

Artikel berjudul Melebihi Target, Indonesia jadi Juara Umum Cabor Esports SEA Games 2023 yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/uXTKmVF
via IFTTT