Jakarta, Gizmologi – Perusahaan patungan GoTo Gojek Tokopedia dengan TBS Energi Utama, Electrum resmi membangun pabrik motor listrik pertamanya di Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang. Pabrik berdiri di lahan seluas 3 hektare (ha) di zona E GICC.

Direktur Utama Electrum Pandu Sjahrir sekaligus Wakil Direktur TOBA mengatakan, pabrik rencananya mampu memproduksi 250 ribu motor listrik per tahun. Namun jika digunakan secara maksimal, produksinya bisa mencapai 1 juta unit per tahun.

“Di lahan 3 hektare ini didirikan pabrik perakitan sepeda motor listrik. Awalnya 250 ribu kapasitas per tahun. Pabrik ini kami mengedepankan green factory,” katanya dalam groundbreaking pabrik di lokasi, Jumat (23/6).

Pandu menargetkan pembangunan pabrik selesai 12-15 bulan ke depan dan akan mulai berproduksi. Sayangnya ia enggan merinci berapa nilai investasi yang digelontorkan. Pandu hanya menyebut baik GoTo dan TOBA menggelontorkan dana 50:50.

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pabrik motor listrik Electrum ditargetkan mencapai 40 persen saat sudah beroperasi. Namun rencana tahun ini Electrum memulai bisnis dengan produk Completely Build Up (CBU) atau motor listrik yang diimpor dalam keadaan utuh dari luar negeri.

“Jadi mulainya itu dari driver GoTo karena mereka yang paling tahu, tapi juga nanti juga kita pasti buka untuk orang ritel bisa beli. Kita bakal mulai tahun ini kan bakal ada 3-5000 tahun ini CBU. Abis itu kita same time next year kita udah bisa jual langsung,” paparnya.

Pembangunan pabrik ini juga merupakan bagian dari penerapan komitmen perusahaan untuk mendukung target pemerintah menyediakan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang menyeluruh mulai dari infrastruktur baterai hingga teknologi motor listrik. Termasuk mendukung secara konkrit target pemerintah dalam memproduksi sembilan juta motor listrik pada 2030, hal ini juga sejalan untuk Indonesia net-zero emission 2060.

Baca Juga: Electrum Kolaborasi dengan Pertamina NRE Kembangkan Ekosistem EV

Groundbreaking Electrum

Groundbreaking Electrum

Adapun, pabrik yang berlokasi di kawasan GIIC Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, dan trek pengujian. Selain itu, pembangunan pabrik berwawasan lingkungan dengan konsep green factory yang akan dilengkapi dengan energy management system, waste management system dan water treatment.

ada kesempatan yang sama, Electrum turut mengumumkan rencana kerja sama dengan Pertamina, melalui anak usaha Pertamina Power Indonesia dan Pertamina Patra Niaga akan bekerjasama dengan Electrum untuk pengemasan baterai kendaraan listrik roda dua, sekaligus mendukung produksi sel baterai dari Indonesia Battery Corporation.

Selain itu, kerja sama dengan GIIC melalui penandatangan nota kesepahaman pembelian dan penggunaan motor listrik Electrum secara bertahap sebagai kendaraan operasional di wilayah GIIC dan Planet Ban melalui penandatangan nota kesepahaman untuk penempatan Battery Swap Station (BSS) dan layanan purna jual di ratusan outlet Planet Ban yang tersebar di wilayah Jakarta.

“Electrum akan terus berkolaborasi secara strategis untuk menghadirkan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dan mengembangkan jaringan layanan purna jual baik secara mandiri maupun bermitra untuk meningkatkan akses kendaraan listrik roda dua untuk konsumen,” kata Pandu.

Artikel berjudul Groundbreaking Electrum Siap Produksi 250 Ribu Motor Listrik yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/Thr3Ifk
via IFTTT