Jakarta, Gizmologi – Mengingat segmen smartphone harga terjangkau bakal terus penting dan mendominasi pasar, tentunya produsen chipset juga harus terus memperbarui penawaran perangkat keras mereka. Seperti Qualcomm yang baru saja memperkenalkan Snapdragon 4 Gen 2, hadir sebagai sekuel dengan peningkatan performa, efisiensi, serta konektivitas.

Menggunakan penamaan baru, Snapdragon 4 Series memang jadi tier yang paling rendah dibandingkan seri angka lainnya dari Qualcomm. Meski begitu, vendor smartphone dapat menggunakan seri yang satu ini untuk menghadirkan sebuah perangkat yang mendukung konektivitas 5G maupun sensor kamera beresolusi tinggi. Dalam budget alias harga lebih terjangkau tentunya.

Seri sebelumnya, Snapdragon 4 Gen 1 debut di smartphone iQOO pada kuartal terakhir 2022 lalu. Dan sampai saat ini, masih belum ada smartphone resmi di Tanah Air yang menggunakan cip rilisan 2022 tersebut. Sehingga kemungkinan besar konsumen Indonesia bakal langsung kedatangan smartphone lebih baru yang gunakan chipset Snapdragon 4 Gen 2, dengan segala benefitnya.

Baca juga: Sejumlah Keunggulan Chipset Snapdragon 7+ Gen 2, Siap Hadir Lewat POCO F5

Punya Clockspeed CPU Lebih Tinggi

Snapdragon 4 Gen 2

Dalam rilis resminya, Qualcomm sebutkan peningkatan utama Snapdragon 4 Gen 2 yang terbilang cukup merata. Yakni diklaim mampu memberikan performa penggunaan harian yang sudah cukup kencang, kemampuan fotografi maupun videografi lebih baik, sampai sambungan jaringan 5G lebih baik. Terkait performa, ada beberapa aspek yang membuatnya bisa lebih kencang.

Salah satunya adalah penggunaan fabrikasi 4nm pada Snapdragon 4 Gen 2, yang membuat chipset lebih kencang dan efisien daya sekaligus. CPU-nya sendiri kini memiliki clock speed tertinggi di 2,2GHz, mampu berikan kenaikan performa 10%. Sementara jenis RAM dan memori juga diperbarui, kini sudah mendukung masing-masing LPDDR5x dan UFS 3.1 dual-lane, tentunya bakal berkontribusi terhadap performa.

Qualcomm sendiri belum sebutkan seri GPU yang digunakan pada Snapdragon 4 Gen 2 secara gambling. Sementara untuk dukungan layar, masih sama seperti yang lalu, yakni FHD+ 120Hz. Vendor smartphone juga nantinya bisa implementasikan teknologi Quick Charge 4+ dari Qualcomm, untuk isi daya smartphone hingga 50% dalam waktu 15 menit saja.

ISP Snapdragon 4 Gen 2 Lebih Baik

Snapdragon 4 Gen 2

Peningkatan lain yang dibawa oleh Qualcomm kepada Snapdragon 4 Gen 2 adalah image signal processor atau ISP baru. Kalau sebelumnya triple-ISP, kini dibuat hanya dua ISP 12 bit. Meski begitu, masih tetap bisa jalankan sensor kamera dalam resolusi 108MP, atau 32MP dengan zero shutter lag.

Yang menjadi kelebihan baru adalah dukungan EIS dalam resolusi 1080p 60fps, kecepatan fokus lebih instan, serta teknologi baru yang disebut Multi-Camera Temporal Filtering (MCTF) untuk noise reduction yang lebih maksimal dalam perekaman video. Sayangnya, masih belum mendukung perekaman video dalam resolusi 4K.

Lalu pada sektor konektivitas, sayangnya Snapdragon 4 Gen 2 masih belum mendukung sambungan Wi-Fi 6E, alias terbatas hingga Wi-Fi 5 saja, plus Bluetooth 5.1 aptX. Untuk modemnya sendiri, serinya meningkat dari X51 ke X61, dengan kecepatan unggah lebih tinggi di 900Mbps dan unduh hingga 2,5Gbps.

Smartphone pertama yang bakal menggunakan Snapdragon 4 Gen 2 siap dirilis di semester kedua tahun ini. Salah satunya bakal hadir dari dua vendor yang cukup populer, yakni Xiaomi lewat lini Redmi, serta vivo. Mana yang lebih dulu hadir? Kita nantikan saja kehadiran resminya.

Artikel berjudul Qualcomm Rilis Cip Baru Snapdragon 4 Gen 2, Pertama di Kelasnya dengan Fabrikasi 4nm yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/ZAWCfur
via IFTTT