Jakarta, Gizmologi – Perusahaan pengembang video game terbesar di Indonesia, Agate, mengumumkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama perusahaan pionir web3 asal Korea Selatan, ISKRA. Difasilitasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif proyek kolaborasi ini bertujuan untuk mendorong perusahaan-perusahaan teknologi lokal bersaing di mancanegara.

Kolaborasi ini dimaksudkan untuk mendorong perkembangan industri game dan web3 di Indonesia serta menciptakan pertumbuhan ekosistem game web3 yang berkelanjutan di Indonesia dan Korea Selatan. Penandatanganan MoU dilakukan secara langsung di kantor ISKRA di Seoul, Korea Selatan.

“Kerja sama dibangun atas kesamaan visi untuk menciptakan ekosistem web3 yang berkelanjutan, sekaligus langkah strategis bagi Agate dan ISKRA untuk dapat memperluas jangkauan pasar kedua perusahaan,” kata VP Marketing & Sales Agate, Vincentius Hening W Ismawan, dalam keterangan resmi, Kamis (22/6/2023).

Vincentius menjelaskan bahwa pengalaman dan kapabilitas yang dimiliki oleh ISKRA menjadi poin penting dalam kolaborasi ini. Pihaknya berharap kolaborasi ini bisa membantu meningkatkan kemampuan dan kualitas dari industri game dan web3 di Indonesia.

ISKRA dipilih sebagai kolaborator karena memiliki pengalaman dan kapabilitas besar dalam menelurkan teknologi berbasis Web3. “Agate berharap dengan adanya kolaborasi ini bisa membantu meningkatkan kemampuan dan kualitas dari industri game dan web3 di Indonesia,” ungkap Vincentius.

Baca Juga: Agate dan Telkom Garap Tirta, Game Puzzle Adventure Berlatar Belakang Bali

Agate Siap Rambah Web3

Kerjasama Agate dengan ISKRA

Melalui kolaborasi ini, Agate akan menjadi salah satu rekanan strategis sebagai pengembang video game bagi ISKRA. Selain itu kerja sama ini diharapkan dapat menjadi pintu bagi industri kreatif Indonesia secara umum dan Agate untuk semakin bertumbuh di ranah global.

ISKRA sendiri dikenal sebagai pengembang yang aktif mengintegrasikan game dengan block chain, NFT, dan Metaverse. Game kembangan ISKRA, seperti Three Kingdoms Multiverse, Legends of Slime, dan Cascade Kings mengombinasikan karakter berbasis NFT yang dapat dikoleksi pemainnya.

Sementara Agate juga terus mengembangkakan game-game lokal untuk Android, iOS, dan PC. Beberapa di antaranya adalah Memories, VAHSS, dan dua game yang populer yakni Mythic Protcol dan Code Atma.

Awal 2023 lalu, Agate menyatakan konsentrasinya untuk menggarap game berkualitas tinggi. Di antaranya penggarapan game AA dan AAA yang diklasifikasikan sebagai game berbujet sangat fantastis mencapai ratusan juta dolar.

Di Indonesia, industri pengembangan game AA dan AAA belum semasif mancanegara. Kerja sama ini juga mendorong fokus utama Agate dalam membuat game-game berkualitas tinggi yang terintegrasi dengan Web3.

Artikel berjudul Rambah Web3, Agate Teken MoU dengan ISKRA yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/mULtgVK
via IFTTT