Jakarta, Gizmologi – Tak dapat dipungkiri, intensitas perpindahan data dalam keseharian kini semakin tinggi berkat adanya penerapan teknologi yang semakin mendominasi. Termasuk di Indonesia, di mana Utimaco melihatnya sebagai pasar yang strategis karena memiliki iklim bisnis yang terus bertumbuh pesat—membuatnya juga menjadi sasaran serangan siber.

Dari data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), ada lebih dari 970 juta serangan keamanan siber yang terjadi sepanjang tahun 2022, di mana jenis terbesarnya datang dalam bentuk Mining Pool pada cryptocurrency melalui email phishing untuk memperoleh uang korban secara diam-diam. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi industri untuk meningkatkan kemampuan keamanan data dan infrastrukturnya.

Menjadi salah satu penyedia solusi keamanan data, Utimaco hadirkan Hardware Security Modules (HSMs) yang dinilai pas sebagai solusi menyeluruh bagi industri saat ini. Lewat sesi diskusi yang diadakan Rabu (22/11) lalu, pihaknya bersama Securemetric Technology dan Cardtrend mencoba membahas strategi dalam memaksimalkan perlindungan data pada berbagai sektor industri.

Membuka sesi diskusi, Eddie Yong selaku Country Manager Utimaco wilayah ASEAN mengatakan bila pelaku industri di Indonesia masih menghadapi beragam tantangan dalam hal perlindungan data. Ia menyampaikan bila solusi yang ditawarkan mampu membantu pelaku industri di Indonesia memperkuat keamanan data mereka lewat sejumlah layanan perlindungan data mutakhir.

“Layanan-layanan ini penting untuk mengantisipasi berbagai ancaman siber yang dapat menghambat pertumbuhan bisnis dan mengganggu reputasi perusahaan,” jelas Eddie. Utimaco sendiri telah beroperasi selama berpuluh-puluh tahun, memberikan solusi keamanan siber global dan modul keamanan cloud berbasis perangkat keras. Menciptakan serangkaian solusi inovatif dalam menjaga data, identitas, dan jaringan komunikasi.

Baca juga: Ingram Micro Soroti Pentingnya Bisnis di Indonesia Fokus pada Keamanan Siber

Solusi HSM Utimaco Juga Melindungi Transaksi Pembayaran Digital

Utimaco

Eddie memaparkan solusi unggulan dari Utimaco yakni Hardware Security Modules (HSMs), sebuah perangkat komputasi yang melakukan enkripsi dan dekripsi terkait fungsi kriptografi. Fungsi tersebut dibangun untuk melindungi informasi sensitif dan telah menjadi komponen penting dalam keamanan siber. Melindungi spektrum layanan digital luas termasuk tanda tangan digital.

Kriptografi pada HSM yang ditawarkan oleh Utimaco juga turut memfasilitasi beragam proses otentikasi dan otorisasi, seperti verifikasi kredensial pengguna layanan seluler sampai validasi transaksi dari beragam metode pembayaran digital. Tidak heran bila solusi unggulan Utimaco dinilai penting untuk industri saat ini, dan dipercaya sebagai metode paling aman agar lalu lintas data di seluruh aktivitas operasional terjamin aman.

HSM adalah kartu PCI yang terhubung ke sistem komputer lewat interface USB, SCSI atau R232 dengan antarmuka sederhana dan kompabilitas tinggi untuk beragam bahasa pemrograman. Juga sudah tersertifikasi FIPS, termasuk FIPS 140-2 Level 3 yang diklaim tahan terhadap berbagai gangguan eksternal. Hal ini perlu dicapai agar pelaku industri dapat menjaga keamanan data konsumen termasuk informasi sensitif dalam organisasi.

Siap Untuk Hadirkan Solusi Terbaik Bagi Pemilik Industri di Indonesia

Utimaco
(Kiri-Kanan: Priscilla Tjin, Associate Business Development, Malaysia Digital Economy Corporation (MDEC); Derek Mok, Chief Executive Officer, Cardtrend Systems Sdn Bhd; Dato’ Sri Jailani Johari, Chairman of Cardtrend Systems Sdn Bhd; Leo Nugraha Kusuma, Country Manager, Securemetric Technology, Indonesia; Eddie Yong, Country Manager, ASEAN UTIMACO GmbH)

Saat ini Utimaco menawarkan lebih dari 60 solusi HSM untuk keamanan data, mulai dari multi-factor authentication, broadband access interception, payment hardware security module, sampai secure data processing, data storage, dan file sharing. Bergaam solusi tersebut hadir untuk memungkinkan organisasi dalam menerapkan perlindungan data komprehensif pada tiap tingkat penyimpanan data.

Terkait dengan industri di Tanah Air, solusi HSM Utimaco kompatibel dengan beragam peraturan keamanan data. Seperti Penyedia Jasa Pembayaran (PNP) yang bisa memanfaatkan HSM untuk memenuhi Cetak Biru Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 oleh Bank Indonesia yang siap menjadi arah kebijakan sistem pembayaran di era digital.

Organisasi juga bisa menggunakan HSM dalam mendukung UUD Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi, yang disebut mulai berlaku Oktober 2024 mendatang. Utimaco juga menggandeng Securemetric Technology dan CardTrend, berkomitmen untuk menyediakan solusi keamanan siber inovatif dan komprehensif di Indonesia dan kawasan ASEAN.

Artikel berjudul Utimaco Paparkan Pentingnya Hardware Security Modules (HSMs) Untuk Perlindungan Data yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/RNzbFcY
via IFTTT