Jakarta, Gizmologi – AMD kembali menghadirkan model kartu grafis (GPU) Workstation terbarunya dari lineup AMD Radeon Pro W7000 Series. Ada dua varian yang diperkenalkan yakni AMD Radeon PRO W7600 dan AMD Radeon PRO W7500.

Senior vice president and general manager, Graphics Business Unit, AMD, Scott Herkelman, mengatakan jajaran produk GPU AMD Radeon Pro W7000 Series ini ditujukan untuk mengatasi beban kerja mainstream di berbagai industri profesional, termasuk Media-Hiburan, Desain-Manufaktur, serta Arsitektur, Mesin dan Konstruksi.

“Tujuan kami adalah untuk menawarkan lebih banyak pilihan bagi pengguna profesional, dan GPU ini melakukan hal tersebut, didesain untuk mengatasi segmen pasar terbesar yang berfokus pada beban kerja mainstream,” kata Scott dalam keterangan resmi yang diterima Gizmologi, Senin (7/8/2023).

Di atas kertas baik, AMD Radeon PRO W7600 dan AMD Radeon PRO W7500 diklaim dapat mempercepat alur kerja profesional harian dengan berfokus pada efisiensi dan peningkatan performa. GPU baru memanfaatkan terobosan arsitektur AMD RDNA 3 dan dioptimalkan untuk menghadirkan harga/kinerja terdepan, serta stabilitas dan keandalan yang menakjubkan.

Kedua GPU ini memiliki RAM GDDR6 8GB berkecepatan tinggi untuk mendukung tugas-tugas data intensif dengan mudah dan memungkinkan perenderan ray-traced dengan detail dan nyata yang luar biasa.

“GPU AMD Radeon PRO W7600 dan Radeon PRO W7500 memberikan performa luar biasa untuk berbagai aplikasi profesional, termasuk CAD, BIM, dan lainnya, sekaligus menawarkan tingkat fidelitas visual mengagumkan dan menetapkan standar performa baru untuk grafis profesional kelas menengah,” paparnya.

Bicara spesifikasinya, Radeon PRO W7600 dibangun dari GPU AMD Radeon PRO W7900 dan AMD Radeon PRO W7800 yang telah diluncurkan sebelumnya. GPU ini memiliki 32 unit Compute Units & Ray Accelerators, serta 64 unit AI Accelerators, dengan kemampuan TFLOPS (Peak Single Precision) sebesar 20 (FP32).

Baca Juga: Kartu Grafis AMD Radeon RX 7600 Siap jadi Penantang RTX Series

Spesifikasi Dua Model Baru AMD Radeon Pro W7000 Series

Varian Baru AMD Radeon Pro W7000 Series

GPU ini juga dilengkapi dengan memori GDDR6 sebesar 8 GB yang terhubung melalui antarmuka 128-bit, serta memiliki empat output DisplayPort™ 2.1. Sementara itu, untuk daya W7600 adalah 130W dengan konektor 6-pin.

Sedangkan AMD Radeon PRO W7500 memiliki 28 unit Compute Units & Ray Accelerators dan 56 unit AI Accelerators, dengan kemampuan TFLOPS (Peak Single Precision) sebesar 12 (FP32). GPU ini juga memiliki memori GDDR6 sebesar 8 GB dan antarmuka memori 128-bit, serta empat output DisplayPort™ 2.1. Daya total W7500 adalah 70W melalui PCIe bus.

“Ini cocok untuk skenario kerja seperti 3D, animasi, rendering, pengeditan video, dan multitasking umum,” imbuh Scott.

Terlebih adanya Dedicated AI Acceleration dengan instruksi AI baru dan throughput AI yang ditingkatkan, memungkinkan seri kartu grafis ini memberikan kinerja rata-rata lebih dari 2X lipat dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2 sebelumnya.

Semua grafis workstation AMD Radeon PRO didukung oleh AMD Software: PRO Edition, dengan antarmuka pengguna yang semakin modern dan intuitif. AMD juga menjalin kerjasama dengan vendor aplikasi software profesional terkemuka dalam program sertifikasi komprehensif.

“Jadi, kartu grafis AMD Radeon PRO dapat diandalkan untuk bekerja dalam lingkungan 24/7 yang menuntut dan memenuhi standar performa dan stabilitas yang tinggi.”

Untuk Ketersediaan produk di workstation OEM dan sistem SI diperkirakan akan dimulai akhir tahun ini. GPU workstation AMD Radeon PRO W7000 Series akan dipamerkan pada 8-10 Agustus di booth #537 (West Hall) di SIGGRAPH 2023, Los Angeles Convention Center, Los Angeles, California.

Artikel berjudul AMD Rilis Dua Model Radeon Pro W7000 Series, Kartu Grafis Buat Workstation yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/kX1Viuh
via IFTTT