Jakarta, Gizmologi – WhatsApp bakal menambahkan fitur keamanan baru dengan mem-verfikasi email akun penggunanya. Langkah ini dilakukan untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap transfer akun yang tidak sah ke perangkat yang berbeda.

Hal tersebut menjadi bentuk komitmen WhatsApp untuk melindungi pengalaman keamanan pengguna. Seiring berbagai fitur keamanan yang dihadirkan seperti, pertahanan terhadap malware yang mengeksploitasi WhatsApp, hingga verifikasi kode keamanan yang disederhanakan melalui kode otomatis.

“Fitur ini akan bersifat opsional dan terpisah dari proses verifikasi dua langkah yang sudah ada, yang juga menggunakan alamat email,” tulis WABetaInfo, Senin (7/8/2023).

Seperti diketahui, saat ini semua akun WhatsApp hanya terhubung dengan nomor telepon pengguna, baik untuk keperluan login atau menerima SMS berisi kode verifikasi. Tentunya opsi verifikasi ini menjadikan akun pengguna lebih aman jika sewaktu-waktu nomor HP hilang atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Dari screenshot yang diunggah oleh WABetaInfo, WhatsApp akan meminta pengguna untuk memasukkan alamat emailnya untuk melindungi dan memverifikasi akunnya. Lantaran fitur ini masih dalam tahap pengembangan, belum ada informasi lebih lanjut apakah nantinya tidak perlu lagi menggunakan nomor HP sama sekali atau memang sebagai proteksi tambahan saja.

Baca Juga: WhatsApp Gulirkan Fitur Pesan Video Instan

WhatsApp Bakal Verifikasi Email Akun Pengguna

Fitur Verifikasi Email yang ditemukan WABetaInfo

Yang jelas fitur baru ini ditemukan oleh WABetaInfo pada update WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.16.15. Bahkan untuk saat ini, belum ada pengujian beta tester terhadap fungsi fitur tersebut.

Kendati demikian metode ini bisa bermanfaat saat pengguna membuat akun WhatsApp di perangkat baru tapi kode verifikasinya tidak bisa diterima oleh nomer HP, dikarenakan masalah server atau jaringan. Terlebih WABetaInfo mengatakan fitur verifikasi email ini sifatnya opsional, jadi pengguna WhatsApp bisa opt-in jika ingin menggunakannya.

Tentunya, kehadiran fitur baru ini akan melengkapi sederet lapisan perlindungan yang telah ditambahkan oleh WhatsApp. Termasuk fitur Account Protect yang bisa mencegah akun dibuka di perangkat lain tanpa seizin pengguna, dan Device Verification yang bisa mencegah malware mengambil alih akun WhatsApp pengguna.

Artikel berjudul Selain Nomor HP, WhatsApp Perketat Keamanan Akun dengan Verifikasi Email yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/zWSGV4c
via IFTTT