Jakarta, Gizmologi – Acara tahunan Apple Event yang diadakan setiap paruh kedua, akhirnya sudah mendapatkan tanggal resmi. Disebar kepada para media, undangan acara Apple Event 2023 siap digelar 12 September mendatang. Bakal ada iPhone 15 Series sekaligus beberapa produk lain yang kabarnya siap dirilis bersamaan.

Munculnya tanggal resmi ini mengonfirmasi kabar yang sebelumnya disebutkan oleh reporter Bloomberg, Mark Gurman yang memang dikenal selalu berikan kabar akurat terkait produk yang bakal hadir di masa mendatang. Melalui sebuah cuitan yang ia buat awal Agustus kemarin, Mark sudah sempat menyebutkan bila iPhone 15 Series siap diresmikan pada 12 September.

Seperti tahun sebelumnya, Apple dikabarkan bakal memperkenalkan empat seri berbeda dengan konfigurasi serupa. Di mana duo iPhone 15 versi standar bakal hadir dalam dua ukuran layar berbeda, begitu pula dengan dua versi iPhone 15 Pro. Namun kabarnya, varian tertinggi bakal disebut sebagai iPhone 15 Ultra, karena mengusung setup kamera yang lebih superior.

Baca juga: Perlahan Meninggalkan China, Apple Mulai Produksi iPhone 15 di India

Diadakan Secara Hybrid, Tayang Tengah Malam Waktu Indonesia

Apple Event September 2023

Lewat sebuah gambar undangan di atas, Apple menginformasikan bila Apple Event terbaru nanti dilaksanakan langsung dari Apple Park, Cupertino, California seperti yang sebelum-sebelumnya. Bila dibuat sama seperti sebelumnya, maka yang hadir secara offline bakal menonton tayangan streaming yang juga bisa diakses lewat situs apple.com secara bersamaan.

Tentu benefit untuk mereka yang diundang dan bisa hadir secara langsung, adalah kesempatan untuk menjajal produk-produk yang baru diperkenalkan seusai acara. Meski tanggalnya 12 September, Gizmo friends yang ingin menonton tayangan langsung, harus bersiaga tengah malam karena acara bakal dimulai pukul 00:00 WIB, alias tengah malam pada 13 September.

Dikutip dari situs MacRumors, selain iPhone 15 Series, Apple juga siap memperkenalkan Apple Watch generasi terbaru, baik versi standar maupun penerus dari Apple Watch Ultra. Tentunya dengan peresmian jajaran software terbaru Apple seperti iOS 17, iPadOS 17, tvOS 17 dan watchOS 10 yang membawa banyak perubahan termasuk pada tampilan antarmukanya.

Namun begitu, sejumlah situs juga memperkirakan bila Apple bakal ikut memperbarui AirPods Pro dengan port USB-C. Serta merilis AirPods Max generasi terbaru yang sudah lama tidak diperbarui sejak rilis awal di tahun 2020. Di mana beberapa spesifikasinya sudah disalip oleh headphone terbaru dari Beats.

Bocoran Spesifikasi iPhone 15 Series

render iPhone 15 Pro warna baru
Render terbaru iPhone 15 Pro Series dengan warna sesuai rumor yang beredar (Sumber: PhoneArena)

Bila memang sesuai rumor dan foto-foto yang sudah beredar di internet, seluruh lini iPhone 15 Series bakal tampil dalam desain layar sama persis, di mana Dynamic Island tak lagi eksklusif untuk lini Pro saja. Meski begitu, jenis panelnya masih bakal berbeda. Di mana varian non-Pro dikabarkan tetap memiliki refresh rate 60Hz saja, alias belum mengusung teknologi ProMotion Display 120Hz.

iPhone 15 & 15 Plus bakal membawa sejumlah hardware unggulan dari iPhone 14 Pro Series terdahulu. Sebut saja penggunaan chipset Apple A17 Bionic, serta sensor kamera utama 48MP yang bisa memberikan kemampuan 2x zoom dengan kualitas setara optikal, memanfaatkan cropping dari resolusi penuh dan teknologi fotografi komputasi.

Untuk iPhone 15 Pro Series, kabarnya bakal memiliki bezel layar lebih tipis dari sebelumnya, layar lebih terang, serta finishing bingkai atau frame yang berbeda. Mirip seperti iPhone 12 Pro Series, kabarnya Apple bakal membuat spesifikasi kameranya berbeda pada sensor zoom. Di mana hanya iPhone 15 Ultra/15 Pro Max yang mengusung sensor telefoto berjenis periskop dengan zoom lebih jauh dari versi regular.

Artikel berjudul Apple Event Bakal Digelar 12 September, iPhone 15 Series Siap Diresmikan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/B3Fvxyc
via IFTTT