Jakarta, Gizmologi – Asus resmi mengumumkan varian motherboard ROG dan TUF Gaming Z790 series di ajang Gamescom 2023. Ketiganya adalah ROG Maximus Z790 Dark Hero, ROG Strix Z790-A Gaming WiFi II, dan TUF Gaming Z790-Pro WiFi.

Setiap motherboard dibekali dengan PCIe 5.0, slot memori DDR5, yang mendukung prosesor Intel Core Generasi ke-12, Generasi ke-13, dan Next-Gen. Asus juga meningkatkan konektivitas, dan kemampuan penyesuaian kinerja, hingga solusi pendinginan yang DIY friendly.

Terlebih soket LGA 1700 yang dihadirkan Asus cocok dengan prosesor Intel Core generasi ke-12 dan ke-13, sehingga pengguna dapat merakit PC menggunakan motherboard Z690 series. Asus meyakini era LGA 1700 belum berakhir, bahkan masih akan kompatibel dengan CPU Intel Next-Gen.

“Artinya, pengguna akan memiliki banyak opsi saat berencana untuk merakit PC terbaru atau meningkatkan rakitan PC yang sudah ada. Pengguna dapat mengganti motherboard mereka dengan spesifikasi yang lebih tinggi untuk mendapatkan konektivitas yang melimpah, dan optimasi solusi daya dari motherboard Asus Z790 terbaru,” tulis Asus dalam keterangannya, Sabtu (26/8/2023).

Selain itu, ketika ingin meningkatkan CPU ke Intel Next-Gen, pengguna tetap dapat menggunakan motherboard Z690 atau Z790 lama yang telah teruji. Mereka hanya perlu memperbarui BIOS motherboard tersebut untuk menikmati kompatibilitas penuh terhadap CPU Intel yang akan datang.

Line up motherboard Asus ini juga telah mendukung router WiFi 7 yang menyempurnakan keunggulan yang dimiliki WiFi 6 dan WiFi 6E. Adapun konektivitas dapat mencapai kecepatan yang lebih stabil, antara lain saluran 320MHz yang membuat router WiFi 7 memberikan kinerja lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar, serta 4096 Quadrature Amplitude Modulation (QAM) yang memungkinkan jumlah data di setiap sinyal menjadi lebih efektif.

Motherboard ROG Maximus dan ROG Strix Z790 terbaru akan menjadi salah satu produk Asus pertama yang dilengkapi dengan WiFi 7. Pengguna juga dapat menggunakan ROG Maximus Z790 Dark Hero untuk menikmati pengalaman jaringan nirkabel terbaik dengan kecepatan tautan hingga 5,8Gbps.

“Motherboard ini diklaim cocok digunakan oleh pengguna yang memiliki koneksi internet multigigigabit atau pengguna yang menginginkan koneksi nirkabel berkecepatan tinggi ke unit network-attached storage (NAS).”

Motherboard ROG dan TUF Gaming Z790

Motherboard ROG dan TUF Z790

Asus juga menawarkan lebih banyak slot M.2 PCIe 5.0 onboard pada board Z790 dibanding model sebelumnya. Bagi pengguna yang akan merakit PC di tahun 2023, jumlah slot M.2 yang tersedia seringkali sama pentingnya dengan bandwidth yang tersedia dari setiap slot.

Pengguna mungkin saja membutuhkan banyak slot M.2 untuk menciptakan library penyimpanan yang besar atau meningkatkan koleksi drive M.2 dari rakitan sebelumnya. Asus ROG Strix Z790-A Gaming WiFi II dilengkapi lima slot M.2 dengan heatsink premium dan desain yang harmonis.

Motherboard Z790 juga mempermudah kebutuhan tersebut dengan menyediakan konektor port USB-C front panel yang dapat digunakan dalam case yang kompatibel. Dengan kecepatan USB 3.2 Gen 2×2, konektor tersebut akan mentransfer data hingga 20 Gbps. Dengan teknologi Quick Charge 4+ atau USB Power Delivery 3.0, tergantung pada motherboard yang dipilih, mereka dapat mengisi ulang perangkat yang terhubung dengan cepat.

Asus juga menyediakan fitur bawaan yang disebut USB Wattage Watcher. USB Wattage Watcher memungkinkan pengguna untuk memantau watt yang dikirim perangkat yang terhubung ke konektor front panel USBC 20Gbps. Dengan USB Wattage Watcher, pengguna dapat melihat watt pengisian daya secara real-time dan memeriksa status Fast-Charging perangkat yang mereka miliki.

Baca Juga: ASRock LiveMixer, Motherboard Bergaya Grafiti Buat Intel Z790 dan AMD B650

Rangkaian cahaya dan warna mikrostruktural ini memiliki dua lapisan pencahayaan RGB yang terpisah, sehingga perakit dapat menampilkan gaya pencahayaan RGB yang tidak akan mereka lihat di tempat lain. Asus mendukung tampilan samar dari ROG Maximus Z790 Dark Hero dengan serangkaian fitur yang canggih.

Konektor Dual Thunderbolt 4 pada rear panel siap mendukung perangkat periferal generasi terdepan, sedangkan audio ROG SupremeFX generasi berikutnya dilengkapi dengan ESS ES9218 Quad – DAC untuk koneksi front panel agar menghasilkan audio gaming yang jernih dan jelas pada headset atau speaker apapun.

Motherboard ini menyederhanakan proses perakitan dan menyediakan tool diagnostik yang bermanfaat. Pelindung I/O yang telah terpasang memudahkan tahap perakitan yang krusial, sementara tombol Q-Release Slot PCIe dan sistem M.2 Q-Latch menyederhanakan proses perakitan dan peningkatan kartu grafis dan drive penyimpanan.

Artikel berjudul Asus Luncurkan Motherboard ROG dan TUF Gaming Z790 di Gamescom yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/npQ9K6x
via IFTTT