Jakarta, Gizmologi – Asus baru-baru ini mengumumkan single-board computer (SBC) terbarunya yang diberinama Asus Tinker Board 3N. Platform berbasis Arm ini mendukung sistem komputasi untuk perangkat Industrial khususnya Internet of Things (IoT).

Bicara spesifikasi, Asus Tinker Board 3N telah dilengkapi prosesor Arm Rockchip RK3568 quad-core 64-bit. Board logic ini dapat mendukung sistem operasi Linux Debian, Yocto maupun Android dengan dukungan firmware over the air (FOTA), sehingga mudah digunakan untuk pengembangan integratif sistem.

“Asus Tinker Board 3N menawarkan peningkatan komputasi dengan konsumsi daya lebih rendah, sehingga berguna untuk mendukung revolusi IoT,” tulis Asus dalam keterangan yang diterima Gizmologi, Jumat (11/8/2023).

Tinker Board 3N dibangun pada arsitektur Arm v8 ini diklaim punya kinerja GPU yang baik untuk pemrosesan grafis dengan konsumsi daya yang rendah. Lewat pengujian internal Tinker Board 3N memberikan kinerja GPU lebih tinggi hingga 17 persen dan peningkatan skor UX total hingga 31 persen yang mencakup keamanan data, kemampuan pemrosesan, dan pemrosesan gambar dan video.

Baca Juga: Asus TUF Gaming LC II 360 ARGB AIO Berpendingin Cairan Buat PC Desktop

Spesifikasi Asus Tinker Board 3N

Asus Tinker Board 3N
Platform Asus Tinker Board 3N

Asus menyebut Tinker Board 3N dapat dipergunakan dalam pengembangan IoT gateaway, human-machine interfacing (HMI) dam otomatisasi manufaktur. Seri board ini juga dilengkapi dengan fitur heatsink pushpin profil rendah untuk penempatan SoC di sisi belakang.

“Kemudahan SBC ini bisa dipasangkan pada skala NUC dengan penggunaan penggunaan di ruang terbatas serta integrasi sistem yang lebih fleksible.”

Komputer ini dirancang agar dapat beroperasi di lingkungan industri yang ekstrem, dengan rentang suhu operasi antara -40 hingga 85°C. Tinker Board 3N series juga dilengkapi dengan antarmuka PoE, LVDS, com, dan CAN bus, serta slot M.2 E dan M.2 B untuk mengakomodasi modul ekspansi WiFi 5/6 serta 4G/5G untuk mendukung komputasi awan

ASUS Tinker Board 3N tersedia dalam tiga versi yang berbeda untuk memenuhi beragam persyaratan proyek, antara lain Tinker Board 3N PLUS, Tinker Board 3N, dan Tinker Board 3N LITE. Informasi soal harga bisa langsung menghubungi perwakilan ASUS di Indonesia.

Artikel berjudul Asus Tinker Board 3N, Platform SBC Buat Perangkat IoT yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/Ezcnps8
via IFTTT