Jakarta, Gizmologi – Bosan dengan smartphone, HMD Global kembali merilis ulang seri ponsel klasik terbaru, yakni Nokia 150 dan Nokia 130. Kedua ponsel bisa dibilang tidak sepintar smartphone di pasaran, memiliki tetap memiliki fitur dasar sebagai alat komunikasi.

Bisa dikatakan, ponsel-ponsel ini menolak untuk mati, mengingat keduanya perangkat ini hanya dirilis ulang sejak pertama kali dipasarkan pada tahun 2014-2016. Apalagi ponsel jenis ini terbilang cocok buat pengguna yang ingin beristirahat dari jagat sosial media, dengan perangkat untuk menelpon atau berkirim pesan singkat.

Di atas kertas, Nokia 130 maupun Nokia 150 memiliki dimensi ukuran yang mirip-mirip sekitar 130,95mm (panjang)x 50,6mm (lebar)x 15,15mm (ketebalan) dan bobot 106,3 gram. Secara spesfiikasi, keduanya dibekali (removeable battery) berkapasitas 1.450 mAh, namun ketahanannya diklaim dapat bertahan 20 jam untuk waktu menelepon dan 30 hari standby.

Jadi jangan berharap banyak karena ponsel ini tidak mengunggulkan performa chipset, kamera hingga refresh rate di layar. Pasalnya, ukuran layar dikedua ponsel ini hanya 2,4 inci dengan resolusi QVGA dengan keyboard T9 fisik.

Soal kamera ya, bisa dibilang seadanya dengan resolusi VGA 0,3 MP tanpa kamera selfie. Namun untuk Nokia 130, hadir dengan sebuah speaker besar menggantikan posisi kamera, pada ponsel berbentuk candy bar tersebut.

Baca Juga: Nokia G42, Smartphone 5G yang Mudah Diperbaiki Sendiri

Spesifikasi HP Nokia 150 dan 130 Candybar

Nokia 150 dan Nokia 130
Ponsel candy bar Nokia 130

Baik Nokia 150 dan 130, hanya memiliki RAM dengan kapasitas 4 MB dan penyimpanan 4 MB. Adapun slot microSD untuk menambah storage hingga 32 GB. Sementara untuk sistem operasi dari feature phone Nokia ini tidak memakai Android, tetapi memakai S30+.

Agak berbeda dengan feature phone nokia lainnya, yang sudah mendukung jaringan 4G LTE dan koneksi WiFi. Kedua ponsel ini cuma mendukung jaringan 2G, meski begitu perangkat tersebut juga mendapatkan sertifikasi IP52, sehingga tahan air dan debu.

Fitur lainnya, ada headphone jack 3,5 mm, pemutar MP3 serta radio FM, dengan charger Micro USB dimasukkan ke dalam kotak penjualannya. Kalau bosan tapi ogah bermain game-game mobile zaman sekarang, pengguna bisa bermain game Snake lawas di ponsel ini.

Sayangnya belum ada harga resmi untuk kedua HP Nokia model jadul ini, namun kemungkinan harganya tak sampai USD 50 atau sekitar Rp 760 ribu. Meski begitu ponsel ini juga belum dipastikan apakah bakal dijual di Indonesia atau tidak.

Artikel berjudul Nokia 150 dan 130, Ponsel Buat Gen Z yang Mau Rehat dari Smartphone yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/xHUuGb9
via IFTTT