Jakarta, Gizmologi – Perusahaan teknologi dan telekomunikasi, Ericsson menggelar pameran Imagine Live Indonesia 2023, dengan memboyong teknologi 5G terbaru dari ajang MWC di Barcelona. Sesuai tema “Unlocking the future of 5G” Ericsson ingin mengakselerasi beragam potensi ekonomi digital di Indonesia.

Setidaknya ada empat hal yang menjadi sorotan utama, yakni Photorealistic holograms in Metaverse, Sustainability, Ericsson Radio System, dan Embrace 5G XR education with BSS. Komitmen ini mencerminkan dedikasi Ericsson untuk memberdayakan Indonesia dengan perangkat yang dibutuhkan untuk menavigasi lanskap digital.

“Ericsson telah hadir di Indonesia selama 116 tahun terakhir dan secara konsisten memperkenalkan teknologi generasi baru dimulai dari 2G, 3G, 4G, dan sekarang 5G. Kami terus berinovasi dan secara aktif mendukung agenda pemerintah dalam mempercepat transformasi digital,” kata Presiden Ericsson Indonesia, Jerry Soper.

Gizmologi berkesempatan untuk menjajal sejumlah perangkat terbaru yang dihadirkan Ericsson, salah satunya Photorealistic holograms in Metaverse. Ini merupakan teknologi VR yang sangat canggih.

Di dalamnya pengguna masuk ke dunia metaverse dengan latensi rendah Ericsson, serta representasi manusia yang realistis. Jadi ketika memakainya, ada hologram berbentuk manusia yang bisa berbicara dengan penggunanya.

“Melalui Imagine Live, kami percaya teknologi dan inovasi kami dapat berkontribusi dalam memperkuat ekosistem telekomunikasi Indonesia dan memastikan potensi teknologi 5G dapat mendorong kemajuan ekonomi digital Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga: Perkuat Jaringan 5G, Telkomsel Gunakan Radio Massive MIMO AIR 3219 Buatan Ericsson

Ericsson Imagine Live Indonesia 2023

Presiden Ericsson Indonesia, Jerry Soper
Presiden Ericsson Indonesia, Jerry Soper

Disampaikan bahwa kecanggihannya bisa diimplementasikan untuk live streaming atau melakukan panggilan video. Nah untuk perangkat yang digunakan ialah Meta Quest Pro, yang mana ukuran hologram tersebut bisa dibuat lebih besar maupun kecil sesuai keinginan.

Selain itu, hal lain yang cukup menjadi sorotan adalah upaya Ericsson untuk melestarikan lingkungan. Jadi Sustainability yang dimaksud mengusung tiga program, pertama Net Zero, lalu Decarbonization, dan Energy Performance.

Nah itu sejalan dengan Ericsson Radio System, yang memiliki teknologi terbaru dengan begitu konsumsi energi bisa lebih ditekan. Mengingat kerusakan ekosistem bumi yang tidak dapat dipulihkan sehingga perusahaan teknologi dituntut untuk membatasi pemanasan global pada 1,5°C.

“Ericsson ingin menyoroti pentingnya berbagai area dari keberlanjutan. Dengan harga energi yang melambung tinggi dan permintaan akan jaringan seluler yang terus meningkat, penggunaan energi dan emisi yang terkait juga akan meningkat jika kita tidak bertindak,” pungkasnya.

Artikel berjudul Akselerasi 5G, Ericsson Boyong Teknologi Baru ke Indonesia yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/7ALEHvC
via IFTTT