Jakarta, Gizmologi – Threads dikabarkan akan memiliki fungsi web search dan platform web untuk menyaingi X yang sebelumnya bernama Twitter. Langkah ini diambil Meta sebagai game changer di ranah media sosial.

“Minggu yang baik untuk Threads. Komunitas di sini berada di jalur yang saya harapkan untuk membangun aplikasi jangka panjang yang dinamis,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg sebagaimana dilansir dari Gizmochina, Kamis (10/8/2023).

Jika dibandingkan dengan Twitter yang baru saja melakukan rebranding menjadi X. Fitur baru ini akan menjadi kesempatan emas untuk menggaet lebih banyak pengguna, apalagi saat ini, mengakses Threads melalui Threads.net hanya menampilkan placeholder digital, galaksi yang berputar.

Apalagi jika benar versi web di desktop untuk Threads Instagram sendiri merupakan salah satu yang cukup banyak diminta oleh pengguna. Hal ini direspon cepat oleh Meta dengan memanfaatkan popularitas Twitter yang semakin berkurang.

“Banyak pekerjaan di depan tetapi saya bersemangat dengan kecepatan pengiriman tim. Pencarian dan web datang dalam beberapa minggu ke depan,” imbuh Zuckerberg.

Mengutip The Verge, Bos Instagram Adam Mosseri pun telah menjawab permintaan ini dengan menjawab “kami sedang mengerjakannya!” di beberapa unggahan pengguna. Sementara, dengan adanya fitur Search atau pencarian, pengguna tidak cuma bisa mencari pengguna lainnya, tetapi dapat mencari sebuah konten tertentu.

Baca Juga: Waspada! Aplikasi Scamming yang Nyamar Jadi Threads

Fitur Web Search Platform di Threads

Web Search Platform di Threads

Tentu saja, di samping itu, fitur Threads berupa “#” atau hashtag (tagar) seperti yang ada di Twitter, juga jadi salah satu yang banyak diminta oleh pengguna Threads. Hal ini menjadi pertaruhan bagi Meta, mengingat lebih dari setengah penggunanya belum aktif menggunakan Threads sebagai aplikasi sosial media.

Dengan tingkat retensi pengguna seperti itu mungkin diharapkan, terutama untuk aplikasi media sosial yang baru lahir yang masih menyempurnakan fitur-fiturnya. Apalagi Threads sempat meraup lebih dari 100 juta pengguna hanya dalam lima hari usai diluncurkan.

Karena Threads bertujuan untuk lebih memantapkan pijakannya, memperkenalkan fungsi pencarian yang komprehensif akan menjadi game changer. Bagi para profesional, terutama jurnalis, kemampuan untuk mencari di dalam postingan sangatlah penting.

Pencarian Twitter sering berperan penting dalam mencari atau memvalidasi berita. Dengan fitur-fitur yang akan datang ini, Threads mungkin akan menjadi hal besar berikutnya di dunia media sosial.

Artikel berjudul Threads Bakal Punya Fitur Web Search dan Platform Desktop yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/7iKDlWA
via IFTTT