China, Gizmologi – Setelah menghadirkan Xiaomi 13 Series dengan kamera Leice dan versi Ultra yang mengusung kamera superior, kini Xiaomi siap memperbarui seri foldable terbaiknya. Xiaomi Mix Fold 3 bakal diperkenalkan pertengahan bulan Agustus, membawa inovasi pada sektor desain dan kamera.

Dibocorkan langsung oleh pihak resmi, Xiaomi siap hadirkan pesaing dari Galaxy Z Fold 5 maupun OPPO yang dikabarkan tengah bersiap hadirkan seri Find N terbarunya dalam waktu dekat—bahkan sertifikasi TKDN sudah terbit untuk siap dipasarkan di Tanah Air. Generasi sebelumnya, Mix Fold 2 masih sekadar hadir di negara asalnya, alias tidak rilis global.

Sementara di Indonesia, sejak awal tahun baru disiapkan beberapa seri kelas menengah dan entry-level saja. Termasuk Redmi 12 yang hadir memenuhi kebutuhan konsumen di harga mulai dari sejutaan, sampai Redmi Note 12 Series yang sudah turun harga. Dan varian tablet terbarunya, Xiaomi Pad 6 yang sempat sold out untuk varian dengan keyboard dan stylus.

Baca juga: Menjajal Xiaomi Pad 6, Ini Perbedaannya dengan Xiaomi Pad 5

Desain Dibuat Lebih Tipis

Xiaomi Mix Fold 3

Diunggah dan diumumkan langsung oleh sang CEO, Lei Jun, Xiaomi siap memperkenalkan Mix Fold 3 pada 14 Agustus mendatang. Dalam sebuah banner di atas, tertulis bila flagship foldable Xiaomi satu ini bakal membawa standar baru untuk perangkat layar lipat. Peluncurannya bakal ditayangkan secara langsung lewat situs resmi Xiaomi China.

Beberapa waktu sesudah umumkan tanggal perilisan, Xiaomi juga mengunggah lebih banyak foto yang menampilkan desain Mix Fold 3, membawa tiga kata kunci utama yaitu tipis, elegan, dan premium. Setidaknya bakal tampil dalam dua opsi warna berbeda, bentuk modul kameranya sedikit berubah, membawa logo kamera Leica.

Xiaomi Mix Fold 3

Dari beberapa foto yang diunggah, Mix Fold 3 memang terlihat sangat tipis, dan bisa dibuka dengan sudut kemiringan yang beragam. Dalam sebuah teaser, Xiaomi juga menunjukkan struktur hinge alias mekanisme lipat terbaru—ditujukan supaya profilnya bisa dibuat lebih tipis.

Dikutip dari Gizmochina, peluncuran Mix Fold 3 nantinya dikabarkan bakal dibarengi dengan sejumlah produk Xiaomi baru lainnya. Termasuk Xiaomi Pad 6 Max dengan dimensi layar besar 14 inci, serta Redmi K60 Ultra yang mengusung layar 6,7 inci dengan dukungan fast charging 120W.

Kamera Mix Fold 3 Punya Sensor Periskop

Xiaomi Mix Fold 3

Bagaimana dengan bocoran spesifikasi Mix Fold 3? Menjadi flagship rilisan 2023, smartphone ini bakal mengusung cip Snapdragon 8 Gen 2, dengan kapasitas baterai sebesar 4,800 mAh dan fast charging 67 watt. Yang menarik adalah spesifikasi kameranya, juga didukung oleh Leica seperti Xiaomi 13 Series.

Seperti yang terlihat pada sejumlah gambar di atas, terlihat bila kamera Mix Fold 3 bakal memiliki empat sensor berbeda. Untuk fleksibilitas tinggi, bakal ada sensor ultra-wide 15mm yang super lebar, sampai telefoto berjenis periskop 115mm. Di pasaran, tidak banyak smartphone layar lipat dengan jenis sensor tersebut.

Sampai saat ini, baru Google Pixel Fold dan Huawei Mate X3 saja yang juga ikut mengusung sensor periskop. Sementara Samsung dengan Galaxy Z Fold 5, masih membawa jenis telefoto biasa dengan 3x optical zoom.

Artikel berjudul Xiaomi Mix Fold 3 Siap Rilis 14 Agustus, Bawa Desain Tipis & Kamera Leica yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/8127lEI
via IFTTT