Cupertino, Gizmologi – Ada hal yang menarik ketika Apple mengadakan acara peluncuran Apple Event untuk meluncurkan iPhone 15 Series beberapa waktu lalu. Dalam presentasinya, disebutkan bila AirPods Pro mendapatkan pembaruan dengan port USB-C, sama dengan iPhone terbaru, demi kemudahan dalam pengisian daya.

Ya, meski AirPods Pro generasi kedua masih tergolong baru, Apple sudah kembali menghadirkan pembaruan pada earphone TWS kelas flagship-nya. Hal tersebut secara otomatis meninggalkan AirPods Max, headphone pertama Apple, yang masih gunakan port Lightning jadul. Rumor menyebutkan bila aksesori tersebut bakal mendapatkan pembaruan, agar tidak tersalip dengan headphone Beats terbaru.

Selain hardware yang diperbarui, Apple memang tengah siap menghadirkan sejumlah fitur atau kemampuan baru ke AirPods Pro lewat pembaruan iOS 17. Siap hadir 18 September, konsumen bisa menikmati sistem active noise cancellation baru. Mirip seperti Sony, secara otomatis bakal membiarkan suara luar terdengar ketika perangkat mendeteksi penggunanya sedang ingin berbicara.

Baca juga: Apple Watch Series 9 Punya Chipset Baru, Mendukung Gestur Double Tap

AirPods Pro Terbaru Kantongi Sertifikasi IP54

AirPods Pro 2nd Gen USB-C 001

Dengan menggunakan port USB-C, pengguna iPhone 15 dapat mengisi daya AirPods Pro generasi kedua mereka secara lebih mudah, yakni menggunakan kabel USB-C ke USB-C yang kini sudah banyak digunakan untuk smartphone Android sampai laptop modern sekalipun. Lewat gambar resmi yang diunggah Apple, nampak sebuah kabel USB-C yang gunakan material braided.

Tidak hanya perubahan port saja, Apple juga memperbarui perlindungan perangkat secara menyeluruh. Baik charging case maupun earbud AirPods Pro dengan USB-C ini sama-sama membawa sertifikasi IP54, sehingga kini lebih tahan dari debu serta cipratan air. Membuatnya aman untuk penggunaan luar ruangan, termasuk ketika berolahraga. Masih ada satu fitur baru yang menarik namun sayangnya dibuat sangat terbatas.

Mengejar keunggulan earphone TWS lainnya yang bisa berikan Hi-Res Audio, Apple AirPods Pro generasi kedua dengan port USB-C juga bakal mendukung Lossless Audio. Sayangnya, disebutkan bila fitur ini hanya dibatasi saat tersambung ke Apple Vision Pro—sebuah produk yang hingga saat ini masih belum tersedia di pasaran.

Fitur Lossless Audio memanfaatkan cip H2 pada masing-masing perangkat tersebut, sehingga dapat mengantarkan suara dalam standar 20-bit 48kHz. Sangat disayangkan ketika fitur ini tidak dibawa ke iPhone 15 Series, mengingat kini sudah banyak smartphone Android terjangkau yang sudah mendukung lossless audio.

Semua Pengguna AirPods Pro 2nd Gen Dapat Fitur Baru

AirPods Pro 2nd Gen USB-C 001

Kabar baiknya, harga AirPods Pro generasi kedua dengan port USB-C masih sama, yakni USD249 atau sekitar Rp3,8 jutaan. Aksesori ini tersedia di Amerika Serikat dan lebih dari 30 negara tertentu, mulai 22 September 2023 mendatang. Selain itu, juga tersedia EarPods versi USB-C, dijual seharga USD19 (Rp291 ribuan).

Bagi Gizmo friends yang sudah menggunakan AirPods Pro generasi kedua dengan port Lightning, jangan khawatir. Karena bakal mendapatkan sejumlah fitur baru yang hadir melalui iOS 17. Salah satunya adalah Adaptive Audio yang secara otomatis mengurangi noise yang sangat tinggi seperti suara penyedot debu, alat konstruksi dan lainnya, agar tidak merusak pendengaran.

Lalu ada Personalized Volume yang memanfaatkan machine learning untuk mengatur volume otomatis sesuai tingkat keramaian. Serta yang paling menarik, yakni Conversation Awareness, di mana suara musik bakal turun secara otomatis sekaligus mereduksi noise. Kemudian meningkatkan suara dari orang di sekitar ketika kita sedang ingin berbicara tanpa melepas earbud.

Artikel berjudul Apple Perbarui AirPods Pro dengan USB-C & Lossless Audio Khusus Untuk Vision Pro yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/oltiM6G
via IFTTT