Bukan persoalan suaran yang lebih nendang. Di luar ini, ternyata teknologi audio seperti Dolby Atmos dan DTS:X memiliki keunggulan tersendiri yang layak dipertimbangkan.

Bagi kamu audiophile atau yang menginginkan sistem audio untuk home theatre, tidak perlu bingung untuk memilih antara Dolby Atmos dan DTS:X, di mana keduanya merupakan pemimpin di segmen ini.

Meskipun di atas kertas keduanya memiliki fitur dan teknologi yang sama, namun masing-masing memiliki pendekatan yang berbeda terhadap suara surround yang bisa membuat perbedaan besar.

Sebelum mengungkapkan keunggulan di antaranya, berikut ini adalah spesifikasi dari masing-masing nama yang bisa menjadi referensi untuk perspektif dalam memilih sistem audio untuk home theatre:

Dolby Atmos vs. DTS X

Dolby Atmos Lebih Unggul Dibandingkan DTS:X?

Dolby Atmos ok

1. Ketersediaan Konten

Dolby Atmos mendukung konten yang lebih beragam. Artinya, dalam konsumsi konten sehari-hari memungkinkan kamu menemukan konten yang didukung Dolby Atmos dibandingkan DTS:X.

Dolby Atmos didukung oleh layanan streaming populer (Netflix, Disney+, Amazon Prime Video), konsol game, dan bahkan PC Windows. Sedangkan DTS:X sebagian besar terbatas pada cakram Blu-ray dan beberapa layanan streaming seperti Disney+ dan HBO Max.

2. Dukungan Hardware dan Konfigurasi

Perbedaan besar antara Dolby Atmos dan DTS:X adalah jumlah speaker yang didukungnya. Seperti pada tabel di atas, Dolby Atos mendukung jumlah speaker dua kali lipat dibandingkan DTS:X, masing-masing 64 dan 32 speaker.

Selain itu, Dolby Atmos memerlukan setidaknya 8 speaker untuk menghasilkan suara surround 5.1.2 dan 12 speaker untuk surround 7.1.4. Sementara untuk DTS:X hanya memerlukan enam speaker untuk surround 5.1.

Jika dihitung dalam jumlah speaker, memang logikanya DTS:X memiliki kualitas suara yang unggul. Namun, Dolby Atmos bisa membuat codec-nya lebih efisien, di mana bisa mengirimkan audio dengan kualitas yang sama atau lebih baik pada bit rate yang lebih rendah.

3. Kemudahan Penggunaan dan Pemasangan

Hampir sama banyaknya dengan dukungan konten, Dolby Atmos didukung sebagai besar perangkat TV dan audio premium. Pemasangannya juga terbilang sederhana, hanya mencolokkan semua speaker ke dekoder yang dicolokkan ke sumber audio.

Hanya saja Dolby Atmos tidak memberikan fleksibiltas, di mana hanya berfungsi pada peralatan yang didukung teknologinya, meskipun pengaturan lebih mudah. Dalam hal ini, DTS:X lebih unggul karena bisa didukungan pada perangkat apa saja.

Baca juga: Sony HT-S2000 Soundbar, Wireless Audio 5.1 dengan Dolby Atmos

Nah, dengan poin-poin yang sudah disebutkan di atas, apakah Gizmofriends sudah bisa menentukan sistem audio apakah yang bakal diterapkan di rumah?

Artikel berjudul Dolby Atmos VS dari DTS:X, Lebih Unggul Mana? yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/SQgBZ9V
via IFTTT