California, Gizmologi – Belum genap sebulan iPhone 15 diluncurkan Apple, tiba-tiba menyeruak rumor mengenai kehadiran iPhone 16. Apa menariknya?

Memang tidak banyak detail yang diungkap dar rumor ini. Namun berdasarkan informasi yang dlansir MacRumors, Kamis (28/9/2023), iPhone 16 akan memiliki tombol kapasitif tambahan.

Mengusung nama “Project Nova”, tombol tersebut memiliki kemampuan yang belum pernah ada pada perangkat iPhone sebelumnya, yakni Capture Button. Sesuai namanya, kemungkinan tombol ini berfungsi sebagai jalan pintas untuk lakukan screenshot atau menangkap gambar pada layar.

Kabarnya, fitur ini menjadi salah satu fitur dan nilai jual utama pada iPhone 16. Bahkan saat ini sudah melewati tahap pengujian awal.

Adapun tombol tersebut nantinya akan terletak di sisi yang sama dengan tombol Power, hanya saja diposisikan sedikit lebih rendah dan berlawanan dengan tombol volume.

Kehadirian Capture Button diharapkan bisa menjadi tombol kapasitif daripada tombol mekanis standar, yakni tidak bergerak saat ditekan. Sebaliknya tombol tersebut bisa mendeteksi tekanan dan sentuhan, memberkan umpan balik haptik melalui penggunaan mesin haptik.

Tombol-tombol tersebut juga diharapkan bisa berfungsi serupa seperti Home Button pada iPhone SE. Apalagi menurut sumber yang dipercaya, tombol kapasitif pada iPhone terbaru ini bisa menampilkan fungsionalitas sensor gaya yang mendetesi dan mengubah besaran gaya menjadi sinyal listrik.

iPhone 16 Melanjutkan Project Bongo?

Sekedar membalik waktu, ketika melakukan pengembangan iPhone 15 Pro, Apple sempat bereksperimen dengan tombol kapasitif pada iPhone dalam bentuk Project Bongo yang kemudian dibatalkan. Modul tombol pada proyek tersebut terdiri dari tombol Power dan Volume, namun tidak menyertakan tombol tambahan apa pun.

iPhone 16 okok

Alasan kenapa Project Bongo dibatalkan, karena selama pengembangan dilakukan hasilnya tidak memuaskan dan malah menimbulkan permasalah pada perangkat keras. Hal inilah yang akhirnya membuat para insiyur Apple untuk menata ulang tombol kapasitif untuk seri iPhone terbaru, di mana kali ini dengan sentuhan yang benar-benar baru.

Baca juga: iPhone 15 Pro Series Kini Punya Action Button & Sensor 5x Optical Zoom

Lalu apakah Capture Button merupakan kelanjutan dari Project Bongo yang telah digagalkan? Ternyata tidak. Tombol ini hanya akan muncul pada jajaran perangkat iPhone 16, bahkan untuk model basic iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Apakah menurut kalian fitur ini benar-benar membuat iPhone 16 series menjadi lebih spesial?

Artikel berjudul iPhone 16 Bakal Punya Tombol Kapasitif Tambahan yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/iwf9jDq
via IFTTT