Jakarta, Gizmologi – Telkomsel menghadirkan gebrakan terbaru dalam layanan asisten virtual miliknya. Veronika yang ada di MyTelkomsel kini semakin personal.

Ya, baru-baru ini Telkomsel mengumumkan bahwa pihaknya telah meningkatkan kapabilitas kanal layanan pelanggan asisten virtual Veronika dengan mengintegrasikan Microsoft Azure OpenAI Service. Dengan begitu, layanan Veronika kini makin canggih lagi dengan kemampuan berbasis AI yang memberikan pelayanan lebih baik lagi.

Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel untuk mengakses ChatGPT dan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) serta machine learning. Pemutakhiran Veronika ini dapat dinikmati di layanan Aplikasi MyTelkomsel. Kemampuan Veronika terbaru tersebut membuka peluang untuk hadirnya proses interaksi yang lebih natural dan intuitif dengan para pelanggan, serta memberikan pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.

Menurut Danang Andrianto, VP Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, sejak pertama kali dihadirkan di tahun 2017, kanal layanan virtual Veronika berkomitmen mempermudah pelanggan dalam memenuhi kebutuhan informasi hingga transaksi produk dan layanan Telkomsel melalui fitur berbasis chatbot yang terus dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi AI.

Dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika terus diklaim terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi AI terbaik yang menghadirkan kepandaian dalam memberikan solusi yang semakin akurat, serta pola interaksi yang lebih natural dan ekspresif.

“Kami berharap, layanan asisten virtual Veronika yang semakin cerdas ini dapat menjadi solusi untuk semua kebutuhan layanan pelanggan, sekaligus dapat memberikan pengalaman gaya hidup digital yang melebihi ekspektasi seluruh pelanggan Telkomsel,” ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima Gizmologi, Kamis (28/9/2023).

Sementara itu, Fiki Setiyono, Country Lead Azure GTM Microsoft ASEAN mengatakan bahwa integrasi Telkomsel dengan Azure OpenAI Service menghadirkan respons yang lebih baik dan kontekstual kepada pelanggan.

“Hal ini juga memungkinkan petugas customer-care untuk lebih fokus pada pertanyaan
yang memerlukan penanganan solusi,” ujarnya.

Kemampuan Veronika dalam Melayani Pelanggan

Serangkaian bahasa pemrograman berbasis Natural Language Processing (NLP) dan machine
learning yang kini diterapkan, memungkinkan Veronika untuk merespon dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih natural. Keunggulan fitur teknologi machine learning juga memungkinkan Veronika memahami kebutuhan atas produk dan layanan secara lebih mendalam, sehingga mampu menawarkan solusi yang sesuai dengan profil kebutuhan dan penggunaan pelanggan Telkomsel secara lebih spesifik.

Veronika

Dengan teknologi kecerdasannya saat ini, Veronika mampu merekomendasikan pilihan paket
produk yang sesuai dengan profil kebutuhan pelanggan, memberikan product knowledge, serta menjawab permasalahan pelanggan dengan lebih cepat dan semakin akurat. Seiring dengan pengintegrasian Azure OpenAI Service, Veronika juga akan terus berinovasi dan melakukan improvement mengikuti kemajuan teknologi.

Perbaikan tanpa henti sepertinya menjadi upaya Telkomsel untuk meningkatkan kecerdasan chatbot, sehingga ke depannya Veronika dapat menjadi asisten virtual terbaik, solutif, dan memahami pelanggan.

Saat ini, kapabilitas Veronika yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) terkini dari Microsoft Azure OpenAI Service dapat digunakan di Aplikasi MyTelkomsel.

Pelanggan dapat mengunduh Aplikasi MyTelkomsel dengan mudah di tsel.id/dlmytsel. Seluruh pelanggan dapat menyapa Veronika untuk mendapatkan solusi terbaik seputar produk dan layanan Telkomsel, seperti Telkomsel One, IndiHome, Orbit, MAXstream, dan produk unggulan Telkomsel lainnya.

Baca juga: Lazada Punya LazzieChat, Chatbot eCommerce Berbasis AI

Telkomsel juga membawa Veronika menjadi lebih dekat melalui platform media sosial, di mana masyarakat dapat mengikuti aktivitas dan perjalanan Veronika sebagai virtual influencer melalui akun Instagram @hai.veronika, serta berinteraksi secara lebih intensif layaknya sahabat atau kerabat dekat.

Buat Gizmofriends pengguna layanan Telkomsel, apakah sudah pernah menyapa Veronika?

Artikel berjudul Teknologi Berbasis OpenAI di Layanan Veronika MyTelkomsel Bikin Interaksi Makin Personal yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/PCzal4L
via IFTTT