Jakarta, Gizmologi – Pengguna WhatsApp di Indonesia akhirnya bisa menggunakan fitur WhatsApp Channel. Fitur baru ini memungkinkan pengguna memilih kanal tertentu dari tokoh maupun organisasi dan komunitas tertentu dengan pengikutnya.

Secara umum fitur WhatsApp Channel ini mirip dengan apa yang sudah ada di Instagram. Jadi, pengguna bisa mengikuti (follow) atau bergabung dengan Channel individu atau organisasi yang diinginkan.

Di dalam Channel, admin bisa memberikan informasi untuk para anggota atau followers lebih mudah. Bahkan Admin Channel bisa mengirimkan update dalam bentuk teks, foto, video, dokumen hingga reaksi tertentu.

“Kami percaya di WhatsApp bahwa Saluran ini adalah cara yang lebih privat untuk menerima informasi dari saluran-saluran yang ingin kita ikuti, bisa organisasi, bisa individu karena ini dipisahkan dari privat chat,” ujar Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Esther Samboh dalam keterangannya, Kamis (14/9/2023).

Ester menjelaskan WhatsApp Channel merupakan fitur opsional dan terpisah dari percakapan pribadi pengguna. Pengguna bebas mengikuti Channel yang disukai, dan bisa mengakses Channel lewat tab Updates.

Tab Updates itu akan muncul di bilah navigasi dan menggantikan ikon status di aplikasi WhatsApp, jadi pengguna akan bisa mengakses Status dan Channel di satu tempat. Lewat itu, pengguna bisa mencari Channel yang ingin diikuti.

WhatsApp juga menyediakan filter untuk melihat Channel yang paling populer, paling baru, paling aktif, atau semua Channel. Pengguna juga bisa melihat preview konten yang diunggah Channel dalam 30 hari terakhir.

“Tidak ada nomor handphone yang terlihat di saluran, bahkan kita juga tidak tahu nomor admin sehingga kita tidak bisa private message ke adminnya. Itulah mengapa kita menganggap Saluran itu sebagai saluran siaran satu arah yang paling privat, dan semua pilihan dan kontrol ada di pengguna untuk mengikuti atau berhenti mengikuti saluran yang ada di WhatsApp,” jelas Esther.

Baca Juga: Tampilan WhatsApp Bakal Dirombak Total Sama Meta

Fitur WhatsApp Channel

WhatsApp Channel

Saat ini sudah ada ribuan Channel yang bisa diikuti pengguna WhatsApp di Indonesia, termasuk musisi seperti Olivia Rodrigo dan David Guetta, hingga klub olahraga seperti FC Barcelona dan Real Madrid. Beberapa organisasi Indonesia juga sudah memiliki Channel di WhatsApp, termasuk BMKG dan Fremantle untuk acaranya seperti X Factor Indonesia dan Indonesian Idol.

Konten yang dibagikan di Channel akan diurutkan secara kronologis sesuai waktu unggahnya. Karena sifatnya merupakan komunikasi satu arah, pengguna tidak bisa mengomentari konten yang diunggah oleh admin Channel, tapi pengguna bisa memberikan reaksi dalam bentuk emoji.

Saat ini hanya organisasi dan individu dengan akun centang hijau yang sudah menjadi mitra Meta dan WhatsApp yang bisa membuat Channel. “Nanti pada saat beberapa bulan ke depan, kami akan mulai mempertimbangkan untuk siapapun bisa membuat Saluran di WhatsApp,” ujarnya.

Fitur WhatsApp Channel ini akan digulirkan secara bertahap untuk pengguna Android dan iOS. Jika belum mendapatkan fitur tersebut jangan berkecil hati, pengguna disarankan untuk memperbarui aplikasi WhatsApp di perangkatnya ke versi terbaru untuk menjajal fitur baru ini.

Artikel berjudul Fitur Baru WhatsApp Channel, Saluran Resmi Berbagi Informasi Terkini yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/IUN3V8Y
via IFTTT