Jakarta, Gizmologi – Google memperpanjang umur Chromebook hingga 10 tahun lamanya. Dengan begitu pengguna Chromebook masih akan mendapat dukungan software dari ChromeOS lebih lama dari sebelumnya.

“Setiap Chromebook yang dirilis tahun 2021 dan seterusnya akan mendapatkan pembaruan software hingga 10 tahun,” tulis Google dalam keterangan resminya, Jumat (22/9/2023).

Di Indonesia, Google Chromebook memang tidak begitu populer bila dibandingkan dengan perangkat laptop maupun tablet. Meski begitu di negara asalnya, Amerika Serikat (AS) Chromebook menjadi salah satu perangkat edukasi populer atau 80 persen digunakan di sektor pendidikan.

Google juga telah memperbarui dokumen Kedaluwarsa Pembaruan Otomatis (AUE) untuk memasukkan informasi baru. Di mana sebelumnya dukungan Chromebook hanya delapan tahun saja, kini bisa diperpanjang jadi lebih lama.

Selain memberikan dukungan software lebih lama, Google juga memberikan sejumlah peningkatan, seperti pengisian daya adaptif ke Chromebook. Hal ini memungkinkan pengguna Chromebook dapat mempertahankan battery health di angka 80 persen untuk jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga: MediaTek Siap Merambah Perangkat IoT & Chromebook Lokal di Indonesia

Umur Chromebook jadi lebih panjang

Umur Chromebook jadi lebih lama

“Kami memastikan Chromebook lebih berkelanjutan dalam hal perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam beberapa bulan ke depan, kami akan meluncurkan fitur baru yang hemat energi ke sebagian besar platform yang kompatibel,” tulis Google.

Kemampuan adaptive charging ini juga sudah diadopsi banyak ponsel, tablet maupun laptop terbaru. Fitur pengisian daya adaptif itu nantinya juga akan tersedia di Chromebook mana pun setelah pembaruan dirilis.

Sejauh ini, Google telah bermitra dengan Acer, ASUS, Dell, HP, dan Lenovo untuk memproduksi Chromebook. Kemitraan itu juga meliputi proses pembuatan material laptop menggunakan plastik yang berasal dari barang daur ulang untuk chromebook baru.

Artikel berjudul Google Perpanjang Umur Chromebook hingga 10 Tahun yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/0mqNQKo
via IFTTT