Jakarta, Gizmologi – Microsoft dikabarkan akan segera menghentikan dukungan untuk aplikasi WordPad. Terlebih perangkat lunak berbasis editor dokumen dasar ini sudah hadir di Sistem Operasi (OS) Windows, sejak tahun 1995.

Microsoft mengumumkan kabar ini lewat situs resminya pada awal September 2023. Di mana WordPad tidak akan lagi menerima pembaruan apa pun dari Microsoft dan akan dihapus dalam rilis Windows di masa mendatang.

“WordPad tidak lagi diperbarui dan akan dihapus pada rilis Windows mendatang,” ujar Microsoft dalam postingan blog resminya, seperti dikutip Gizmologi, Senin (4/9/2023).

Belum bids dipastikan kapan pembaruan Microsoft untuk Windows akan digulirkan. Namun, bocoran menunjukkan bahwa OS Windows 12 kemungkinan besar akan dirilis pada akhir 2024.

Postingan tersebut juga menegaskan bahwa, setelah WordPad resmi dihapus. Perusahaan merekomendasikan penggunaan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti tipe .doc dan .rtf atau Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt.

Microsoft WordPad sedianya memiliki tampilan dan fitur mirip Microsoft Word. Perbedaan utamanya, WordPad memungkinkan pengguna melihat dokumen teks dalam berbagai format umum dan melakukan pengeditan dasar.

Sementara Word memiliki lebih banyak fungsi pengeditan dan pencetakan teks tambahan dibandingkan Wordpad yang jauh lebih sederhana. Di mana perangkat lunak ini masih bisa ditemukan dan digunakan di Windows 11 versi OS build 22621.2134.

“Kami merekomendasikan Microsoft Word untuk dokumen teks kaya seperti .doc dan .rtf dan Windows Notepad untuk dokumen teks biasa seperti .txt,” kata Microsoft.

Baca Juga: Microsoft Paint Bakal Gunakan AI di Update Windows 11

WordPad Bakal Pensiun dari OS Windows

Microsoft WordPad

Melansir The Verge, WordPad sudah lama tidak mendapatkan perhatian dari Windows. Terakhir kali aplikasi pengolah kata ini diperbarui dengan antarmuka Ribbon UI Windows 7, pembaruan ini menampilkan tujuh tab baru meliputi Home, Insert, Page layout, References, Mailing, Review, dan View.

Sayangnya, setelah mendapatkan sedikit desain ulang pada Windows 8, WordPad tidak lagi mendapatkan perombakan apapun. Berbeda nasib dengan WordPad, NotePad yang juga sudah lama tak mendapatkan pembaruan, justru mendapatkan sejumlah pembaruan besar mulai 2018.

Besar kemungkinan, keputusan Microsoft dengan menghapus WordPad sepenuhnya dalam rilis Windows di masa mendatang. Lebih dikarenakan Microsoft berniat untuk menghadirkan lebih banyak aplikasi dengan fitur yang ditenagai AI maupun kecerdasan buatan.

Artikel berjudul Microsoft Pensiunkan WordPad, Setelah 28 Tahun Ada di Aplikasi Windows yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/bNOzyEf
via IFTTT