Jakarta, Gizmologi – XL Axiata dan PLN menjalin kerja sama strategis untuk mengintegrasikan layanan produk kedua belah pihak dan menggali potensi untuk menciptakan solusi bisnis secara berkelanjutan. Melalui kolaborasi ini, keduanya akan mengoptimalkan pemanfaatan digitalisasi dan teknologi automisasi yang dimiliki. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan publik dan juga memberikan dampak positif bagi bisnis perusahaan.

Baca juga: Tenang! XL Axiata Bisa Reaktivasi Nomor Ponselmu yang “Hangus”

Menurut Yessie D. Yosetya, Direktur & Chief Enterprise and Corporate Affairs Officer XL Axiata, pihaknya memiliki komitmen untuk berinovasi dan terus meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan. Inisiasi kerja sama ini memiliki latar belakang yang tidak terlepas dari hal tersebut. “Kami sangat yakin kerja sama antara XL Axiata dan PLN ini memiliki potensi yang saling menguatkan dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan juga memberikan dampak yang baik bagi masing-masing perusahaan,” ujar Yessie di Jakarta (29/9).

Sementara itu, Edi Srimulyanti, irektur Retail dan Niaga PLN, mengatakan, mlalui kemitraan yang strategis ini, PLN akan memberikan dukungan untuk infrastruktur jaringan XL Axiata melalui penyediaan tenaga listrik atau PLN-isasi untuk menara BTS XL Axiata. “Mulai dari peningkatan akurasi konsumsi listrik dengan penyediaan Advance Metering Infrastructure (AMI), Automatic Meter Reading (AMR), yang semua itu akan dapat mempermudah XL Axiata memonitoring pemakaian kWh di seluruh menara BTS XL Axiata,” ujarnya.

Kolaborasi XL Axiata dan PLN

PLN XL Axiata

Yessie menambahkan, melalui kerja sama ini, XL Axiata akan menerapkan smart metering dengan menggunakan Advance Metering Infrastructure (AMI), Automatic Meter Reading (AMR) yang akan mempermudah memonitoring pemakaian dan meningkatkan efisiensi konsumsi listrik di seluruh menara BTS XL Axiata.

Selain itu, kerja sama XL Axiata maupun PLN ini juga akan mewujudkan dukungan satu sama lain. Dari XL Axiata akan memberikan dukungan terkait potensi kerja sama dalam kemitraan produk voucher PLN yang akan diintegrasikan ke dalam ekosistem touchpoints milik XL Axiata dan potensi kerja sama solusi business-to-business. XL Axiata sangat yakin kerjasama ini akan memberikan manfaat bagi masing-masing pelanggan.

Berdasarkan data yang ada, tercatat sebanyak 98% menara BTS XL Axiata sudah terkoneksi dengan jaringan infrasruktur PLN. Saat ini XL Axiata sedang berupaya melakukan transformasi bertahap menggunakan layanan prabayar meter dan melakukan update meter menggunakan AMI dan AMR untuk layanan pascabayar meter yang hingga saat ini masih digunakan XL Axiata. Ke depan, XL Axiata berupaya turut berkontribusi akselesari digitalisasi dan automisasi di PLN dengan melakukan migrasi layanan prabayar untuk sekitar 40% layanan pascabayar yang ada saat ini.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani 58 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 38 provinsi Indonesia. Didukung lebih dari 150 ribu BTS dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas

Artikel berjudul Monitoring Konsumsi Listrik BTS, XL Axiata Akan Terapkan Smart Metering PLN yang ditulis oleh Bambang Dwi Atmoko pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/GAUCw0J
via IFTTT