Jakarta, Gizmologi – Setelah lebih dari satu tahun debut sebagai smartphone terbaik Apple, tidak terasa kini sudah saatnya iPhone 14 Series mendapatkan suksesor terbaru. Peluncuran iPhone 15 Series pun siap diadakan tengah malam nanti, lewat acara tahunan Apple Event yang memang umumnya diselenggarakan pada bulan September.

Peluncuran iPhone 15 Series nanti sangat dinantikan oleh warganet, karena pada akhirnya Apple siap untuk menggantikan konektor Lightning ke USB-C. Hal ini dilakukan karena Apple perlu mengikuti regulasi Eropa, di mana smartphone yang dipasarkan di sana harus menggunakan jenis port umum tersebut. Selain iPhone 15 Series, kabarnya bakal ada sejumlah perangkat lain yang siap diumumkan.

Yakni Apple Watch Series 9 serta Apple Watch Ultra 2, di mana keduanya dikabarkan bakal mengusung daya tahan baterai lebih awet, namun tidak ada banyak perubahan signifikan. Seperti biasa, peluncuran iPhone 15 Series pada gelaran Apple Event bakal disiarkan secara live, langsung melalui situs resmi Apple maupun kanal YouTube resminya.

Baca juga: Perlahan Meninggalkan China, Apple Mulai Produksi iPhone 15 di India

Tonton Peluncuran iPhone 15 Series

Peluncuran iPhone 15 Series memang diadakan pada 12 September 2023. Namun karena perbedaan zona waktu, di Indonesia bakal berlangsung tepat pada pukul 00:00 WIB pada 13 September, alias tengah malam. Gizmo friends bisa melihatnya secara langsung melalui video embed di atas, termasuk tayangan ulangnya yang umumnya bisa diakses selang beberapa jam setelah acara peluncuran selesai.

Ya, kabar baiknya, tak seperti beberapa tahun lalu yang hanya bisa ditonton dari peramban Safari lewat perangkat Apple, acara tersebut kini bisa dilihat secara mudah lewat YouTube. Seperti rumor yang sudah bermunculan sebelumnya, peluncuran iPhone 15 Series bakal ‘dihadiri’ oleh empat varian berbeda.

Yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Meski berbeda-beda, keempat seri ini dikabarkan bakal memiliki lebih banyak kesamaan. Tentunya selain menggunakan port USB-C, juga sudah senada dengan Dynamic Island untuk menyematkan sistem kamera Face ID di depan. Serta tombol mute switch yang diganti dengan tombol serupa action button pada Apple Watch Ultra.

Rumor Keunggulan iPhone 15 Series

bocoran harga iPhone 15 Series - peluncuran iphone 15 series
Desain dan bocoran harga iPhone 15 Series

Lantas apa saja perbedaan dari iPhone 15 versi biasa dengan iPhone 15 Pro Series? Dari rumor yang sudah beredar, kecepatan transfer datanya bakal dibuat berbeda, dengan varian Pro yang bisa mendapat dukungan standar Thunderbolt, meski bentuk port-nya sama. Selain itu, varian Pro juga dikabarkan bakal mengusung frame berbahan titanium.

Bahan tersebut bakal jauh lebih kuat sekaligus jauh lebih ringan. Bezel layar iPhone 15 Pro juga dikabarkan lebih tipis dari 2,17mm menjadi 1,55mm saja. juga tentu perbedaan bakal ada pada penggunaan chipset, di mana Apple siap memperkenalkan cip A17 dengan proses fabrikasi 3nm.

bocoran warna iPhone 15 Pro
Bocoran opsi warna iPhone 15 Pro Series

Yang menarik, Apple nampaknya bakal mengulang hal yang sama seperti iPhone 12 Pro Series pada peluncuran iPhone 15 Series nantinya. Pasalnya, iPhone 15 Pro Max bakal membawa sensor telefoto berbeda dibandingkan versi Pro biasa. Disebut akhirnya menggunakan jenis periskop yang bisa memberikan zoom optikal hingga 5-6x.

Sensor periskop memang membutuhkan ruang yang cukup besar, sehingga wajar bila hanya hadir di varian Pro Max yang secara dimensi signifikan lebih bongsor. Benar atau tidaknya semua rumor yang disebutkan di atas, dapat kita buktikan bersama pada peluncuran iPhone 15 Series yang siap berlangsung kurang dari 24 jam nanti.

Artikel berjudul Nanti Malam! Tonton Peluncuran iPhone 15 Series Secara Live di Sini yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/jlMI0gc
via IFTTT