Inggris, Gizmologi – Walau sudah lama hengkang dari industri smartphone Tanah Air, Sony tetap merilis seri smartphone baru setiap tahunnya. Setelah “versi besar”, kini hadir Xperia 5 V yang menjadi opsi flagship kompak dengan chipset bertenaga. Tentunya dengan banderol harga premium.

Ya, kalau Apple rilis iPhone dalam dimensi normal serta dimensi besar lewat seri Plus, Sony masih memilih untuk memberikan dua opsi smartphone dengan opsi layar kecil sebagai alternatif. Saat ini, tidak banyak yang memberikan opsi serupa, selain Samsung dan ASUS—mengingat Xiaomi 13 sudah mengusung dimensi layar mencapai lebih dari 6,3 inci.

Hadir sebagai opsi lebih kompak, dimensi Xperia 5 V dibuat sedikit lebih berat dan lebih tebal, meski memang 180 gram masih tergolong lebih ringan dibandingkan smartphone yang rilis belakangan. Tetap membawa sertifikasi IP68, dan tersedia dalam tiga opsi warna; Black, Blue, serta Platinum Silver. Bagaimana dengan spesifikasi lainnya?

Baca juga: Sony WF-1000X M5, TWS Noise Cancellation Harga Rp4,3 Jutaan

Xperia 5 V Masih Punya Audio Jack

Sony Xperia 5 V

Dibandingkan Xperia 1 V yang sudah rilis duluan, spesifikasi Xperia 5 V memiliki banyak kesamaan. Salah satunya chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang membawa efisiensi daya lebih baik, dipasangkan bersama kapasitas RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Meski dimensinya kecil, Sony masih bisa menyematkan kapasitas baterai cukup besar, mencapai 5,000 mAh.

Baterai Xperia 5 V mendukung fast charging 30W (50% dalam 30 menit), serta fast wireless charging hingga 18W. Tidak hanya itu, jack audio juga masih disediakan oleh Sony, ketika smartphone mid-range masa kini sudah mulai meniadakan opsi tersebut. Ditambah speaker stereo, sampai standar Hi-Res Audio.

Sony Xperia 5 V

Untuk dimensi layarnya, masih sama seperti generasi sebelumnya. Di mana Xperia 5 V memiliki layar lebar dalam rasio 21:9, berukuran 6,1 inci dengan panel OLED. Resolusinya sendiri full HD+, dengan refresh rate maksimum 120Hz. Sudah terlindung oleh Corning Gorilla Glass Victus 2, dan mendukung konten HDR. Sayangnya, belum berjenis LTPO, alias bukan yang paling efisien daya.

Harga Sony Xperia 5 V Setara Galaxy Z Flip5

Sisi belakang Xperia 5 V terlihat lebih sederhana dari generasi sebelumnya. Sony masih gunakan material kaca dengan finishing matte. Namun di sisi atas kiri perangkat, terlihat sensor kameranya kini hanya ada dua. Sensor utama kamera Xperia 5 V dibuat sama dengan Xperia 1 V, punya resolusi maksimum 52MP berdimensi cukup besar di 1/1,35 inci.

Sony Xperia 5 V

Dengan focal length 24mm dan OIS, sensor Exmor T tersebut memiliki resolusi efektif 48MP untuk ambil gambar, gunakan teknologi pixel-binning dengan resolusi akhir 12MP. Lewat sensor baru ini, Sony Xperia 5 V bisa berikan 2x zoom sekelas optik. Sementara sensor kedua yang berada di sebelahnya adalah sensor 12MP ultra-wide 16mm yang mendukung dual-pixel autofocus, sehingga bisa digunakan untuk foto makro.

Di depan, terdapat sensor 12MP yang bisa dimanfaatkan untuk swafoto. Menjalankan Android 13, Sony masih belum secara gamblang umumkan tanggal perilisannya, namun bakal dimulai pada bulan September 2023 ini. Harganya? Mencapai 999 Euro atau sekitar Rp16 jutaan. Harga yang cukup mahal untuk sebuah smartphone flagship mungil dengan spesifikasi gahar.

Artikel berjudul Sony Xperia 5 V Hadir Bawa Kamera Lebih Superior, Tak Lagi Punya Tiga Kamera Belakang yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/B0zp4Tg
via IFTTT