Jakarta, Gizmologi – Perusahaan teknologi, Amazon berhasil meluncurkan satelit internet pertamanya ke luar angkasa beberapa waktu lalu. Menggunakan Roket Atlas V milik United Launch Alliance membawa dua satelit Project Kuiper pertama ke orbit rendah Bumi.

Bisa dikatakan, peluncuran roket dalam misi Protoflight ini berlangsung sukses. Di mana Amazon telah mengerjakan Project Kuiper, yang merupakan inisiatif satelit internet mirip Starlink.

Melansir dari laman Space, Kamis (12/10/2023), misi Protoflight ini menjadi batu loncatan bagi Amazon untuk bisa terjun dalam kompetisi jaringan satelit internet. Dengan begitu, mereka bisa menantang Starlink milik Elon Musk, yang telah menawarkan internet satelit di banyak negara.

“Ini adalah pertama kalinya Amazon meluncurkan satelit ke luar angkasa, dan kami akan belajar banyak hal terlepas dari bagaimana misi tersebut dijalankan,” kata Vice President of Technology Project Kuiper, Rajeev Badyal.

Baca Juga: Amazon Kembangkan Alexa dengan AI, Hadirkan Percakapan Lebih Natural

Satelit Internet Amazon Kuiper

ilustrasi roket satelit Amazon Kuiper

Amazon mengatakan, tujuan dari Project Kuiper adalah untuk menawarkan layanan broadband yang cepat dan terjangkau, bagi komunitas yang belum terlayani dan kurang terlayani di seluruh dunia. Direncanakan, lebih dari 3.200 satelit akan tersebar selama enam tahun ke depan.

Nantinya, setelah memperoleh persetujuan regulator FCC, dan prototipe KuiperSat-1 dan KuiperSat-2 sebagai iterasi pertama. Selanjutnya, Amazon akan meluncurkan satelit produksinya pada paruh pertama tahun 2024, dengan pengujian beta dimulai ke beberapa pelanggan pada akhir tahun depan.

Peluncuran ini tentu jadi langkah besar Amazon untuk mengejar ketertinggalan dari SpaceX milik Elon Musk. Mengingat saat ini SpaceX telah meluncurkan lebih dari 5.000 Starlink dari Florida dan California, dihitung sejak satelit operasional pertamanya pada tahun 2019.

Artikel berjudul Satelit Internet Amazon Kuiper Siap Jadi Pesaing Starlink yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/WkNKMij
via IFTTT