Jakarta, Gizmologi – WhatsApp Voice Chat merupakan fitur baru yang dihadirkan untuk mempermudah obrolan bagi grup besar. Sebagai aplikasi pesan, WhatsApp tetap menghadirkan inovasi terbaru untuk penggunanya terutama untuk mempermudah komunikasi. Selain menghadirkan keamanan, namun WhatsApp terlihat berupaya untuk membuat penggunanya nyaman menggunakan platform dengan fitur yang diberikan.

Fitur yang paling banyak digunakan oleh banyak orang dengan aplikasi WhatsApp ialah membuat grup besar. Dalam grup besar tak semua orang bisa menyampaikan pesannya hanya melalui kata yang diketik ke dalam obrolan. Pastinya ada juga yang perlu menyampaikan pesan mereka melalui suara di aplikasi WhatsApp.

Sebelum hadirnya WhatsApp Voice Chat, ada beberapa fitur WhatsApp yang membantu pengguna bisa menyampaikan pesan melalui suara. Fitur tersebut ialah voice note dan panggilan grup. Namun dengan hadirnya WhatsApp Voice Chat membuat pengguna WhatsApp bisa lebih cepat menyampaikan pesan mereka.

Baca Juga: Capai 200 Juta Pengguna, WhatsApp Business Bakal Punya Fitur Baru Berbasis AI

Apa Itu WhatsApp Voice Chat?

WhatsApp Voice Chat

WhatsApp Voice Chat merupakan fitur yang berbeda dengan panggilan video di dalam grup. Fitur ini akan muncul, bila di grup yang kalian miliki berjumlah 33 anggota atau lebih. Bila dibawah angka tersebut, fitur panggilan grup lah yang tersedia di aplikasi WhatsApp.

Dengan hadirnya fitur WhatsApp Voice Chat, kalian bisa merasakan momen seru dalam pertandingan sepak bola hingga berbagi berita dengan keluarga besar. Kalian hanya perlu berbicara dengan sebagian anggota grup yang ada, sambil tetap terhubung melalui pesan dengan yang lainnya.

Fitur WhatsApp ini berbeda dengan panggilan grup yang bisa berdering ke semua anggota grup. WhatsApp Voice atau obrolan suara dimulai dengan munculnya gelembung dalam chat (in-chat bubble) yang bisa diketuk oleh pengguna untuk dapat segera bergabung. Bila di waktu tersebut kamu tidak bisa bergabung, kamu tetap bisa menemukan fiturnya di bagian atas chat.

Tak hanya itu, kamu juga membisukan atau menutup atau mengirim pesan ke grup tanpa harus meninggalkan percakapan yang sudah ada. Cara kerjanya terlihat sama dengan panggilan grup, namun WhatsApp Voice Chat terlihat lebih mudah dijangkau karena berada di satu halaman yang sama, sedangkan panggilan grup berbeda halaman.

Untuk soal kenyamanan, WhatsApp meyakinkan kembali dalam rilisnya yang diterima Gizmologi (14/11/2023), fitur ini aman. Seperti halnya panggilan dan pesan pribadi, WhatsApp juga melindungi obrolan suara dengan enkripsi end-to-end secara default.

Fitur ini sangat berguna bagi anggota grup yang tidak semuanya suka untuk berinteraksi suara lewat aplikasi WhatsApp. Dengan begitu pengguna bisa terhubung dalam obrolan dengan mengeluarkan suara langsung atau mengetik di ruang obrolan grup.

Selain itu, fitur WhatsApp Voice Chat juga lebih baik daripada panggilan grup yang berjumlah lebih dari 10. Mungkin di waktu kedepan, WhatsApp bisa melihat berapa banyak yang membutuhkan fitur ini, dan kemungkinan grup kecil juga membutuhkan fitur ini.

Baca juga: Inilah Pemenang Indonesia Gadget Award 2023, Rayakan Kolaborasi dan Inovasi Gadget Terbaik

Artikel berjudul WhatsApp Voice Chat Mempermudah Obrolan di Grup Besar yang ditulis oleh Zihan Fajrin pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/KQTjLJx
via IFTTT