Jakarta, Gizmologi – Aksi penipuan online masih kerap membayangi masyarakat. Pada periode 2017-2022, layanan Cekrekening.id dari Kementerian Kominfo, menerima sekitar 486.000 laporan dari masyarakat terkait tindak pidana informasi dan transaksi elektronik (ITE).
Baca juga: Tips Belanja Online Hemat Saat Tanggal Gajian

Dari angka tersebut, sekitar 83% di antaranya, atau 405.000 laporan, merupakan penipuan transaksi online. Kemudian, tindak pidana penipuan investasi daring fiktif mencapai sekitar 19.000 laporan, serta penipuan jual beli daring tercatat sebanyak 12.000 laporan. Penipuan online berkedok penawaran menggiurkan dari oknum mengatasnamakan institusi atau perusahaan ternama juga membayangi kegiatan e-commerce.

Fakta tersebut diperkuat Laporan Risiko Global 2022 dari Forum Ekonomi Dunia, yang menyebut sebanyak 95% insiden keamanan siber di dunia disebabkan oleh kesalahan manusia, termasuk karena fenomena FOMO (Fear Of Missing Out) atau khawatir ketinggalan momen terhadap info promo belanja besar-besaran seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

TIPS VOMO Hindari Penipuan Online

Digix BI-Fast
Ilustrasi transaksi online  (Foto: pexels/anna-shvets)

Berikut ini adalah empat tips VOMO untuk menghindari aksi penipuan online yang bisa kamu terapkan saat transaksi:

  1. Verifikasi
    Langkah pertama adalah verifikasi dengan mengecek marketplace yang dikenal. Kemudian jika mengunjungi website, pastikan akses melalui koneksi aman (https://). Saat download aplikasi lewat Playstore/App Store, cek penerbit, jumlah download hingga rating.
  2. Observasi
    Setelah langkah pertama beres, selanjutnya baca deskripsi produk saat akan membeli suatu barang. Perhatikan juga dengan harga yang wajar, kebijakan purna jual yang jelas seperti garansi retur
  3. Mudah akses info
    Sebaiknya bertranskasi di layanan online yang memiliki layanan pelanggan 24/7 baik itu melalui chat, inbox, email, media sosial maupun kanal lainnya. Juga perhatikan kemudahan pemilihan dan lacak pengiriman saat akan membeli sebuah barang secara daring.
  4. Ofisial
    Saat akan belanja sebuah produk, cek kredibilitas tokonya. Direkomendasikan beli di official store, yang disediakan oleh e-commerce ataupun toko yang terpercaya dengan rating tinggi dan penjualan banyak. Kemudian transfer hanya lewat platform, bukan rekening pribadi seller.

Eksperimen FOMO via Vomosho

Talk show Menekan Dampak FOMO dalam Tren Belanja Online yang digelar Blibli
Talk show Menekan Dampak FOMO dalam Tren Belanja Online yang digelar Blibli

Blibli (IDX: BELI) turut ambil bagian dalam program pemerintah untuk edukasi literasi digital dan budaya siber masyarakat sekaligus menjadi perwujudan komitmen tata kelola dan data privasi perseroan. Maraknya kasus penipuan online tersebut melatarbelakangi dilakukannya eksperimen sosial Vomosho.

Ini adalah website simulasi edukasi e-commerce yang digagas Blibli dari keresahan akan budaya FOMO dalam belanja masyarakat sehingga seringkali lalai dan menjadi sasaran dunia tipu-tipu. Bahkan akhir-akhir ini modusnya juga kian berkembang, mulai dari tawaran pekerjaan berbayar hingga komisi tugas yang menawarkan keuntungan berlipat ganda ala ponzi game.

Sepanjang Bulan September 2023, dibuatlah sebuah eksperimen sosial dengan serangkaian iklan online tipu-tipu yang menggiring masyarakat ke www.vomoshop.com untuk mengetahui seberapa rentan masyarakat Indonesia terkena tipu-tipu. Hasilnya mencengangkan; dari total 63.196 pengunjung Vomoshop ditemukan 4 dari 5 pengunjung situs memutuskan checkout belanja terhadap penawaran yang menggiurkan. Ini membuktikan mayoritas masyarakat masih rentan terjebak tipu tipu online akibat FOMO.

Lewat Gerakan Hindari Tipu-Tipu sebagai kelanjutan dari eksperimen sosial Vomoshop Blibli yang telah didukung oleh Kemkominfo RI, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), berbagai komunitas dan mitra, hingga para key opinion leaders (KOLs), menjadi momentum yang tepat untuk meluncurkan panduan hindari tipu tipu online #IngatVOMO. VOMO sendiri adalah akronim dari Verifikasi, Observasi, Mudah Akses Info, dan Ofisial rekening platformnya untuk bertransaksi online.

 

Artikel berjudul 4 Tips VOMO Hindari Penipuan Online Karena FOMO yang ditulis oleh Bambang Dwi Atmoko pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/EvXtKFP
via IFTTT