Jakarta, Gizmologi – Walaupun lebih dikenal untuk menampilkan konten video vertikal, tidak jarang konten yang ditampikan lewat aplikasi TikTok, dibuat secara horizontal. Selain smartphone, pengguna TikTok juga kerap mengaksesnya lewat perangkat lain seperti tablet dan foldable atau smartphone layar lipat. Untuk itu, kini aplikasinya diperbarui khusus dua jenis perangkat tersebut.

Melalui sebuah rilis, TikTok menyebutkan bahwa penting bagi pihaknya untuk terus memperbarui dan menyempurnakan aplikasi TikTok agar para penggunanya tetap bisa mengakses hiburan terbaik, selain jenis konten lain seperti konten edukasi maupun cara untuk mengungkapkan kreativitas masing-masing. Tidak terkecuali konten-konten viral yang juga banyak bermunculan di TikTok.

Selain aplikasi TikTok, Meta juga sudah melakukan langkah serupa, seperti memperbarui aplikasi Instagram agar tampil lebih pas pada layar smartphone layar lipat Galaxy Z Fold 5. Tidak lagi hanya tampil di porsi tengah layar atau dilebarkan, kini aplikasi Instagram bisa memanfaatkan porsi layar ekstra untuk menampilkan tombol dan pintasan praktis.

Baca juga: TikTok Ajak Tolak Misinformasi Pemilu 2024

Tampilan Aplikasi TikTok di Tablet Mendukung Mode Landscape

aplikasi tiktok foldable
Tampilan aplikasi TikTok dalam mode landscape di Galaxy Z Fold 5

Lantas apa saja yang baru di aplikasi TikTok untuk tablet dan foldable? “Orang-orang kini dapat menonton video favorit mereka di layar yang lebih besar dan merasakan tayangan video yang jelas, bilah navigasi yang disederhanakan, dan dukungan orientasi yang akan membawa perjalanan TikTok mereka ke tingkat berikutnya,” jelas pihak resmi TikTok lewat rilis resminya (18/12).

Setidaknya ada tiga fokus peningkatan yang dihadirkan. Yang pertama adalah video feed yang lebih jelas, mengingat layar tablet umumnya berukuran jauh lebih besar dari smartphone. Lalu bar navigasi juga dibuat lebih jelas pada bagian atas dan bawah layar, demi kemudahan untuk mengakses tab For You dan lainnya lebih instan.

Lalu pembaruan yang cukup penting adalah akhirnya aplikasi TikTok di perangkat tablet serta layar lipat bisa mendukung orientasi portrait ataupun landscape, tidak hanya salah satu saja. Dengan begitu pengguna lebih bebas menikmati tampilan konten dari layar yang lebih besar, sesuai dengan preferensi masing-masing.

“Sebagai bagian dari pengalaman ini, kami ingin terus bereksperimen dengan fitur seperti Topic Feeds, yang memungkinkan orang menjelajahi video dalam berbagai kategori seperti permainan, makanan, fashion, hingga olahraga.” Kita nantikan saja pembaruan aplikasi TikTok ke depannya.

Terus Perbarui Fitur Untuk Para Kreator

tiktok mobile effects creator

Bila Gizmo friends belum mendapatkan tampilan aplikasi TikTok terbaru, pastikan untuk melakukan pembaruan aplikasi ke versi terbaru di Apple AppStore atau Google Play Store. Umumnya pembaruan sejenis ini digulirkan secara bertahap ke semua pengguna, dan juga bersifat server-side. Alias harap bersabar bila memang masih belum mendapatkannya.

Sebelum membawa pembaruan tampilan, aplikasi TikTok juga baru saja menghadirkan opsi efek video baru mulai bulan November kemarin. Yakni melalui “mobile effect creation experience”, di mana para kreator bisa membuat efek sesuai keinginan mereka sendiri. Bisa langsung diakses lewat aplikasi TikTok yang ada di smartphone.

Caranya mudah, cukup masuk ke menu kreator, pilih opsi “Effects”, masuk ke tab “Create”, sentuh tombol plus (+), dan kamu bisa menambahkan obyek sesuka hati pada video. Obyek tersebut kemudian bisa dipasangkan dengan special effect khusus, dan bisa digabungkan bersama sejumlah template lainnya.

Artikel berjudul Aplikasi TikTok Diperbarui Khusus Tablet & Layar Lipat, Tampil Lebih Jelas yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/4ULJro9
via IFTTT