China, Gizmologi – Selain meresmikan flagship Android gamingnya, pekan ini ZTE juga hadirkan sebuah smartphone flagship baru yang lebih bersaing untuk segmen non-gamer. Mengusung desain sepenuhnya berbeda, nubia Z60 Ultra hadir dengan spesifikasi tiga kamera belakang yang superior namun juga unik.

Di Indonesia sendiri, ZTE sempat merilis sang flagship RedMagic 8S Pro pada pertengahan tahun, serta opsi lainnya yang lebih terjangkau. Namun begitu, ZTE Indonesia sempat mengatakan bila pihaknya siap hadirkan smartphone kelas premium nantinya di masa depan—menandakan potensi hadirnya sejumlah seri nubia dengan spesifikasi mentereng.

Smartphone flagship nubia memang menawarkan sejumlah keunggulan tersendiri. Baik seri RedMagic maupun nubia Z60 Ultra yang diluncurkan kali ini, sama-sama mengusung layar penuh di sisi depan. Di mana kamera depannya tersembunyi memanfaatkan teknologi under-display camera (UDC) mirip seperti kamera yang berada di layar lipat utama beberapa generasi terbaru Samsung Galaxy Z Fold.

Baca juga: Gandeng Leia, ZTE Rilis Tablet Nubia Pad 3D

nubia Z60 Ultra Membawa Kamera Under-Display Generasi Terbaru

ZTE nubia Z60 Ultra

Desain nubia Z60 Ultra dirancang berbeda terutama aksen dan peletakan tiga sensor kamera belakangnya. Smartphone ini memiliki ketebalan 8,78mm dengan bobot 246 gram, serta tampil dalam warna khusus mirip seperti lukisan populer karya Van Gogh. nubia Z60 Ultra juga jadi smartphone nubia pertama dengan sertifikasi IP68, tahan debu dan air.

Di sisi depannya, terdapat layar nubia Z60 Ultra berukuran 6,8 inci, menggunakan panel OLED 1.5K dengan refresh rate maksimum 120Hz, touch sampling rate hingga 1200Hz, serta kecerahan maksimum 1500 nits. Kamera under-display generasi kelima diklaim punya kualitas yang meningkat, punya resolusi 12MP dengan ukuran piksel lebih besar dan AI-deep sensing engine dan cip khusus.

ZTE nubia Z60 Ultra

ZTE mengunggulkan sebuah jenis baterai baru, yakni silicone carbon anode. Dibandingkan jenis baterai konvensional, generasi baru ini memungkinkan ZTE untuk menyematkan baterai nubia Z60 Ultra berkapasitas 6,000 mAh tanpa membuat perangkat lebih berat. Sayangnya belum mendukung pengisian daya nirkabel, walaupun sudah bisa terisi cepat lewat 80W fast charging.

Dan meski tidak hadir khusus para gamer, performa spesifikasi nubia Z60 Ultra cukup superior berkat penggunaan cip Snapdragon 8 Gen 3, RAM LPDDR5x hingga 24GB, dan opsi penyimpanan UFS 4.0 sampai 1TB. Juga diberikan sistem pendingin khusus yang terdiri dari thermal plate standar aviasi, serta vapor chamber luas dengan nanocarbon fiber.

Tiga Kamera Belakang Punya OIS

ZTE nubia Z60 Ultra

Yang unggul dan bisa dibilang unik dari spesifikasi kamera nubia Z60 Ultra ada pada tiga setup sensornya. Sensor utamanya gunakan Sony IMX800 yang masih sama seperti generasi sebelumnya, memiliki focal length 35mm yang secara teknis punya sudut pandang lebih sempit dibandingkan kamera utama smartphone masa kini.

Sensor tersebut berukuran 1/1,49 inci dalam resolusi 50MP f/1.6. Sementara sensor ultra-wide 18mm pada nubia Z60 Ultra juga beresolusi 50MP f/1.8, sudah mendukung autofokus. Yang terakhir, ada sensor zoom 64MP yang mendukung 3x optical zoom (85mm). Uniknya, ketiga sensor kamera tersebut didukung OIS, bahkan dengan tiga level tertentu khusus pada ultra-wide.

Tersedia dalam berbagai opsi memori, harga nubia Z60 Ultra varian termurah (12+256GB) dibanderol CNY4,299 atau sekitar Rp9,3 jutaan. Sementara versi tertinggi dengan memori 24GB+1TB dijual seharga CNY5,999 (Rp13 jutaan). Apakah tahun depan bakal hadir resmi ke Tanah Air? Kita nantikan saja.

Artikel berjudul ZTE nubia Z60 Ultra Hadir Bawa 3 Kamera OIS & Snapdragon 8 Gen 3, Harga Rp9 Jutaan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/oTiUbRr
via IFTTT