Jakarta, Gizmologi – Sejak bulan Oktober lalu, Xiaomi sempat mengumumkan sebuah platform baru yang nantinya bakal digunakan untuk semua jenis perangkat mulai dari smartphone hingga kendaraan. Ya, adalah Xiaomi HyperOS yang menjadi sebuah evolusi dari MIUI. Kini sudah siap digulirkan untuk sejumlah seri smartphone Xiaomi secara global.

Peluncuran HyperOS sendiri diumumkan langsung oleh sang CEO Xiaomi, Lei Jun. Saat itu, disebutkan bila sistem operasi terbaru satu ini siap hadir ke smartphone Xiaomi di China akhir tahun, menyusul secara global dalam beberapa pekan pertama di 2024. Artinya, proses peluncuran ini sesuai dengan rencana awal.

Dalam sebuah postingan di situs media sosial Weibo, eksekutif Xiaomi sebutkan bila HyperOS bakal mengedepankan penggunanya sebagai pusat sebuah ekosistem. Nantinya, sistem operasi ini bakal terintegrasi ke perangkat jenis lain, termasuk perangkat IoT dan kendaraan pintar. Hasil dari pengembangan hampir 5000 karyawan yang khusus merancang OS tersebut.

Baca juga: Target Emisi Nol-karbon, Ini Inovasi Teknologi yang Dilakukan Xiaomi

Siap Hadir ke Smartphone & Tablet Beberapa Pekan Mendatang

Xiaomi HyperOS Release Date

Lewat sebuah postingan resmi dari akun X Xiaomi HyperOS, disebutkan bila software terbaru ini siap hadir secara over-the-air alias OTA. Dengan jadwal rilis pada kuartal pertama (Januari – Maret) 2024, ada delapan seri smartphone Xiaomi yang siap mendapatkan tampilan antarmuka baru yang diklaim lebih ringan tersebut. Tentunya selain sang flagship Xiaomi 14 Series yang memang sudah mengusung HyperOS sejak awal.

Dari delapan seri yang tertera di atas, setidaknya ada tiga seri perangkat Xiaomi yang hadir resmi di Indonesia, siap mendapatkan HyperOS. Yakni Xiaomi 13T yang kini menjadi opsi flagship terbaru secara resmi, Redmi Note 12 sebagai salah satu smartphone Rp2 jutaan, dan Xiaomi Pad 6 yang menjadi tablet kelas menengah ke atas.

Disebutkan bila peluncurannya bakal dilakukan secara bertahap, sehingga mungkin tidak serentak langsung tersedia untuk semua tipe yang sudah disebutkan. Nantinya, Xiaomi bakal menambah daftar smartphone yang kompatibel. Selain Xiaomi, POCO juga mengumumkan telah memulai proses pembaruan HyperOS untuk seri POCO F5 yang juga hadir resmi.

HyperOS Diklaim Lebih Ringan dari MIUI

Ilustrasi Xiaomi HyperOS

Secara tampilan antarmuka, tidak banyak perbedaan yang dihadirkan lewat HyperOS bila dibandingkan dengan MIUI. Namun Xiaomi memberikan sejumlah fitur baru, seperti lock screen yang bisa dikustomisasi lebih jauh, dan beberapa fitur tambahan memanfaatkan AI. Yang banyak berubah adalah beberapa hal di balik layar.

Xiaomi fokus untuk meningkatkan performa perangkat dengan merancangnya lebih ringan dari MIUI. Disebutkan bila HyperOS lebih pintar untuk memaksimalkan hardware, serta mampu menawarkan performa gaming dengan frame rate lebih stabil dan konsumsi daya lebih rendah bahkan dibandingkan Android murni. Serta bakal mengunggulkan HyperConnect, untuk kemudahan sambungan antar perangkat atau ekosistem Xiaomi.

Selain Xiaomi 14 Series, software terbaru ini juga sudah mentenagai smartwatch Xiaomi Watch S3 terbaru, dan smart TV S Pro 85-inch MiniLED. Kalau di smartphone menggunakan basis AOSP, pada perangkat IoT, HyperOS memanfaatkan platform berbasis open source yakni Xiaomi Vela yang berbasis RTOS.

Artikel berjudul Xiaomi Resmi Gulirkan HyperOS Secara Global, Siap Hadir ke Redmi Note 12 & POCO F5 yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/8luRv7T
via IFTTT