Menjelang akhir tahun 2023, realme Indonesia masih tancap gas dengan menghadirkan pilihan smartphone baru. Pertama kali diperkenalkan secara global di Indonesia, realme C67 hadir sebagai smartphone pertama yang mengusung kamera 108MP dengan chipset Snapdragon 685 di kelas harga Rp2 jutaan, dan membawa peningkatan terbesar di sepanjang sejarah realme C Series. Sebuah klaim yang tentu bakal menarik perhatian para konsumen.

Kamera beresolusi tinggi pada smartphone memang kini sudah semakin populer, tidak hanya besar secara angka, namun memberikan benefit tersendiri seperti lossless zoom dan kualitas gambar lebih baik memanfaatkan algoritma pixel binning. Kabar baiknya, realme C67 bisa hadirkan semua benefit tersebut, termasuk 3x In-sensor Zoom bahkan 3x portrait di harga Rp2 jutaan.

Memiliki desain yang lebih segar, masih ada sejumlah peningkatan lain yang dibawa, termasuk pada sektor software. Apakah realme C67 bisa menjadi Smartphone Champion terbaru di Rp2 jutaan? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain

realme C67

Tampil semakin tipis, kini dibuat tahan air. Dibandingkan sebelumnya, desain realme C67 terlihat cukup berbeda, dengan desain modul kamera belakang baru. realme menyebut desain keseluruhannya “Sunny Oasis Design”, hadir dalam dua opsi warna yakni Black Rock dan Sunny Oasis seperti yang saya ulas, terlihat memiliki dominan warna hijau terang.

Ketebalan realme C67 kini hanya 7,59mm saja, membuatnya lebih nyaman digenggam dan mudah masuk ke saku celana. Smartphone ini adalah yang tertipis di rentang harga Rp2 jutaan. Cara lain yang diadopsi realme untuk membuatnya lebih terlihat elegan, adalah dengan menghilangkan braket plastik yang umumnya ada pada smartphone di kelasnya, di sekeliling kaca layar. Dengan begitu, bezel jadi terlihat lebih tipis.

Permukaan sisi samping dan belakangnya dibuat flat, dengan sudut yang masih nyaman saat dalam genggaman. Area di sekitar modul kamera belakang tampilkan permukaan yang lebih kinclong, dengan modul kamera berwarna hitam dan punya aksen warna emas baik pada sisi bingkai dan lingkaran sensor kameranya.

Dengan proses pelapisan gradien tiga warna khusus, permukaan bodi belakang realme C67 terlihat lebih berkilau, sekaligus tidak licin dan tidak mudah membekas sidik jari. Bobot smartphone ini juga dibuat 10 gram lebih ringan dari pendahulunya, kini hanya 179 gram saja. Juga menjadi realme C Series pertama dengan sertifikasi IP54, tahan debu maupun cipratan air.

Layar

Layar realme C67

Membawa tiga sisi bezel layar yang relatif tipis, realme C67 mampu memiliki rasio layar ke bodi sebesar 91,4%. Sehingga meski dimensi layarnya seluas 6,72 inci, ukuran bodi keseluruhan tidak begitu bongsor. Kualitas layarnya sendiri sudah cukup memuaskan dengan resolusi full HD+ dan refresh rate 90Hz yang bersifat adaptif.

Nilai plus pada layar realme C67, ada pada tingkat kecerahan maksimumnya yang sudah ditingkatkan hingga 950 nits. Dengan begitu, penggunaan di luar ruangan termasuk siang hari di bawah sinar matahari, kini menjadi lebih jelas. Bagi Gizmo friends yang permukaan jarinya lebih rentan basah, layarnya kini juga bisa beroperasi lebih akurat dalam kondisi sedikit berair. Tak perlu terus menerus membersihkan layar.

realme C67 juga sudah membawa standar Widevine L1, sehingga bisa digunakan untuk streaming konten video dari platform favorit Gizmo friends dalam kualitas HD. Touch sampling rate 180Hz pada smartphone realme terbaru ini juga sudah cukup responsif bagi para gamer kasual.

Secara default, profil warna layar realme C67 mengacu pada standar DCI-P3. Namun Gizmo friends bisa lakukan kustomisasi sesuai selera, baik mengubahnya menjadi lebih dingin, lebih hangat, atau warna lainnya.

Kamera

Kamera realme C67

Melompat jauh dari generasi sebelumnya dan kompetitor lain di kelas harganya, realme C67 hadir dengan sensor kamera kelas flagship dengan kualitas yang tentunya jauh lebih baik. Ya, untuk pertama kalinya, kamera realme C67 mengusung resolusi tinggi 108MP. Gunakan sensor ISOCELL HM6 dengan ukuran sensor 1/1,67 inci, terbesar di segmen harga Rp2 jutaan.

Jumlah piksel tinggi dan dimensi sensor besar memungkinkan hadirnya fitur 3x In-Sensor Zoom. Sesuai namanya, kamera realme C67 bisa hasilkan gambar 3x zoom dengan mengambil porsi tengah sensor, tanpa menurunkan kualitas, disebut dengan lossless zoom. Ambil foto dalam resolusi penuh 108MP juga memungkinkan, untuk kebutuhan cropping lebih leluasa.

Kamera 108MP realme C67

Tidak hanya 3x lossless zoom, realme C67 juga membawa fitur 3x portrait. Fitur ini tidak banyak diusung oleh smartphone dengan harga jauh lebih mahal sekalipun, memberikan efek portrait yang lebih maksimal. Hasil tangkapan gambarnya pun masih cukup jelas, selama dalam kondisi pencahayaan berlimpah.

Overall, kamera realme C67 bisa dibilang menjanjikan di segmen harganya bahkan beberapa kelas di atasnya. Reproduksi warnanya tergolong natural, dengan tingkat ketajaman yang pas, tidak begitu berlebihan. Mode malamnya juga efektif untuk meningkatkan ketajaman dalam kondisi pencahayaan minim, membuat skenario foto sedikit lebih cerah. Namun pastikan tangan kamu steady supaya gambar tidak goyang.

Penggunaan sensor besar juga membawa benefit tersendiri untuk kamu yang menggemari street photography, di mana kamu tak perlu khawatir kualitas gambar menurun saat ingin memanfaatkan fitur zoom.

Pada realme C67 juga disematkan filter menarik pada mode Street Photography yang sebelumnya terdapat di realme 11 Pro Series 5G, yakni Cinematic, Crips, dan Tranquil. Kehadiran filter ini di rentang harga Rp2 jutaan tentunya memberikan nilai tambah tersendiri. Pasalnya filter ini mampu memberikan warna yang baik, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

Hasil foto lengkap dari kamera realme C67 bisa kamu lihat pada album berikut ini.

ABLVV84fwuTKHpe6kaAx eJp9S4C8r8JIIIE8hbEKJGbxuNrD PeW8klZ4PEp MyBqEK2VWN1L8MlkPmfO RldyNKr2ytXoTSaQVWm3Zfgp2z6lnunKWNZsI=w2400
Hasil foto menggunakan sensor utama bisa hasilkan warna yang cukup vibrant
ABLVV86a4VeZVqtzggDkybL7ldUD g8X4YAeXknlNlQdYrbTp10EH5MTKQJPuibVvGMQJu1tv6jf9CpRL99RpiX4icW0oINDIsPV8ziRFW1WysBRl SB249H=w2400
…termasuk ketika menggunakan 3x in-sensor zoom
ABLVV875h aD0uN39Jh5WV7GytYK7 yk0pRwrb3y1N uNX35IDS6xUzetPmvKAYjhk TBlChnvALQR5rGrjFPeESaJHILzZC K4wbyOj3JS6N5RMd8mvam V=w2400
Foto 5x zoom juga masih reliable selama pada kondisi pencahayaan melimpah
ABLVV85ZbMZ2RA0 e6z03 gRHuT LQdtkT72dvFTAhbXeAjyUf2Xu2lSOegyfBju93Jxokc6KjYb OkniQ3qXUUZzzcuUCjiWiJ9OSsQDMftc 3m8lGp Gn1=w2400
Hasil foto indoor yang masih tergolong tajam
ABLVV85GWP7IOp7V 5CANqGWx7zFTII1BGqPG14d7BOnT1XS97BB1U1nP8BcixOyDMkRq0EEfCG0FJx0y7RwtO
Fitur 3x portrait juga bisa dimanfaatkan dalam pencahayaan indoor
ABLVV84EjJyZ0BOL16RTgQy10YikDl rJ5r 14axg2rfQ8mwSvkEVwEApesCs
Menggunakan Street Mode dengan efek filter khusus
Filter hitam putih pada skenario malam hari
ABLVV84CGL0e75Qtth9 sS8B3B4IxhR8Vn7UUPyCRMXz63fz8KLrSoYJWGjt94eiqq2dPGCIAFGKtYdYVBBWHq93mQgbKm mvqpucnhNsGLC5G2UdzCMPNvl=w2400
Mode malam mampu meningkatkan warna dan rentang dinamis pada gambar
ABLVV87Ggb50lDE4g5M1NUxoWgcafJwFaiIkNLP0tHGr8vFAaMyZmQXpmdkwfwo7jBJCXcYHKchRUzg286BQMvs9feTR
Mode portrait juga masih bisa diandalkan dalam kondisi pencahayaan gelap

Untuk perekaman videonya sendiri, realme C67 bisa menangkap video dalam resolusi maksimum 1080p 30fps, baik dari kamera belakang maupun depan. realme memberikan opsi stabilisasi berbasis software untuk kedua sisi, namun dengan catatan, framing jadi sedikit lebih sempit.

Setidaknya kamu masih bisa merekam video kasual dalam bentuk vlog tanpa harus menggunakan aksesori tambahan. Mau pakai filter tambahan seperti filter Cyberpunk? Bisa. Ingin lebih kreatif? Ada mode Movie dengan rasio 21:9 dan sejumlah parameter manual untuk video, seperti ISO, shutter speed, white balance dan fokus manual.

Fitur

realme C67

realme C67 dioperasikan dengan sistem operasi berbasis Android 14. Tidak hanya itu, pihak realme berkomitmen untuk memberikan setidaknya tiga tahun jaminan pembaruan versi OS maupun security patch, membuatnya semakin bersaing dengan kompetitor dalam hal dukungan software update.

Untuk pertama kalinya di C Series, setup speaker realme C67 juga sudah dibuat stereo, sehingga memiliki volume yang lebih kencang, cocok ketika dipasangkan bersama layarnya yang juga cerah dan luas. Kamu juga masih bisa menggunakan earphone favorit bila dirasa perlu, melalui jack audio 3,5mm di sisi bawah bodi perangkat.

Mini Capsule realme C67

Hal baru lainnya yang bisa ditemui pada realme C67 adalah Mini Capsule 2.0. Dibandingkan sebelumnya, kini lebih banyak pemberitahuan informatif yang bisa tampil. Seperti musik yang sedang diputar lengkap dengan gelombang (waveform) atraktif dan pintasan pengendalian, pemberitahuan cuaca di pagi hari, serta acara yang sudah disematkan di kalender—khusus yang terakhir, masih perlu menantikan pembaruan software.

Sensor 360° NFC juga dibawa ke realme C67. Dibandingkan dengan NFC konvensional, area sensor dibuat lebih luas, meminimalisir tingkat kegagalan saat membaca maupun mengisi saldo kartu e-money maupun ketika ingin mereplikasi kartu akses yang kompatibel langsung ke smartphone.

Performa

Skor Antutu realme C67

Peningkatan signifikan lainnya selain dari sektor kamera, ada pada chipset yang digunakan. Kali ini realme C67 hadir didukung dengan cip Snapdragon 685 octa-core dari Qualcomm. Baru diluncurkan tahun ini, sudah menggunakan fabrikasi 6nm untuk efisiensi daya terbaik di kelasnya.

Dengan inti CPU yang memiliki clock speed hingga 2,8GHz, skor Antutu realme C67 bisa mencapai lebih dari 330 ribu poin. Dalam skenario penggunaan sehari-hari, performanya cukup bisa diandalkan baik untuk multitasking maupun memainkan sejumlah judul game populer, mengingat chipset ini pada dasarnya merupakan chipset kelas menengah yang kali ini dibawa oleh realme di seri C yang lebih terjangkau. Suhu bodi juga bisa dibilang sangat terjaga, cukup jarang panas bahkan hangat sekalipun.

Kehadiran cip ini tidak hanya membuat realme C67 unggul dalam hal performa, namun juga membawa dukungan yang signifikan terhadap kemampuan kamera pada smartphone ini. Lewat dukungan cip ini, realme C67 memiliki pemrosesan gambar yang terbilang unggul dibandingkan dengan smartphone lain di kelas harganya, serta fitur lain yang mendukung pengoperasian kamera menjadi lebih baik.

Baik varian dengan penyimpanan 128GB/256GB, realme C67 hadir membawa kapasitas RAM 8GB yang dapat diekspansi hingga dua kali lipat menjadi 16GB, melalui teknologi Dynamic RAM. Secara default, fitur ini sudah aktif dengan nilai 4GB, bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.

Menurut saya, kapasitas RAM 8GB sendiri sudah lebih dari cukup, sehingga bisa menonaktifkan fitur tersebut dan memanfaatkan penyimpanan internal sepenuhnya untuk data aplikasi maupun game. Sementara file media bisa kamu simpan ke kartu microSD bila dirasa kurang, sanggup menampung sampai kapasitas 2TB lewat slot khusus.

Baterai

realme C67

Walaupun memiliki profil bodi lebih tipis, baterai realme C67 tetap berkapasitas 5,000 mAh. Dipadukan dengan cip Snapdragon yang relatif baru dan dikenal hemat daya, plus realme UI versi lebih ringan, daya tahan baterai smartphone realme C Series terbaru ini cukup memuaskan. Bisa hingga dua hari penuh untuk penggunaan yang lebih ringan.

Kecepatan pengisian dayanya mengunggulkan 33W SUPERVOOC, dengan adaptor charger yang sudah disediakan ke dalam paket penjualan. Mengisi daya hingga 50% hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit, dan bisa terisi penuh dalam waktu sedikit melebihi 1 jam. realme C67 juga bisa berfungsi sebagai powerbank, memanfaatkan fitur reverse charging, bermanfaat untuk kondisi mendesak.

Dalam membuat kecepatan pengisian dayanya lebih cepat hingga 100%, realme menggunakan algoritma optimasi pengisian daya khusus, VFC trickle charging. Algoritma ini berfokus untuk meningkatkan efisiensi interval saat 90-100%, supaya bisa lebih cepat untuk menyentuh persentase maksimum.

Kesimpulan

Kelengkapan unboxing realme C67

Untuk sebuah smartphone Rp2 jutaan, realme C67 tawarkan keunggulan yang cukup lengkap, ditambah dengan kamera 108MP dengan sensor ISOCELL HM6 yang bisa diandalkan. Membawa speaker stereo, NFC, layar luas, kapasitas RAM lega, chipset Snapdragon 685 yang efisien dan bertenaga, dalam bodi yang lebih ramping nan ringan. Pertama di realme C Series, realme C67 juga membawa IP54 yang tahan terhadap cipratan air dan debu.

Andai saja realme membawa sensor ultra-wide atau jenis layar yang lebih superior seperti AMOLED 120Hz, tentu akan membuatnya semakin menarik. Namun begitu, realme C67 merupakan smartphone Rp2 jutaan dengan kamera paling versatile nan berkualitas dengan performa yang bertenaga di kelasnya.

realme akan mengadakan Early Bird Sale untuk realme C67 khusus varian memori 8GB+8GB*|128GB pada 19-21 Desember 2023 mulai pukul 18:00 WIB secara online di Shopee, Akulaku, dan realme.com. Ada penawaran khusus seperti gratis voucher belanja Rp100 ribu, paylater bunga 0%, promo bank hingga Rp100 ribu dan gratis biaya pengiriman dengan syarat dan ketentuan berlaku. Setelah itu bakal tersedia di seluruh Indonesia mulai 27 Desember 2023.

realme C67 varian memori 8GB+8GB*|256GB akan tersedia melalui pre-order 19 Desember 2023 – 4 Januari 2024 lewat platform online dan offline realme, menyusul untuk tersedia di seluruh Indonesia mulai 5 Januari 2024. Nikmati juga layanan purnajual khusus seperti diskon 20% untuk realme Care, 1 Hour Service, gratis anti gores, Service Day tanggal 16-18 setiap bulan, dan gratis biaya antar jemput.

Spesifikasi realme C67

realme C67
Klik pada gambar untuk spesifikasi realme C67 secara lengkap

General

Device Type Smartphone
Model / Series realme C55 NFC
Released 19 December, 2023
Status Available
Price Rp2.599.000 (8/128), Rp2.999.000 (8/256)

Platform

Chipset Qualcomm SM6225 Snapdragon 685 (6 nm)
CPU Octa-core (4x2.8 GHz Cortex-A73 & 4x1.9 GHz Cortex-A53)
GPU Adreno 610
RAM (Memory) 8GB+8GB* LPDDR4X (Dynamic RAM)
Storage 128GB/256GB eMMC 5.1
External Storage microSD up to 2TB (dedicated slot)
Operating System Android 14
User Interface realme UI

Design

Dimensions 165.5mm*75.98mm*7.89mm(L*W*T)
Weight 179g
Design Features Warna: Sunny Oasis, Black Rock
Sunny Oasis Design
Glass front, plastic frame, plastic back
IP54
Battery 5,000 mAh
33W SuperVOOC

Display

Screen Type IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Size and Resolution 6.72 inch, 2400x1080
Touch Screen Yes
Features 90Hz refresh rate
180Hz touch sampling rate
91,4% screen to body ratio
950 nits max brightness

Network

Network Frequency GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Data Speed 4G LTE

Camera

Multi Camera Yes (Rear)
Rear 108MP f/1.75 Samsung ISOCELL HM6 sensor + 2MP f/2.4 B&W
Front 8MP f/2.0
Flash Yes
Video 1080P, 30/60fps; 720P, 30/60/960fps;
Camera Features Street Mode
108MP Mode
Night Mode

Connectivity

Wi-fi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB USB Type C
GPS GPS, aGPS, GLONASS, BDS
HDMI No
Wireless Charging No
NFC
Infrared No

Smartphone Features

Multimedia Features - MP4/H.264/FLAC player
- MP3/eAAC+/WAV player
- Document viewer
- Photo viewer/editor
FM Radio Yes
Web Browser HTML5
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro (virtual), proximity, light, magnet
Other Kelengkapan:
• Charger 33W SuperVOOC
• Kabel USB Tipe-C
• Protect Case
• Protect Film
• SIM Card Tool
• Buku Panduan
• Kartu Garansi

Artikel berjudul Review realme C67: Naik Kelas dengan Kamera 108MP dan Chipset Snapdragon 685! yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/byuM94Z
via IFTTT