Jakarta, Gizmologi – Salah satu penyedia moda transportasi umum yakni PT MRT Jakarta (Perseroda) baru saja umumkan kemitraan strategis bersama Mastercard. Kemitraan tersebut ditujukan untuk meningkatkan pengalaman bertransportasi secara nontunai, sekaligus diumumkan dalam acara peresmian nama stasiun baru dari salah satu stasiun yang ada.

Ya, resmi per 18 Desember 2023 kemarin, Stasiun Senayan kini berubah nama menjadi Stasiun Senayan Mastercard pasca dijalinnya kemitraan dari kedua perusahaan tersebut. Sebagai mitra strategis, Mastercard mencoba hadirkan opsi yang lebih mudah untuk mengisi (top-up) maupun membeli kartu MRT secara non-tunai untuk seluruh pengguna.

Dikutip dari rilis resminya, sejak pertama kali diluncurkan 2019 lalu, jumlah penumpang rata-rata harian MRT Jakarta kini telah melonjak hingga 100 ribu penumpang per November 2023—melebihi target internal 70 ribu penumpang per hari. Lewat pembangunan fase 2 proyek konstruksi MRT Jakarta, diperkirakan jumlah penumpang dari rute Lebak Bulus hingga Ancol bisa naik sampai 290 ribu per harinya.

Baca juga: Lindungi Merchant, Mastercard Integrasikan Payment Gateaway Services

Beli Tiket MRT Jakarta dari Smartphone Bisa Pakai Kartu Kredit Mastercard

Kolaborasi Mastercard MRT Jakarta - 2
(ki-ka) Farchad H. Mahfud, Direktur Pengembangan Bisnis, PT MRT Jakarta; Tuhiyat, Direktur Utama, PT MRT Jakarta; Aileen Goh, President Director, PT Mastercard Indonesia; Hamid Farid, Vice President, Head of Market Development, PT Mastercard Indonesia dalam acara peresmian kolaborasi (18/12)

Seperti yang kita tahu, opsi pembayaran atau pembelian tiket MRT Jakarta, bisa dibilang cukup terbatas terutama melalui aplikasi MyMRTJ yang umumnya dimanfaatkan oleh pengguna smartphone. Kalau dulu bisa memanfaatkan dompet digital seperti OVO, beberapa waktu lalu opsi pembayarannya berubah. Menjadi hanya AstraPay, i.saku, dan blu saja.

Dengan adanya kemitraan baru bersama Mastercard, kini Gizmo friends bisa membeli tiket lewat aplikasi MyMRTJ secara mudah menggunakan kartu kredit Mastercard, selain juga bisa membeli kartu MRT di semua loket stasiun dengan kartu kredit tersebut. Cara membeli tiket MRT lewat aplikasi MyMRTJ menggunakan kartu Mastercard pun cukup mudah.

Beli Tiket MRT Mastercard MyMRTJ

Gizmo friends hanya perlu menjalankan proses pembelian tiket, seperti memilih stasiun asal dan tujuan, jumlah tiket, serta pilihan perjalanan. Jika sudah, cukup klik tombol bayar, lalu pilih tab “Bank/Kartu Kredit”, dan kamu akan menemukan opsi baru “Mastercard” di dalamnya. Lakukan proses verifikasi kartu dengan OTP, dan pembayaran akan langsung selesai. Tiket langsung bisa digunakan secara digital.

Tiket yang sudah terbeli lewat aplikasi MyMRTJ bisa di-scan secara langsung lewat gate masuk dan keluar pada masing-masing stasiun MRT Jakarta. Opsi pembayaran Mastercard bisa kamu manfaatkan ketika tidak membawa kartu e-money, dan menjadi alternatif pembayaran digital langsung melalui smartphone.

Berkolaborasi Hadirkan Opsi Mobilitas Lebih Terintegrasi

Pengumuman kolaborasi pertama antara Mastercard dan MRT Jakarta merupakan bagian dari strategi besar kedua pihak dalam meningkatkan mobilitas perkotaan masyarakat Indonesia, menuju perubahan lanskap perkotaan yang lebih terintegrasi dan terdepan dalam era digital. Juga selaras dengan komitmen global Mastercard untuk mendukung pemerintah mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan efisien, serta menguntungkan masyarakat.

“Karena mobilitas merupakan bagian penting dari sebagian besar penduduk, inisiatif ini dapat mengubah perilaku konsumen ke pembayaran nontunai secara lebih masif,” jelas Aileen Goh, President Director, PT Mastercard Indonesia dalam sebuah rilis yang diterima Gizmologi (18/12). “Dengan demikian, hal ini dapat menciptakan perubahan yang signifikan dan mendorong transformasi serta inklusi digital.”

Artikel berjudul Mastercard Bersama MRT Jakarta Jalin Kemitraan, Ubah Nama Stasiun & Bawa Opsi Pembayaran Baru yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/wdJK5f2
via IFTTT