Jakarta, Gizmologi – Berkembangnya teknologi AI (artificial intelligence) ternyata membantu video klip menampilkan artis yang sudah lama tiada. Melly Goeslaw baru saja meluncurkan video klip “Bersatu Kembali” yang menampilkan Nike Ardilla, penyanyi legend yang sudah tiada di dalam video.

Tentunya video klip ini membalikkan kenangan akan Nike Ardilla, yang ternyata merupakan sahabat karib dari Melly Goeslaw. Teknologi AI ini sangat membantu mewujudkan sosok yang dirindukan oleh banyak penggemarnya.

Tak hanya penggemar, Melly Goeslaw juga merasa rindu dengan sahabatnya Nike. Namun selain itu, ada alasan lain mengapa Melly ingin Nike hadir dengan teknologi AI di video klipnya.

Baca Juga: Ini Desain Lenovo Legion Go, Handheld PC Gaming Berpeforma Kencang

Mengutip dari liputan6.com, Melly bercerita bahwa lagu “Bertemu Kembali” menceritakan tentang kondisi perpisahan yang diyakini hanya sementara dan tidak bersifat abadi. Hal ini dialami oleh Melly dan Nike saat ini.

Lagu “Bertemu Kembali” merupakan penggabungan dari dua lagu yang dijadikan satu. Yaitu lagu tersebut digabungkan dengan lagu milik Nike Ardilla yang berjudul “Duka Pasti Berlalu” yang diciptakan oleh Dadang S. Manaf.

Melalui lagu “Bertemu Kembali,” Melly membagikan harapannya kepada seluruh pendengar, khususnya untuk penggemar dan penikmat lagu dari mendiang Nike Ardilla. Ia juga berharap lagu ini bisa jadi sumber inspirasi untuk dunia musik Indonesia karena memanfaatkan teknologi AI.

Diduga Gunakan Teknologi AI Face Swap

Teknologi AI di video klip Melly Goeslaw

Berdasarkan story Instagram Umar Kudus, terungkap bahwa model bernama Juwita Pohan lah yang menjadi model dalam video klip Melly Goeslaw. “Luarbiasa penjiwaan & gesture pemeran Nike Ardilla yang begitu nyaris sempurna sehingga membuat karakter Nike dengan bantuan AI sangat hidup. Benar-benar luarbiasa @juwita.pohan,” kata Umar.

Juwita dengan rambut pendeknya terlihat seperti mendiang Nike namun wajahnya diubah menggunakan teknologi AI. Ia berpose seakan-akan almarhumah Nike di saat masih muda.

Sepertinya teknologi AI yang digunakan ialah face swap atau mengubah wajah objek yang dipilih. Teknologi ini juga hadir sebagai filter di sosial media seperti Snapchat dan Instagram.

Tentunya adaptasi AI dalam video klip ini akan mengubah industri kreatif menjadi lebih berinovasi lagi dengan karya mereka. Karya Melly Goeslaw ini diapresiasi atau direaksi oleh banyak pihak seperti Raffi Ahmad, Bunda Corla, Armand Maulana, dan sebagainya.

”Gila merinding banget denger suaranya, almarhumah Nike Ardilla, wow ini merinding sih, merinding banget denger suaranya almarhumah Nike Ardila, zaman sekarang bisa diduetin sama suara teh Melly Goeslaw, ih merinding banget, apalagi kita tahu teh Melly sama almarhumah Nike Ardilla nih semasa hidupnya, almarhumah sahabatan banget sama teh Melly,” ungkap Raffi Ahmad di dalam reels yang dibagikan oleh akun @musikaklasik.

Selain memberikan reaksinya, Raffi juga memberikan harapannya ke dalam lagu yang dirilis oleh Melly. “Mudah-mudahan lagunya bisa mengobati rasa rindu fans-fansnya almarhumah Nike Ardilla, yang saya juga orang bandung nih, saya juga tahu betapa legendarisnya Nike Ardilla dan betapa legendanya seorang Melly Goeslaw.”

Artikel berjudul Dengan Teknologi AI, Video Klip Melly Goeslaw Bisa Tampilkan Mendiang Nike Ardilla yang ditulis oleh Zihan Fajrin pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/lkcyzLO
via IFTTT