Jakarta, Gizmologi – Sembari menyiapkan smartphone kelas entri baru di Indonesia, realme baru saja meluncurkan flagship terbarunya yang menjalankan cip terbaru Qualcomm. Hadir realme GT5 Pro dengan setup kamera superior lengkap dengan sensor periskop, dibanderol dengan harga yang justru sangat terjangkau.

Di Indonesia sendiri, akhirnya konsumen sudah kedatangan smartphone flagship resmi perdana dengan kehadiran iQOO 12, dibanderol mulai Rp10,999 juta. Namun di luar sana, sudah mulai diluncurkan beberapa opsi smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 3. realme GT5 Pro bakal jadi salah satu opsi yang sangat terjangkau, sehingga menarik bila nantinya ikut dibawa ke Indonesia.

Seri sebelumnya, realme GT5 sudah pernah kami jajal sebelumnya lewat sebuah kesempatan secara luring. Smartphone tersebut mengusung teknologi pengisian daya 240W yang sangat instan, serta desain bodi belakang dengan bagian a-la semi transparan. Pendekatan desain realme GT5 Pro dibuat sepenuhnya berbeda, dengan dua opsi warna yang mengusung permukaan mirip kulit.

Baca juga: realme C67 Siap Diluncurkan Perdana di Indonesia, Siap Hadirkan Fitur dan Desain Terbaik

Bisa Deteksi Telapak Tangan Untuk Buka Kunci Layar

realme GT5 Pro

Ya, desain bodi belakang realme GT5 Pro terlihat mirip seperti OPPO Find X6 Pro, memiliki lingkaran yang besar di sisi atas tengah bodi dengan beberapa sensor di dalamnya. Dengan sertifikasi IP64, logo realme diletakkan di bawah agak ke kanan dari modul kamera—mengingatkan kami pada realme X2 Pro.

Di dalam lingkaran kamera tersebut, disematkan tiga sensor kamera berbeda dengan dua sensor superior dan satu yang paling inferior. Kamera realme GT5 Pro setara dengan OPPO Find N3, menggunakan sensor Sony LYTIA 808 50MP. Sensor periskopnya pun tidak kalah superior, sama persis dengan Find X6 Pro, yakni Sony IMX890 50MP yang menawarkan 3x optical zoom maupun 6x lossless zoom.

Sayangnya, dibandingkan kedua sensor tersebut, terdapat sebuah sensor ultra-wide yang tergolong standar, hanya beresolusi 8MP f/2.2 dan belum mendukung autofokus—sebuah kemunduran terutama ketika dibandingkan dengan flagship realme terakhir yang hadir resmi di Tanah Air, yakni realme GT2 Pro. Namun begitu, ada yang spesial dari kamera depanya.

realme GT5 Pro

realme GT5 Pro menyematkan sebuah sensor kamera punch-hole 32MP di sisi depan. Tanpa sensor tambahan khusus, kamera tersebut mampu memberikan sejumlah fitur pengenalan gestur tangan bahkan membuka kunci layar hanya dengan menunjukkan telapak tangan. Dalam video di bawah, realme juga pamerkan sejumlah gestur untuk berinteraksi saat sedang mengakses aplikasi TikTok.

realme GT5 Pro Juga Membawa Layar 4500 Nits

Dikutip dari Android Authority, pihak realme tidak menyebutkan secara khusus sensor apa yang digunakan untuk berikan fitur gestur tangan selain dari kamera depannya—berbeda dengan Google Pixel 4 maupun smartphone LG yang sematkan sejumlah sensor tambahan. “AI Gesture Control System” pada realme GT5 Pro mampu berikan 12 gestur berbeda untuk berinteraksi secara lebih bebas.

Layar realme GT5 Pro sendiri berukuran 6,78 inci dengan resolusi 1,5K, panel LTPO AMOLED, serta refresh rate maksimum 144Hz. Layar tersebut diklaim bisa menyala cerah hingga 4500 nits—tertinggi pada standar flagship masa kini. Spesifikasi lainnya sendiri maih mirip OnePlus 12.

Sebut saja sertifikasi IP64, baterai 5,400 mAh, dukungan pengisian daya 100W serta 50W secara wireless. Sudah mulai tersedia secara pre-order di negara asalnya, harga realme GT5 Pro tergolong murah. Varian paling terjangkau dengan memori 12+256GB dibanderol CNY3399 atau sekitar Rp7,3 jutaan. Namun selama PO, diberikan diskon menjadi CNY3298 atau Rp7,1 jutaan saja.

Artikel berjudul realme GT5 Pro, Flagship Snapdragon 8 Gen 3 Seharga Mulai Rp7 Jutaan yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/JXvNo6l
via IFTTT