Jakarta, Gizmologi – Selain Apple, Samsung dan Huawei yang cukup mendominasi pasar smartwatch, sejumlah brand jam tangan premium juga ikut hadirkan opsi jam tangan pintar mereka masing-masing. Namun dari kabar terbaru yang beredar, smartwatch Fossil bakal tidak ada lagi yang baru. Alias mundur dari persaingan smartwatch dan memilih untuk fokus rilis jam tangan “konvensional”.

Informasi terkait dihentikannya lini smartwatch Fossil sendiri datang langsung dari pihak resmi. Dikutip dari The Verge, Jeff Boyer selaku Executive VP & COO dari Fossil mengatakan bila pihaknya telah mengambil keputusan strategis untuk keluar dari bisnis jam tangan pintar sepenuhnya, setelah mencoba untuk bersaing selama beberapa tahun terakhir.

Smartwatch Fossil pertama dirilis sejak 2025 lalu, menggunakan platform milik Google yakni Android Wear yang kini sudah berubah nama menjadi WearOS. Setelah rilis enam generasi berbeda, kehadiran smartwatch Fossil Gen 7 telah dinanti oleh para penggunanya sepanjang 2023. Namun nyatanya sepanjang tahun tersebut tidak ada perilisan produk baru sama sekali, bahkan absen hadir di ajang tahunan CES.

Baca juga: G-Shock Rangeman Baru, Smartwatch untuk Outdoor dengan Baterai Tenaga Solar!

Batal Rilis Gen 7, Fokus ke Jam Tangan Konvensional

Smartwatch Fossil Gen 6

Kepada The Verge, Jeff mengatakan, “Fossil Group mengalihkan sumber daya untuk mendukung kekuatan dan segmen inti bisnis kami yang terus memberikan peluang pertumbuhan yang kuat bagi kami: merancang dan mendistribusikan jam tangan tradisional, perhiasan, hingga barang-barang kulit yang menarik dengan nama merek kami sendiri maupun merek berlisensi.”

Smartwatch Fossil generasi terbaru adalah Fossil Gen 6 yang rilis sejak 2021. Lepas satu tahun kemudian, generasi tersebut dirilis ulang Oktober 2022 dalam versi Wellness Edition, sudah hadir dengan sistem operasi terbaru yakni Wear OS 3. Dan diperbarui dengan sejumlah fitur kesehatan lengkap termasuk kadar oksigen dalam darah hingga nilai VO2 Max.

Setelah Gen 6, rumor kehadiran smartwatch Fossil Gen 7 sudah mulai bermunculan. Pada akhir Desember lalu, mencuat sebuah rumor bila Fossil akan meninggalkan Wear OS, sekaligus menandakan bila Gen 7 batal rilis. Sayangnya, rumor tersebut menjadi benar saat pengumuman resmi pekan kemarin menjadi kenyataan. Tidak hanya meninggalkan Wear OS untuk OS ciptaan sendiri, namun mundur dari pasaran.

Smartwatch Fossil Sudah Habis di Indonesia

Smartwatch Fossil Indonesia

 

Dalam pantauan tim Gizmologi, semua versi jam tangan pintar alias smartwatch Fossil yang dipajang di situs resmi Fossil Indonesia sudah habis terjual alias sold out, baik untuk varian laki-laki maupun perempuan. Di sejumlah negara lain, disebutkan bila Fossil sempat mengadakan diskon besar-besaran, yang diperkirakan dilakukan untuk menghabiskan stok sepenuhnya.

Meski sudah tidak akan ada smartwatch Fossil baru, pihak resmi tetap memastikan bila pengguna saat ini bakal tetap mendapatkan pembaruan OS hingga beberapa tahun ke depan. Sayangnya, tak disebutkan secara gamblang angka jumlah tahun tersebut. Bisa jadi tidak akan lama, mengingat chipset yang dijalankan smartwatch Fossil Gen 6 cukup tua.

Fossil Gen 6 menjalankan cip Snapdragon Wear 4100+, rilisan 2020 dan menjanjikan peningkatan performa dan efisiensi daya cukup jauh dibandingkan cip generasi sebelumnya. Namun cip tersebut masih gunakan fabrikasi 12nm, tertinggal jauh dengan chipset bikinan Samsung untuk smartwatch WearOS bikinannya yang sudah pakai fabrikasi 5nm. Memungkinkan Galaxy Watch terbaru untuk punya daya tahan baterai lebih dari satu hari penuh.

Artikel berjudul Fossil Resmi Mundur dari Pasar Smartwatch, Berikut Alasannya yang ditulis oleh Prasetyo Herfianto pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/8GWNQr4
via IFTTT