Jakarta, Gizmologi – Industri e-commerce di Indonesia semakin berkembang pesat, terlebih di masa pandemi. Persaingan antar pelaku industri pun semakin ketat. Bank Indonesia memproyeksi nilai transaksi e-commerce pada tahun 2022 dapat mencapai Rp530 triliun. Angka tersebut meningkat drastis dibanding proyeksi pada 2021 yang diperkirakan mencapai kisaran Rp403 triliun.
Arshi Adini, Executive Director Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), mengaku optimis nilai transaksi e-commerce sebesar Rp530 triliun dapat dicapai di tahun depan. Ini didorong preferensi masyarakat berbelanja daring, perkembangan layanan pembayaran digital, serta inovasi yang dilakukan oleh platform e-commerce.
“Kami optimis, bahkan kalau dilihat sektor digital lebih luas lagi, saat ini terbuka kesempatan yang sangat besar untuk mencapai angka tersebut. Perkembangan industri e-commerce di Indonesia saat ini tumbuh lebih cepat dari prediksi banyak pihak. Masyarakat merasakan manfaat dan efisiensi yang ditawarkan industri e-commerce sehingga mendorong pertumbuhan yang luar biasa dari sisi seller, konsumen dan juga transaksi,” ujar Arshi.
Makin dibutuhkan, E-commerce bukan lagi di tahap edukasi
Arshi menambahkan, saat ini ketergantungan masyarakat terhadap platform digital bukan lagi di tahap edukasi. Masyarakat sudah merasakan keuntungan, kenyamanan dan efisiensi yang ditawarkan dari industri digital. Hal ini akan mendorong peningkatan transaksi. Di sini, peran industri digital khususnya e-commerce dalam mendorong pemulihan ekonomi melalui transaksi, sangatlah besar.
Apalagi situasi pandemi yang masih belum selesai, mendorong masyarakat semakin mengandalkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan dan melakukan rutinitas sehari-hari. Pelaku e-commerce pun terus berlomba menghadirkan inovasi, fitur baru, hingga promo untuk memberikan pengalaman belanja online paling nyaman bagi konsumen.
Jakpat, salah satu aplikasi online survei di Indonesia, mengadakan riset terkait marketplace “Siapa yang Paling Memuaskan Pelanggan?” terhadap 1.106 responden sepanjang periode 19-25 November 2021. Penilaian tingkat kepuasan pelanggan ini berdasarkan 5 kriteria. Di antaranya, promo, apps experience, trusted, assortment dan delivery.
Baca juga: Riset Jakpat: Tokopedia Jadi E-Commerce Unggulan, Paling Nyaman Digunakan
Hasilnya, Tokopedia menduduki peringkat teratas dengan skor 4,53 dari 7 poin skala likert. Peringkat ke-dua dan seterusnya, ditempati Shopee (dengan nilai 4,47), JD.ID (5,38), Lazada (5,33), Blibli (5,32) dan Bukalapak (5,13).
Tokopedia juga menempati posisi teratas untuk marketplace yang menawarkan berbagai produk berkualitas. Dari 7 poin skala likert, Tokopedia mendapatkan nilai 6,07. Sedangkan Shopee 5,95, JD.ID 5,38, Lazada 5,33, Blibli 5,32 dan Bukalapak 5,13.
Selain itu, belum lama ini Tokopedia juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai The Most Innovative E-commerce Apps di ajang Indonesia Gadget Award 2021 yang diselenggarakan oleh Gizmologi dan Gadgetdiva. Penghargaan ini diberikan karena Tokopedia dinilai sebagai e-commerce Indonesia yang paling inovatif dalam menghadirkan berbagai terobosan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mitra. Secara rutin, mereka juga menggelar START Summit setiap sebulan untuk berbagi tren perkembangan teknologi.
from Gizmologi https://ift.tt/3GP6Pxg
via IFTTT
0 Komentar