Jakarta, Gizmologi – Momen Tahun Baru 2022 membuat trafik lalu lintas di kawasan wisata meningkat, begitu pun dengan trafik telekomunikasi. Namun berbeda dengan lalu lintas seperti Puncak yang macet total, meski trafik meningkat, layanan komunikasi relatif lancar. Seperti dialami oleh Indosat Ooredoo yang berhasil mempertahankan performa jaringan.

Baca juga: Samsung Beberkan Inovasi untuk Sambut Era Baru di CES 2022

Operator seluler milik Ooredoo Qatar tersebut mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi digital para pelanggan selama masa liburan Natal 2021 dan momen Tahun Baru 2022.  Hal ini ditegaskan oleh Steve Saerang, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, yang mengatakanmeski terjadi lonjakan trafik yang tinggi, perusahaan dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggan selama  masa liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

“Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim Indosat Ooredoo dan mitra kami di lapangan, yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan. Perluasan jaringan 4G berkualitas, bersama dengan implementasi Command Center yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomatisasi, serta kesiapan saluran layanan pelanggan, adalah faktor pendukung lain yang menjamin pelanggan tetap terhubung selama periode liburan ini,” ujarnya.

Peningkatan Trafik Indosat Tahun Baru 2022

Indosat INOC2

Pada musim liburan pergantian tahun ini, Indosat Ooredoo mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 24% pada tanggal 1 Januari 2022. Dari total trafik data yang meningkat pada pergantian tahun, hingga 98% di antaranya dapat terlayani di jaringan 4G LTE.

Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 14% pada tanggal 25 Desember 2021 dan naik sebesar 24%  pada tanggal 1 Januari 2022 dibandingkan dengan trafik hari normal.

Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bodetabek, Cirebon, Kudus, Tasikmalaya, Tegal, Tuban, Serang, Solo, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Balikpapan, Manado, dan Samarinda.

Terkait platform digital, Youtube, Facebook, WhatsApp, TitTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan selama liburan.

Beberapa aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan. Peralatan & dasbor khusus untuk pemantauan status kinerja jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif, telah berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 62% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebelum masa liburan, Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa area publik dan pemukiman yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik telekomunikasi, seperti tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.



from Gizmologi https://ift.tt/3eHiqSX
via IFTTT