Barcelona, Gizmologi – Di MWC 2022, kami bertemu eksekutif realme Madhav Sheth. Tahun ini, untuk pertama kalinya realme berpartisipasi dalam pameran teknologi terbesar di dunia, Mobile World Congress (MWC) 2022.

Di perhelatan tersebut, realme telah memperkenalkan smartphone terbarunya yakni jajaran seri realme GT 2 Pro. Selain itu juga memperkenalkan inovasi pengisian daya ultra cepat 150W UltraDart Charging.

Tak berhenti sampai di situ, realme sepertinya akan memperbanyak jajaran ponsel flagship ke Indonesia. Bahkan mereka sudah menyiapkan banyak inovasi yang akan membedakan flagship realme dengan smartphone merek lainnya.

Q&A dengan Madhav Sheth

Madhav Sheth realmeMadhav Sheth, pria asal Mumbai kelahiran April 1980 ini memiliki dua jabatan sekaligus: Wakil Presiden realme dan Presiden realme International. Gizmologi berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan Madhav Sheth. Ia berbagi insight seputar smartphone flagship, 5G, flash charging, AIoT, hingga service center.

Berikut petikan wawancara dengan Madhav Seth:

Apa yang mendefinisikan smartphone unggulan premium untuk realme, fitur tertentu yang lebih difokuskan seperti filosofi desain, fitur kamera, dan lainnya?

Kamera menjadi salah satu aspek yang penting. Apa yang mendefinisikan sebuah flagship bukan hanya harga, tetapi fitur yang lebih penting. Fitur pertama kali tersedia secara global. Seperti ini memiliki salah satu teknologi pengisian paling menakjubkan, desain paling menakjubkan, layar 2K pertama dengan teknologi ambient. Pada saat yang sama juga memakai prosesor pertama yang digunakan di realme buatan Snapdragon. Inilah yang akan membuat flagship realme menjadi yang paling lengkap dan kelas atas

Dalam hal kinerja kamera, perangkat ini memiliki kamera sekitar 50 MP, ditambah kamera sudut ultra lebar 50 MP dengan tampilan 150 derajat. Ya, ini adalah ponsel yang lengkap. Apa yang coba kami berikan bukan hanya tentang perangkat keras juga tentang perangkat lunak.

Ponsel flagship terbaru realme hadir dengan Android 12 dan UI 3.0. Ini menjadi salah satu UI kustomisasi lengkap dari realme, yang memberikan kustomisasi lengkap. Juga dalam hal pengguna memberikan data, yang merupakan salah satu hal terpenting untuk aplikasi pihak ketiga. Pada dasarnya kustomisasi juga sampai pada tingkat mengunduh aplikasi apa pun. Termasuk penyesuaian data Anda untuk dibagikan atau tidak, bahkan pengoptimalan pengguna bergantung pada Anda.

Setelah memperkenalkan fast charging 150W, apakah dalam waktu dekat ada rencana untuk menawarkan yang di bawah itu, misalnya 80W atau 120W?

Pasti, kami sedang mengerjakannya. Kami akan terus menghadirkan jenis teknologi ini di titik harga yang berbeda. Jika 150 W memberi kecepatan pengisian 5 menit, mengisi daya ponsel dari 65 W membutuhkan 30 menit perusahaan, dan seterusnya. Ini akan membuat ketagihan sehingga Anda tidak akan pernah kembali ke pengisian daya normal 10W atau 18W.

Apa yang sebenarnya telah kami lakukan adalah mendemokratisasi tidak hanya 5G tetapi juga teknologi pengisian daya kepada orang-orang dan membuatnya sangat adiktif. Sehingga pada dasarnya Anda tidak dapat kembali ke solusi pengisian daya normal di masa lalu. Saya masih ingat, dulu harus meninggalkan ponsel di tempat pengisian daya selama lebih dari enam jam.

Pada saat yang sama, kami juga memikirkan bagaimana para gamer dapat menikmati solusi pengisian daya saat mereka bermain game. Memberi Anda ketenangan pikiran. Jadi, ini semua tentang meningkatkan pengalaman konsumen.

realme 150W UltraDart

Apa rencana selanjutnya untuk smartphone 5G? Adakah rencana untuk merilis yang lebih terjangkau?

Jelas kami percaya 5G bukan hanya untuk kelas tertentu saja, tetapi untuk masal (masyarakat yang lebih luas) dan kami ingin mendemokratisasi 5G. Itulah visi global kami. Kita harus memastikan bahwa orang-orang telah siap dengan masa depan ini. Kita harus mendemokratisasi 5G di setiap negara dengan membawanya lebih terjangkau. Karena 5G pada dasarnya bukan hanya tentang layanan, tetapi juga kemajuan teknologi, dan manfaat yang dibawa melalui chipset kepada konsumen.

Terkait fitur smartphone, dalam beberapa tahun terakhir, terkadang smartphone flagship hanya sekadar menawarkan peningkatan megapiksel pada kamera atau baterai yang lebih besar, bukan sesuatu yang benar-benar terobosan. Jadi apa yang kami harapkan untuk melihat terobosan teknologi baru, fitur baru, yang juga akan disambut oleh teknologi yang berbeda?

Anda perlu memahami satu hal. Teknologi adalah upaya untuk membuat sesuatu lebih sederhana kepada pengguna. Teknologi adalah sesuatu yang mengurangi waktu operasional Anda sehari-hari. Teknologi adalah jika dulunya membutuhkan waktu sekitar 10 menit, sekarang hanya setengahnya.

Itulah teknologi, mengurangi waktu kerja Anda, menggunakan waktu perjalanan sehari-hari, atau waktu komunikasi Anda, di dalam perangkat. Apa yang lebih penting? Saya pikir bagi kami, realme bukan hanya tentang mengisi waktu. Pengisian daya adalah salah satu hal titik sentuh tersebut. Misalnya, teknologi pengisian daya 65W, mengurangi waktu pengisian daya Anda. Ini memberi Anda ketenangan pikiran, di mana ia mengisi daya ponsel Anda dalam 30 menit. Bahkan jika Anda mengisi daya selama 10 menit, ini memberi Anda waktu bicara setengah hari.

Jadi ini adalah terkait manfaat. Teknologi apa yang dibawakan kepada Anda, dan kami akan dapat memberikannya dari realme. Ini bukan hanya tentang kualitas, tetapi juga tentang semua aspek titik sentuh, apa yang akan Anda coba hubungkan. Mungkin layar, mungkin baterai, mungkin kamera, tampilan layar, ataupun look and feel dari ponsel. Semuanya top-notch dengan realme.

Kami percaya pada setiap inovasi, yang harus praktis, yang harus tahan lama, yang harus berkelanjutan dan harus terjangkau.

Kami percaya pada setiap inovasi, yang harus praktis, harus tahan lama,  harus berkelanjutan dan harus terjangkau.
– Madhav Sheth –

Madhav Sheth
Madhav Sheth, Vice President of realme & President of realme International

realme memiliki ekosistem yang cukup luas mulai dari smartphone, laptop, wearable, dan lainnya. Apakah ada rencana untuk menghubungkan perangkat tersebut, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan lebih mulus?

Saya pikir, strategi 1+5+T adalah tentang kemampuan berbicara antara satu sama lain. Perangkat ini semua terhubung dengan aplikasi realme Link. Tentang 1+ 5, variabel laptop, TV, tablet, dan lainnya. Mereka terhubung melalui aplikasi realme Link dengan hub, yaitu smartphone.

Jadi realme Link Hub bertindak sebagai kemampuan berbicara antara perangkat komunikasi antara semua perangkat ini. Dan itulah yang realme ingin lakukan seperti menciptakan ekosistem. Ketika dapat memiliki kustomisasi pada saat yang sama, Anda dapat mengontrol semuanya melalui smartphone. Itulah alasan kami menyebut smartphone sebagai hub, yang akan menjadi pusat ekosistem dan karenanya merupakan daftar satu ditambah lima.

Ada bocoran terkait tablet dan laptop baru realme?

Kami sudah siapkan tablet untuk entry level, mungkin berukuran 8 inci. Juga ada tablet 5G. Kami sudah meluncurkan tablet berukuran 11 dan 12 inci, jadi nanti akan ada varian baru 8 inci dan juga tablet yang bisa beroperasi di jaringan 5G.  Sedangkan lini laptop baru, realme Book, kami masih mencoba menggali lebih dalam. Mencari tahu apa yang diinginkan oleh konsumen karena beda orang beda kebutuhan.

Melihat pasar Indonesia, apakah segmen flagship premium menarik perhatian realme? Atau mungkin realme hanya akan fokus pada flagships yang terjangkau?

Kami ingin memastikan bahwa kami mencoba menghadirkan semua jenis opsi kepada konsumen. Tetapi apa yang kami benar-benar inginkan atau dorong adalah pada dasarnya, ingin konsumen untuk datang dan merasakan seperti apa ponsel ini. Agar mereka benar-benar mengerti apa yang ditawarkan di sini.

Di tahun 2022 ada rencana untuk menambah traffic center di Indonesia?
Yang ingin kami pastikan adalah pada service center yang ada saat ini di Indonesia adalah meningkatkan pengalaman konsumen. Saat ini fokus kami bukan menambah jumlah service center. Fokus kami adalah untuk memastikan bahwa layanan apa pun yang kami miliki, bisa meningkatkan pengalaman pusat layanan pelanggan walk and through.

Kami belum ingin menambah jumlah services center karena tingkat cacat kurang dari 0,14%. Yang paling penting adalah pada dasarnya, bagaimana kita bisa membuat pusat layanan lebih berkelanjutan? Karena pusat layanan kami adalah pusat layanan terbaik dengan return atau berkunjung paling rendah.  Meski demikian, kami memastikan bahwa pengalaman konsumen ke pusat layanan jauh lebih baik dari sebelumnya. Kami akan selalu mengevaluasi bahwa jika ada celah di pusat layanan, atau di area pusat layanan yang diperlukan, kami pasti akan menangani service center di area itu.



from Gizmologi https://ift.tt/UuMGpJz
via IFTTT