Jakarta, Gizmologi – Platform media sosial Instagram akan menghapus tab Shopping yang beberapa waktu belakangan ada di laman utama. Pasalnya mulai bulan depan, Instagram akan menghapus tab Shopping alias belanja dari bar utama di bagian bawah layar.

“Mulai Februari, kami akan mengganti navigasi Instagram supaya pengguna lebih mudah membagikan dan terhubung dengan teman dan kesukaan mereka,” tulis Instagram di laman bantuan, Rabu (11/1/2023).

Saat ini bar navigasi yang ada di bagian bawah layar laman utama Instagram terdapat lima tab, yaitu tab untuk halaman utama, laman pencarian, Reels, Shopping dan profil. Setelah tab Shopping dihapus, pada bar navigasi akan terdapat tab tanda plus untuk membuat konten pada bagian tengah dan Reels di sebelah kanan.

Meskipun tab Shopping dihapus, fitur itu masih tetap ada dan pemilik usaha bisa tetap mengoperasikan toko online mereka di Instagram. Mengingat fitur ini ditujukan untuk konten kreator dan bisnis.

Baca Juga: Cobain Fitur Baru Instagram Notes hingga Candid Stories

Tab Shopping di Instagram

Tab Shopping

“Kami terus berinvestasi pada pengalaman berbelanja yang memberikan banyak nilai bagi orang dan bisnis, melalui laman utama, Stories, Reels, iklan dan lainnya,” kata Instagram.

Menurut Instagram, penghapusan tab Shopping menjadi bagian dari hal lebih besar. Walaupun tab Shopping dihapus, perusahaan menyebut, belanja akan tetap menjadi bagian dari Instagram meski tanpa pintasan yang menonjol di Home Feed.

Indonesia adalah salah satu negara di Asia Pasifik yang mendapatkan fitur Shopping dari Instagram. Layaknya platform lainnya, Instagram telah berinvestasi pada tool Shopping untuk membuat konsumen berbelanja melalui aplikasi.



from Gizmologi https://gizmologi.id/news/tren/instagram-tab-shopping-dari-home-feed/
via IFTTT