Jakarta, Gizmologi – Dynamic Island merupakan fitur andalan Apple yang hanya dimiliki iPhone 14 Pro series. Tak sedikit developer yang coba membuat tiruannya, agar bisa diterapkan ke perangkat Android.

Melansir bocoran dari OnLeaks, realme berhasil meng-klon fitur Dynamic Island milik Apple tersebut. Sebuah bocoran animasi dan cuitan yang sudah dihapus dari seorang eksekutif di perusahaan subbrand dari Oppo itu mengungkap kemungkinan tersebut.

Berdasarkan cuplikan yang dibagikan memungkinkan kita untuk melihat lebih dekat seperti apa fitur ala iPhone 14 Pro itu. Ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat realme pernah mengungkapkan kalau mereka ingin meniru desain Dynamic Island untuk mengganti notch di perangkat smartphone mereka.

Secara fungsi, elemen UI yang beredar tidak berbeda dengan dynamic island yang dibuat Apple. Bahkan saat pengisian daya misalnya, bagian tersebut memperlihatkan informasi SuperVOOC ketika sedang charging.

Bisa jadi nantinya pengguna dapat mengakses ke aplikasi atau pengontrolan musik dari ‘Dynamic Island’ yang berada di area kamera depan. Kabarnya fitur ini akan menjadi bagian dari update Realme UI 4.0 yang diberi nama Mini Capsule.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, realme Fast Charging 240W Cuma 9 Menit!

Fitur Dynamic Island ala realme

Fitur Dynamic Island ala realme
Fitur Dynamic Island ala realme

Hanya saja perangkat mana yang akan mengadopsi fitur Mini Capsule belum diketahui. Namun bocoran yang beredar menyebutkan, fitur tersebut akan disematkan pada smartphone realme seri C terbaru.

Bukan hanya realme, seri ponsel Huawei Nova 11 juga dikabarkan akan mengadopsi UI ala Dynamic Island. Mengingat selama ini, Huawei masih mengadopsi punch-hole– untuk rumah kamera depan dan Face ID.

Seperti diketahui, Dynamic Island merupakan fitur orisinal dan eksklusif dihadirkan Apple untuk iPhone 14 Pro series. Kehadiran fitur ini memberikan opsi alternatif dari notch atau dahi di iPhone series.

Fitur dinamis tersebut, menyediakan notifikasi atau alarm saat baterai AirPods melemah, bahkan menunjukkan info singkat lagu apa yang sedang diputar di Spotify dan streaming musik lainnya.

Apple bahkan juga menggulirkan iOS 16.1 Live Activities API untuk developer pihak ketiga untuk membuat aplikasi pendukung dalam fitur Dynamic Island. Seperti Uber yang memungkinkan penggunanya untuk menampilkan informasi berapa lama lagi waktu tempuh perjalanan via Dynamic Island.

Artikel berjudul Bocoran Fitur Dynamic Island Buatan realme yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/EGPb2mF
via IFTTT