Amerika Serikat, Gizmologi – Tahun lalu Huawei meluncurkan ponsel flagship Mate 50 Pro yang layarnya diperkuat dengan Kunlun glass. Benarkah layar dengan perlindungan material ini sekuat klaimnya?

Ya, Huawei mengklaim Kunlun sebagai kaca yang kuat dengan jargon “unbreakable”. Dikembangkan selama empat tahun, material kaca ini dibuat mencakup 108 prosedur berbeda dari berbagai kristal selama 24 jam dan proses peleburan yang berlangsung pada suhu panas 1.600 derajat.

Dengan miliaran nanokristal tersebut, kaca Kunlun diklaim bisa 10 kali lebih kuat dari kaca ponsel lainnya, dalam hal ini misalnya Gorilla Glass Victus.

Klaim tersebut bisa jadi bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, Kunlun mendapatkan gelar sebagai kaca untuk ponsel pertama yang mendapatkan ulasan bintang 5 dari SGS Swiss yang merupakan perusahaan pengujian, inspeksi, dan sertifikasi. Material kaca tersebut tampaknya memperkuat proteksi terhadap ponsel flagship itu, selain IP68 yang membuatnya mampu berendam sedalam 19,7 kaki hingga 30 menit.

Kunlun Glass Lebih Kuat?

Seolah ingin membuktikan klaim yang ada, PKB Review membuat video drop-test terhadap Huawei Mate 50. Ponsel ini dijatuhkan ke permukaan beton dari berbagai ketinggian.

Pertama, ponsel ini dijatuhkan dengan ketinggian sepinggang dan tepat mendarat di bagian layar. Hasilnya, sisi layar terlihat ada beberapa goresan, namun bagian layar masih terlihat mulus.

Pengujian kedua, ponsel dijatuhkan dari ketinggian kepala dengan layar menghadap ke bawah. Sayangnya, ponsel mendarat pada bagian bodi belakangnya yang tentunya membuat layar tidak berdampak sama sekali.

Hingga akhirnya pengujian dilakukan kembali dan bagian layar berhasil “mencium” beton. Hasilnya? Tidak ada kerusakan sama sekali.

Pada video tersebut, host penguji menunjukkan bahwa layar yang dilindungi Gorilla Glass Victus 2 pada Galaxy S23+ dan Galaxy S23 Ultra mengalami retak pada percobaan pertama dijatuhkan setinggi pinggang. Dia berharap semakin banyak ponsel yang menggunakan kaca Kunlun untuk melindungi layarnya.

Baca juga: Huawei MatePad SE Kids Edition, Tablet yang Ramah Anak Harga Rp3 Jutaan

Untuk lebih melihat lebih jelas seberapa “brutal” pengujian tersebut, saksikan saja video berikut ini:

Artikel berjudul Layar Kunlun Glass Huawei Lebih Kuat dari Gorilla Victus 2? Ini Pengujiannya! yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/AXf8udF
via IFTTT