Barcelona, Gizmologi – Pulang kampung. Tampaknya inilah istilah yang tepat bagi  ponsel Nokia, ketika pihak HMD Global mengumumkan bahwa produksi ponsel tersebut bakal dilakukan di Eropa.

Ya, adapun rencana ini diungkapkan HMD Global di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol. Keputusan ini tampaknya merupakan langkah lanjutan setelah pihaknya memindahkan data center Nokia ke Finlandia pada 2019 lalu untuk memenuhi peraturan Uni Eropa terkait perlindungan data (GDPR).

“Kami sudah memiliki data center di Eropa, khususnya di Finlandia, untuk memastikan kemanan perangkat kami. Dengan memulai perjalanan untuk membawa manufaktor ke Eropa, kami ingin memastikan bahwa bagian penting dari pengembangan perangkat berada di dalam Eropa dan dalam undang-undang Eropa yang cukup penting bagi pelanggan kami,” ujar Lars Silberbauer, Chief Marketing Officer HMD Global seperti dilansir TechCrunch, Sabtu (25/2/2023).

Selain itu, HMD Global beralasan dipindahkannya produksi ponsel Nokia ke Eropa dikarenakan adanya permintaan yang tinggi di benua tersebut. Sehingga produksi secara lokal dibutuhkan demi memenuhi standar keamanan yang berkelanjutan.

Tampaknya HMD Global ingin Nokia lebih berdaulat dalam produksi dan lebih dekat dengan konsumen, seperti halnya apa yang sudah dilakukan untuk industri cloud computing. Baginya cara ini membuat lebih mudah bagi semua pihak untuk mematuhi hukum dan peraturan di Eropa.

Ponsel Nokia untuk Pasar B2B

Langkah HMD Global tersebut tentunya menjadi yang pertama bagi produsen ponsel untuk mendirikan pabrik di Eropa. Sebelumnya, seperti kebanyakan produsen ponsel, pihaknya saat ini masih mengandalkan Asia untuk produksi manufakturnya, seperti China dan India.

Rencananya, ponsel Nokia 5G akan mulai diproduksi di Eropa pada kuartal ketiga tahun ini. Nantinya ponsel tersebut diperuntukkan bagi industri yang sadar akan keamanan alias sebagai produk business to business (B2B).

Baca juga: Nokia Luncurkan Modul Radio E-Band 5G Buat Daerah Pedesaan

Hal ini seolah ini menegaskan bahwa pihaknya sebagai bagian dari industri yang sadar akan keamanan, terutama menyangkut ponsel 5G yang rencananya akan ditawarkan sebagai produk business to business (B2B).

“Selangkah demi langkah kami sedang melakukan perjalanan menuju manufaktur di Eropa,” pungkas Silberbauer.

Artikel berjudul HMD Global Bakal Memindahkan Produksi Ponsel Nokia dari China ke Eropa yang ditulis oleh Chandra Wirawan pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/rQWhYpJ
via IFTTT