Jakarta, Gizmologi – Xiaomi kembali mendobrak batas pengisan daya cepat, dengan mendemonstrasikan teknologi fast charging 300W. Teknologi baru itu diklaim hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk mengisi baterai smartphone hingga 100%.

Demo pengisian daya super cepat itu dilakukan perusahaan asal China itu pada ajang Mobile World Congress atau MWC 2023 di Barcelona, Spanyol. Tahun lalu Xiaomi meluncurkan Redmi Note 12 Discovery Edition dengan fast charging 210W.

Melansir dari Engadget, Rabu (1/3), demonstrasi tersebut dijalankan menggunakan Redmi Note 12 Pro+ yang dimodifikasi dengan baterai berkapasitas 4.100 mAh. Modul pengisi daya 300W ini datang dengan ukuran yang sama dengan charger 210W yang pernah mereka perkenalkan, tahun lalu.

Terlihat dalam video yang diunggah Xiaomi, ponsel Redmi tersebut membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk mengisi daya hingga 20 persen. Kemudian 50 persen dalam dua menit 12 detik, lalu 100 persen dalam waktu kurang dari lima menit.

Menariknya, power meter yang ada di video menunjukkan teknologi fast charging ini tidak bisa mencapai level 300W. Ponsel Redmi itu mencapai level sekitar 290W selama beberapa detik, dan di atas 280W selama sekitar dua menit.

Baca Juga: Rilis Global, realme GT3 Bawa Kecepatan Isi Daya Terkencang 240 Watt!

Teknologi Fast Charging 300W Xiaomi

Perlu dicatat, smartphone yang digunakan Xiaomi dalam demonstrasi ini telah dimodifikasi menggunakan sel 15C yang lebih bertenaga ketimbang sel 10C di Redmi Note 12 Discovery Edition. Termasuk adapternya yang mendukung fast charging 300W terdiri dari bahan karbon baru, sebagai pengganti beberapa bagian grafit konvensional.

Terkait keamanan, baik untuk baterai maupun charger, Xiaomi mengklaim ada lebih dari 50 fitur yang disematkan ke sistem untuk menjaga arus, voltase, dan temperatur di masing-masing chip charging. Ini sekaligus mengurangi jumlah panas yang dihasilkan dalam proses tersebut.

Bukan hanya Xiaomi yang memamerkan teknologi fast charging dalam gelaran MWC 2023, Realme juga meluncurkan Realme GT 3 yang hadir dengan kemampuan pengisian daya super cepat 240W. Realme mengklaim, dengan pengisian daya selama 30 detik, smartphone ini dapat digunakan untuk menelpon hingga 2 jam atau bermain game selama 25 menit.

Sementara berkat fast charging 240W yang diusungnya, untuk pengisian daya dari 0 hingga 100 persen, Realme GT 3 disebut hanya membutuhkan waktu 9 menit 30 detik. Agar suhu perangkat ini tetap terjaga, Realme turut menyertakan teknologi Cooling Stainless Steel Vapor Cooling System Max 2.0 di Realme GT3.

Artikel berjudul Adu Cepat, Xiaomi Pamer Teknologi Fast Charging 300W yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/3d4kehC
via IFTTT