Jakarta, Gizmologi – Gojek, unit bisnis on-demand service dari Grup GoTo memperlihatkan pertumbuhan bisnis on-demand yang kompetitif, mulai dari layanan ride-hailing, pesan-antar makanan online, sampai pengiriman barang. Tak heran Gojek menargetkan profit EBITDA untuk kuartal keempat (Q4) tahun 2023.

Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo, mengungkapkan ada tiga strategi utama yang berfokus pada inovasi teknologi, pengembangan variasi produk, dan dukungan bagi mitra untuk dampak jangka panjang.

“Perubahan perilaku konsumen memasuki masa paska-pandemi pada 2022 menjadi tantangan tersendiri bagi layanan on-demand yang meliputi transportasi, pesan-antar makanan, dan pengiriman logistik,” ungka Catherine dalam Gojek Outlook, Rabu (1/3/2023).

Catherine menjelaskan, tuntutan Gojek saat ini sebagai tech company yang sering membagikan promo. Namun dengan inovasi tepat sasaran dan relevan menjawab kebutuhan pengguna membawa bisnis Gojek mencetak kontribusi margin positif per September 2022, dengan pendapatan bruto di kuartal III 2022 tumbuh 31 persen secara year-on-year (YoY).

Terlebih dari segi inovasi teknologi, Gojek akan menambah mengembangkan fitur di sektor layanan pesan antar makanan, fitur transportasi, serta layanan logistik. Gojek pun mengumumkan akan menambah fitur-fitur baru baik di GoRide, GoCar, hingga GoFood.

Baca Juga: Gojek Dukung UMKM Lewat Komunitas Best Seller GoSend

Strategi Gojek di Tahun 2023

Strategi Gojek
Outlook Gojek di 2023

“Kami percaya bahwa strategi ini dapat mendorong pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan, sejalan dengan strategi GoTo untuk pengembangan produk dan layanan berbasis ekosistem terintegrasi (ecosystem product growth),” paparnya.

Ada pun variasi produk yang terus dikembangkan untuk dorong pertumbuhan berbagai segmen pelanggan. Termasuk dukungan dari mitra untuk dampak jangka panjang, sejalan dengan komitmen menjadi partner pertumbuhan bagi mitra di ekosistem melalui beragam inisiatif program.

Gojek juga menyediakan pelatihan bagi UMKM yang bergabung di GoFood. Bahkan untuk para driver, Gojek telah meluncurkan Gojek Swadaya yang memberi pelatihan melalui program GoBiz, COMPAG, Bengkel Belajar Pintar, Ruang Belajar GoSend, dan banyak lainnya.

“Karena teknologi sifatnya terus bergerak. Perlu terus ada inovasi untuk meningkatkan layanan ke konsumen dan kepuasan pelanggan serta variasi produk terus dikembangkan. Kami lihat Gojek terus ke arah sana dan memperkuat kemitraan,” pungkasnya.

Artikel berjudul Tiga Jurus Gojek Buat Kejar Profit di 2023 yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/vCfOc4B
via IFTTT