Jakarta, Gizmologi – WhatsApp menggulirkan dua fitur baru yang memungkinkan admin untuk mengelola grup agar lebih mudah digunakan. Salah satunya memudahkan admin untuk mengontrol siapa saja yang boleh bergabung dalam grup WhatsApp.

Dalam postingan blog-nya, fitur baru itu merupakan hasil pengembangan dari fitur “Komunitas” yang telah diluncurkan pada 2022. Di mana WhatsApp ingin memberikan lebih banyak kendali bagi admin untuk menjaga privasi grupnya.

“Grup adalah tempat orang-orang melakukan beberapa percakapan paling mendalam dan karenanya sangat penting bagi admin untuk memiliki keputusan yang jelas tentang siapa yang boleh atau tidak boleh bergabung,” tulis WhatsApp, Kamis (23/3/2023).

Terlebih ketika admin grup membagikan link undangannya, atau membuat grupnya menerima anggota di komunitas, admin kini bisa mengakses semua permintaan untuk bergabung ke dalam grup dalam satu tempat. Melalui fitur ini, admin bisa klik tanda centang untuk menerima permintaan pengguna bergabung ke grup, atau tanda ‘X’ untuk menolak permintaan tersebut.

WhatsApp juga mengatakan akan mempermudah pengguna untuk mencari tahu grup mana yang sama-sama diikuti oleh pengguna lain. Aplikasi besutan Meta ini memungkinkan pengguna mencari nama kontak untuk melihat grup yang sama-sama diikuti.

Baca Juga: Meta Gulirkan Pembaruan Status WhatsApp

Admin Grup WhatsApp

Admin Grup WhatsApp

Fitur kedua ialah kemampuan pengguna untuk mencari pengguna lainnya berada dalam grup yang sama. Seiring pertumbuhan “Komunitas” dengan anggota grupnya yang lebih banyak maka WhatsApp menghadirkan fitur ini.

“Apakah kalian mencoba mengingat nama grup yang kalian tahu kalian bagikan dengan seseorang atau kalian ingin melihat grup yang sama-sama diikuti, kalian kini bisa dengan mudah mencari nama kontak untuk melihat kesamaan grup,” jelas WhatsApp.

Bagi pengguna fitur ini akan berguna ketika mencari lebih spesifik teman dalam satu grupnya, terutama bagi pengguna yang masuk dalam banyak grup. Caranya pun mudah, pengguna tinggal mencari nama kontak pengguna lainnya di WhatsApp untuk melihat grup yang sama.

Dua fitur baru untuk grup WhatsApp ini akan dirilis secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan untuk semua pengguna di seluruh dunia. Seiring integrasi layanan Communities yang bisa menggabungkan banyak grup dalam satu wadah.

Melalui communities membawa banyak fitur baru termasuk kontrol bagi admin, dukungan untuk sub-grup dan grup pengumuman, panggilan telepon dan video hingga 32 orang, berbagi file lebih besar, dan lain-lain. Bahkan Communities di WhatsApp bisa menampung hingga 50 grup sekaligus, dan satu grup WhatsApp kini bisa diisi 1.024 orang.

Artikel berjudul Dua Fitur Baru WhatsApp Mudahkan Admin Kelola Anggota Grup yang ditulis oleh Aditya Fajar pertama kali tampil di Gizmologi



from Gizmologi https://ift.tt/bi5ctKR
via IFTTT